fbpx
BerandaKesehatan LainnyaUrutan Pemakaian Shampo, Conditioner, dan Hair Mask yang Tepat Agar Rambut Sehat Terawat

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan rutinitas membersihkan tubuh yang mana keramas atau mencuci rambut adalah salah satunya. Sejak kecil kita diajarkan untuk mencuci rambut menggunakan sampo dan membilasnya sampai bersih agar tidak ada residu yang tertinggal di kulit kepala. Jika residu tertinggal di kulit kepala dan terus menumpuk, maka dapat menyebabkan berbagai permasalah kulit kepala. Ketombe, misalnya.

Selain sampo, conditioner juga tak kalah penting digunakan meski tak sepopuler sampo. Conditioner biasanya digunakan setelah tahapan mencuci rambut menggunakan sampo.

Namun, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui apa perbedaan shampo dan conditioner. Tak hanya itu, banyak orang yang belum mengetahui bagaimana urutan pemakaian shampo, conditioner dan hair mask yang tepat. Jika urutannya salah, alih-alih membersihkan dan merawat rambut, justru perawatan yang dilakukan akan sia-sia.

Berikut ini Jovee merangkum urutan pemakaian shampo, conditioner, dan hair mask yang tepat agar perawatan rambut yang kamu lakukan mendapatkan hasil yang memuaskan:

Perbedaan Shampo dan Conditioner

Sampo adalah agen pembersih. sampo terbuat dari bahan yang disebut surfaktan dan deterjen yang membantu menghilangkan minyak, keringat, kotoran, residu produk perawatan rambut, dan polutan lingkungan dari rambut serta kulit kepala kita.

Sebaliknya, conditioner mengandung minyak alami, protein, dan ekstrak tumbuh. Dari bahan kandungannya tampak jelas perbedaan antara conditioner dan sampo. Sampo untuk membersihkan sementara conditioner untuk perawatan.

Setelah keramas menggunakan sampo rambut dan kulit kepala terasa bersih dan ringan. Namun juga meninggalkan sensasi rambut yang kasar, kusut, serta sulit diatur. Menggunakan conditioner setelah keramas menggunakan sampo dapat membantu mengatasi masalah ini karena conditioner meninggalkan lapisan tipis pada rambut setelah dibilas untuk melindungi rambut dari kekeringan.

Urutan Pemakaian Shampo, Conditioner, dan Hair Mask

Agar sehat, terawat, dan terlindungi dari faktor-faktor yang merusaknya, rambut memerlukan perawatan yang tepat. Bukan hanya dari merek-merek produk perawatan yang mahal dan mengandung bahan-bahan yang dapat menutrisi rambut, melainkan juga kamu perlu tahu bagaimana urutan pemakaian shampo, conditioner, dan hair mask yang tepat.

Umumnya, urutan pemakaian shampo, conditioner, dan hair mask adalah:

  1. Basahi rambut menggunakan air dingin.
  2. Tuangkan sedikit sampo ke telapak tangan yang sudah basah, gosokkan hingga sedikit berbusa.
  3. Gosokkan ke kulit kepala dan pijat dengan lembut.
  4. Bilas rambut menggunakan air dingin.
  5. Ulangi tahap kedua dan ketiga sekali lagi. Tujuannya adalah untuk memastikan rambut benar-benar bersih. Sebaiknya fokuskan ke kulit kepala, bukan ke batang rambut.
  6. Bilas rambut menggunakan air dingin sampai bersih.
  7. Keringkan rambut hingga setengah kering.
  8. Ambil hair mask secukupnya. Aplikasikan ke batang rambut sampai merata.
  9. Diamkan hair mask selama 10-20 menit agar kandungan hair mask meresap dan menutrisi rambut.
  10. Bilas hair mask dari rambut sampai bersih.
  11. Aplikasikan conditioner secukupnya yang sesuai dengan kondisi rambut kamu.
  12. Bilas conditioner sampai bersih.
  13. Keringkan rambut secara alami.

Setelah langkah-langkah di atas, kamu bisa mengaplikasikan hair tonic dan hair vitamin supaya perawatan rambut yang kamu lakukan hasilnya maksimal.

Seberapa Sering Kita Harus Keramas?

Sebetulnya tidak ada patokan pasti seberapa sering kita harus keramas. Frekuensi keramas tergantung dari aktivitas harian kamu dan seberapa kotornya rambut kamu. Apabila kamu berkegiatan yang mengeluarkan banyak keringat dan di luar ruangan, seperti olahraga, sebaiknya kamu keramas setiap hari menggunakan sampo dengan formulasi yang lembut. Begitu pula jika kulit kepala kamu cenderung berminyak, tak ada salahnya keramas setiap hari. Jangan lupa untuk selalu menggunakan conditioner setelah keramas untuk membantu melembapkan dan melindungi rambut.

Jika perlu, kamu bisa menggunakan clarifying shampoo seminggu sekali untuk deep cleansing kulit kepala dan rambut.

Sementara itu, untuk hair mask kamu tidak perlu menggunakannya setiap hari. Cukup satu kali seminggu, maksimal dua kali seminggu pemakaian hair mask secara rutin.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Penyakit Kulit di Tangan Bernanah, Apa Penyebabnya?

Kesehatan Kulit   26/01/2023
lipstik transferproof

Mengenal Lipstik Transferproof dan Tips Awet Menggunakannya

Kesehatan Lainnya   12/01/2023
letak-jerawat-dan-penyebabnya

4 Arti Letak Jerawat dan Penyebabnya

Kesehatan Lainnya   11/01/2023
cara-pakai-hair-tonic

Serba-serbi Cara Pakai Hair Tonic dan Manfaatnya untuk Perawatan Rambut

Kesehatan Lainnya   10/01/2023
cara-menebalkan-alis

Cara Menebalkan Alis secara Alami Tanpa Obat-obatan

Kesehatan Lainnya   04/01/2023