fbpx
BerandaKesehatan LainnyaTren Cat Rambut Foam, Apa Efek Sampingnya bagi Kesehatan?

Tren rambut terus berubah setiap tahunnya. Selain potongan rambut, perubahan tren pada pewarnaan rambut juga kerap diikuti banyak orang baik wanita maupun pria. Nah, akhir-akhir ini muncul moel pewarna baru yang berasal dari negeri ginseng, Korea Selatan.

cat-rambut-foam

Alih-alit cat rambut yang berbentuk pasta, cat rambut yang viral ini berbentuk seperti busa sampo. Tidak perlu banyak step pewarnaan, penggunaan cat rambut foam ini digemari anak muda karena pengunaannya yang praktis dan efisien.

Nah, lalu bagaimana dengan efek sampingnya bagi kesehatan? Karena, bagaimanapun juga cat rambut foam merupakan bahan kimia yang menyerap ke rambut. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini Jovee jelaskan mengenai efek samping cat rambut foam yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya. Yuk, simak sampai akhir!

Efek samping cat rambut foam

Meski aman untuk digunakan, bukan berarti penggunaan bahan kimia ke rambut tidak memiliki efek samping ya, Jovians. Cat rambut Korea foam ini memang terlihat menggemaskan, karena bentuknya yang praktis dan seperti busa sampo. Tapi, sebelum menggunakan cat rambut ini, kamu perlu pertimbangkan efek samping berikut ini.

1. Rambut rusak

Sehelai rambut terbuat dari 95% protein. Dilansir dari Healthline, protein ini berfungsi sebagai perlindungan dari panas dan sinar UV matahari. Menggunakan cat rambut foam permanen atau semi-permanen dapat menghilangkan protein ini, agar pewarna dapat masuk ke dalam rambut. Efeknya, rambut menjadi lebih kering dan rentan patah. Beberapa efek yang dapat terjadi meliputi:

  • Rambut mudah patah dan kering
  • Rambut rontok
  • Rambut yang menipis
  • Kurangnya kemampuan rambut untuk menahan panas dari styling rambut (catok, penggunaan hair dryer)
  • Folikel rambut yang kasar

2. Iritasi kulit dan alergi

Banyak pewarna rambut yang mengandung bahan-bahan yang mengiritasi kulit atau memicu reaksi alergi. Paraphenylenediamine (PPD) adalah salah satu kandungan yang memicu hal ini. Sebenarnya, pewarna rambut yang mengandung PPD aman digunakan.

Hanya saja, ada aturan yang membatasi kadar PPD dalam produk kosmetik. Inilah mengapa sangat penting untuk mengikuti instruksi dan aturan pakai yang tertera pada kemasan produk sebelum digunakan.

3. Mata perih dan iritasi

Saat memakai cat rambut, bau senyawa kimia yang kuat dari bleaching dapat membuat mata perih. Jika terpapar dalam waktu lama, bisa jadi kamu mengalami kemerahan pada mata. Senyawa lain seperti amonia juga dapat mengganggu sistem pernafasan.

4. Risiko penyakit

Kanker dapat berkembang dari paparan zat kimia berlebih. Ada banyak kandungan di dalam cat rambut foam dan yang lainnya yang belum diteliti lebih lanjut. Semakin pekat pewarna rambut yang digunakan, maka semakin tinggi pula konsentrasi senyawa yang dapat mengganggu kesehatan. Dilansir dari National Cancer Institute, terdapat lebih dari 5000 zat kimia di dalam cat rambut yang berpotensi membahayakan kesehatan.

5. Gangguan pada janin

Meski cat rambut dinilai aman bagi ibu hamil, paparan zat kimia berlebih bisa mengganggu perkembangan janin. Namun demikian penelitian memperlihatkan risiko berat lahir abnormal pada bayi meningkat ketika ibu mengalami menstruasi yang tidak teratur atau telah menggunakan pewarna rambut sebelum kehamilan. Maka dari itu, sebaiknya bumil pertimbangkan kembali penggunaan cat rambut, baik cat rambut foam maupun yang lainnya agar keselamatan dan kesehatan janin tidak terganggu.

Warnai rambutmu dengan aman

Agar penggunaan cat rambut lebih aman, perhatikan beberapa hal ini ya Jovians.

  • Ikuti petunjuk dan aturan pakai pada kemasan. Jangan biarkan cat rambut didiamkan terlalu lama melebihi waktu yang dianjurkan.
  • Gunakan sarung tangan saat mengoleskan cat rambut
  • Usahakan pewarna rambut tidak mengenai kulit kepala. Ini juga menghindari kamu dari iritasi kulit dan mata.
  • Hindari untuk mencampurkan produk pewarna rambut yang berbeda
  • Cuci rambut hingga bersih usai melakukan pewarnaan
  • Pertimbangkan untuk menggunakan pewarna rambut alami, seperti henna

Itulah berbagai efek samping dari cat rambut foam yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengecat rambut. Selalu perhatikan penggunaan dan aturan pakai yang tertera pada produk kecantikan untuk menghindari reaksi alergi.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat daun binahong merah untuk wajah

Mengenal Manfaat Daun Binahong Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/11/2023
efek bleaching rambut

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Efek Bleaching Rambut

Kesehatan Lainnya   26/11/2023
cara mempercantik kuku

Tips dan Cara Mempercantik Kuku Tanpa Perlu ke Salon

Kesehatan Lainnya   09/11/2023
operasi lesung pipi

Mengenal Prosedur Operasi Lesung Pipi

Kesehatan Lainnya   05/11/2023
mata bayi belekan

6 Penyebab Mata Bayi Belekan

Kesehatan Lainnya   31/10/2023