fbpx
BerandaKesehatan LainnyaToner Essence dan Serum, Apa Bedanya?

Berkat kemajuan teknologi saat ini, telah muncul berbagai macam jenis skincare yang telah disesuaikan dengan kebutuhan kulit masyarakat. Mulai dari toner hingga serum dengan berbagai fungsi, kini telah hadir toner essence yang turut meramaikan rangkaian skincare kamu. Essence adalah skincare dengan konsentrasi kandungan lebih tinggi seperti serum, tetapi lebih ringan dan cepat meresap seperti toner.

perbedaan-toner-essence-dan-serum

Banyaknya jenis skincare ini mungkin membuat kamu bingung, apa perbedaan toner essence dan serum jika kandungan dan efek yang dihasilkan hampir sama? Maka dari itu pada pembahasan kali ini Jovee akan menjelaskan tentang perbedaan toner essence dan serum. Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu essence?

Essence adalah skincare berbahan dasar air yang mengandung bahan aktif dengan kandungan tinggi untuk menghidrasi, melindungi, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Dalam tahapan rutinitas skincare, essence digunakan pada tahap ketiga yakni setelah menggunakan pembersih wajah dan toner. Sementara, toner adalah skincare berbahan dasar air dengan kandungan yang lebih sederhana. Fungsi toner lebih ditekankan untuk melembabkan dan membersihkan kulit.

Toner essence hanyalah salah satu jenis toner, hanya saja memiliki konsentrasi kandungan yang lebih tinggi (mirip seperti serum). Hal-hal inilah yang menempatkan toner essence menjadi seperti ‘gabungan’ dari toner dan serum.

Melansir dari Healthline, essence pertama kali diluncurkan oleh merk skincare Shiseido pada tahun 1897. Sejak saat itu, banyak perusahaan kosmetik yang mulai meluncurkan essence dengan kandungan yang disesuaikan dengan berbagai permasalahan kulit, seperti jerawat, penuaan dini, ataupun kulit kering.

Perbedaan toner essence vs. serum wajah

Meski essence dan serum sama-sama mengandung bahan aktif dengan konsentrasi tinggi, peran keduanya bagi kulit ternyata cukup berbeda loh, Jovians. Serum umumnya memiliki tekstur yang lebih kental daripada essence, yang artinya serum bekerja untuk menembus lebih dalam ke bagian kulitmu.

Lalu, peran utama serum bukanlah untuk menghidrasi kulit, melainkan untuk mengatasi masalah kulit tertentu (hiperpigmentasi, jerawat, dsb.). Tak hanya itu, serum juga perlu ‘dikunci’ dengan pelembab wajah setelah digunakan.

Jika kamu punya kulit sensitif dan khawatir kandungan konsentrasi tinggi buat kulitmu jadi iritasi, mungkin kamu bisa menggunakan essence sebagai pengganti serum. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat dari bahan yang sama, hanya saja dengan formulasi yang lebih ringan.

Manfaat toner essence

Manfaat utama dari toner essence adalah menyiapkan kulit untuk menyerap skincare lainnya dengan lebih baik, seperti serum atau pelembab yang kamu gunakan setelahnya. Selain menghidrasi kulitmu, sebagian besar essence mengandung bahan aktif dengan kandungan tinggi dengan sejumlah manfaat berikut.

  • Melembabkan kulit
  • Melindungi kulit dengan memperkuat skin barrier
  • Menyimbangkan pH kulit
  • Melembutkan dan menghaluskan kulit

Manfaat lainnya seperti membantu mencegah penuaan atau anti jerawat juga bisa didapatkan tergantung pada kandungan aktif lainnya di dalam toner essence yang kamu gunakan. Bahkan, beberapa toner essence lainnya juga mengandung antioksidan, sehingga juga bisa digunakan untuk membantu melindungi kulit dari efek jahat sinar UV.

Rekomendasi toner essence terbaik

Setelah mengetahui manfaat dan perbedaan toner essence dengan jenis skincare lainnya, berikut ini Jovee berikan sejumlah rekomendasi toner essence yang bisa kamu coba.

Somethinc Supple Power Hyaluronic9+ Onsen Essence Toner

Somethinc Supple Power Hyaluronic9+ Onsen Essence Toner (Rp89.000) adalah toner essence yang bisa digunakan untuk menghidrasi kulit hingga lapisan terdalam. Setelah menggunakan sabun pembersih wajah, biasanya pH kulit akan menjadi rendah. Toner essence ini akan membantu menyeimbangkan kembali pH kulitmu, sekaligus mempersiapkannya untuk menyerap skincare selanjutnya dengan lebih maksimal.

Toner essence ini juga cocok digunakan untuk metode double toning, yakni metode menggunakan dua toner dengan fungsi yang berbeda. Cara ini dilakukan dengan memakai toner eksfoliasi lalu setelah itu menggunakan toner yang bersifat menghidrasi. Mampu mengunci kelembapan maksimal selama 48 jam, toner essence ini cocok untuk kamu yang punya kulit kering dan sensitif.

Scarlett Whitening Acne Essence Toner

Rekomendasi toner essence selanjutnya adalah Scarlett Whitening Acne Essence Toner (Rp57.126). Toner essence yang satu ini tidak hanya membantu menghidrasi kulitmu, tetapi juga merawat kulit berjerawat. Dilengkapi dengan tea tree water dan vitamin C, yang membantu merawat kulit jerawat dan juga bekasnya.

Kamu bisa gunakan toner essence ini setelah membersihkan wajah 1 hingga 2 kali sehari. Meski produk ini aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui, sebaiknya tetap lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk ini pada ibu hamil.

Whitelab Hydrating Face Essence

Whitelab Hydrating Face Essence (Rp64.238) merupakan toner essence yang digunakan untuk melembabkan kulit wajah. Mengandung galactomyces dan hyaluronate yang berperan penting untuk menjaga kelembapan kulit sekaligus membantu kulit untuk tampak lebih cerah sepanjang hari.

Gunakan toner essence ini dua kali sehari, pada pagi dan sore hari secara rutin untuk melihat perubahannya. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa gunakan serum wajah setelah menggunakan toner essence ini.

COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence

Rekomendasi toner essence yang terakhir adalah COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence (Rp170.336). COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence merupakan toner essence yang diformulasikan dengan 96% snail secretion filtrate (mucin) yang dapat melembabkan dan menghaluskan kulit, sehingga terasa lebih sehat dan kenyal.

Toner essence ini memiliki tekstur yang agak kental, tetapi tetap terasa ringan dan cepat meresap di kulit. Gunakan dua kali sehari pada pagi dan malam hari secara rutin untuk dapatkan hasil yang maksimal.

Itulah penjelasan lengkap mengenai toner essence. Dapatkan rekomendasi produk di atas lebih hemat dan gratis ongkir di Jovee. Unduh juga aplikasinya di PlayStore dan AppStore untuk dapatkan notifikasi promo menarik setiap bulannya.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

covid di Indonesia

Perkembangan Kasus COVID di Indonesia Saat Ini

Kesehatan Lainnya   30/05/2023
gejala covid di mata

Gejala Covid di Mata: Gejala dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   29/05/2023
cara mengatasi rambut patah akibat smoothing

Cara Mengatasi Rambut Patah Akibat Smoothing

Kesehatan Lainnya   28/05/2023
hair tonic untuk rambut rontok

Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok

Kesehatan Lainnya   14/05/2023
the balm meet matte review

The Balm Meet Matte Review

Kesehatan Lainnya   28/04/2023