fbpx
BerandaKesehatan KulitUsia Berapa Anak Boleh Dikenalkan Skincare?

Kesehatan tubuh harus diperhatikan secara menyeluruh. Bukan hanya menjaga kebugaran tubuh dan memperhatikan asupan makanan bergizi, kebersihan serta kesehatan kulit anak perlu diperhatikan sejak dini. Pertanyaan yang sering muncul adalah mulai usia berapa anak boleh menggunakan skincare?

Seiring dengan banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran, orangtua perlu tahu apa kebutuhan skincare anak serta apa produk skincare yang cocok untuk anak-anak. Berikut ini Jovee merangkum informasi seputar usia berapa anak boleh dikenalkan skincare:

Mulai Usia Berapa Anak Boleh Dikenalkan Skincare?

Mungkin orangtua banyak yang bertanya-tanya mengenai mulai usia berapa anak boleh menggunakan skincare. Terutama orangtua yang memiliki anak perempuan beranjak remaja yang mulai terpapar iklan-iklan produk kecantikan di media dan menginginkan menggunakan skincare.

Sebetulnya, anak sudah sejak dini boleh menggunakan skincare, tepatnya basic skincare, sesuai dengan usia dan formulasi produknya.

Untuk bayi hingga usia balita (0-5 tahun), skincare paling dasar yang dapat digunakan adalah sunscreen. Sunscreen bermanfaat untuk melindungi bayi dari paparan sinar UV yang berpotensi merusak kulit, apalagi saat bayi berjemur di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D. Meskipun begitu, pastikan memilih sunscreen yang dikhususkan untuk bayi ya, Ma, karena formulasinya lebih lembut dan aman untuk kulit sensitif.

Untuk anak-anak (6-9 tahun), Mama bisa mengajarkan anak bagaimana cara mencuci wajah yang benar. Jika Mama mempunyai sabun khusus wajah untuk anak, bisa digunakan. Tetapi jika pun tidak, tidak masalah karena sebenarnya kulit anak masih sangat rentan jika terpapar bahan kimia terus-menerus. Ajarkan anak membersihkan wajahnya dengan air sampai bersih, mengeringkannya dengan menepuk-nepuk halus handuk bukan menggosok wajah. Kemudian, pilih pelembap yang lembut dan khusus untuk anak-anak untuk menjaga kulit wajahnya agar senantiasa terhidrasi. Terakhir, ajarkan anak menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit wajah dan tubuhnya dari paparan sinar matahari di siang hari, serta memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi air putih dengan jumlah cukup per harinya.

Untuk anak-anak yang beranjak remaja (10 tahun ke atas), Mama bisa memberikan sabun pencuci wajah untuk anak yang diformulasikan untuk remaja. Saat ini di Indonesia sudah banyak merk skincare yang aman digunakan remaja, seperti Pigeon Teens dan Emina.

Anak-anak yang beranjak remaja hormon tubuhnya sedang mengalami gejolak. Karenanya, tak jarang anak yang beranjak remaja memiliki jerawat di wajah atau pun bagian tubuhnya yang lain, seperti punggung. Air saja tidak cukup untuk membersihkan kelebihan minyak pada wajah akibat hormon atau pun bekas debu, kotoran, dan polusi yang menempel di kulit setelah beraktivitas seharian. Sabun wajah yang lembut dapat membantu mengangkat kotoran pada kulit sekaligus membantu mengontrol kelebihan minyak pada wajah.

Meskipun mungkin anak Mama berjerawat, ajarkan ia untuk selalu menggunakan pelembap. Pilih pelembap yang formulasinya ringan sehingga tidak membuat anak risih jika ia berkeringat.

Setelah itu, aplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. Jika memungkinkan, ajarkan anak mengaplikasikan ulang sunscreen di siang hari untuk perlindungan ekstra.

Selain tahapan-tahapan di atas, Mama juga dapat mengajarkan anak yang beranjak dewasa merawat kulit dan tubuhnya dengan rajin mandi, menyikat gigi, menggunakan deodoran agar tidak bau badan, mengganti pakaian setiap hari terutama setelah berkeringat, menggunakan lotion untuk melembapkan kulit tangan dan kaki, menggunakan lip balm jika kulit sekitar bibir mengelupas. Dan tentunya mengkonsumsi makanan yang bergizi bagi kesehatan kulit.

Tips untuk Anak Boleh Menggunakan Skincare

Setelah mengetahui usia berapa anak boleh dikenalkan skincare, Mama juga perlu mengetahui produk-produk skincare yang seperti apa yang aman digunakan anak.

Produk-produk skincare yang relatif digunakan oleh anak adalah yang tidak mengandung parfum atau fragrance free. Untuk produk yang digunakan wajah, pastikan memilih produk yang sifatnya oil free dan non-comedogenic untuk mencegah timbulnya breakout di wajah. Hindari produk yang mengandung alkohol dalam jumlah tinggi, termasuk sunscreen.

Supaya lebih mudah, Mama dapat membeli produk-produk yang memang ditujukan untuk bayi dan anak-anak serta remaja. Biasanya produk-produk yang menyasar tertentu telah teruji secara klinis aman digunakan. Sekalipun tidak menutup kemungkinan adanya ketidakcocokan, tetapi efek buruknya telah diminimalisir.

Demikianlah informasi seputar usia berapa anak boleh dikenalkan skincare. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hydroquinone

Mengenal Apa Itu Hydroquinone dan Efeknya Bagi Kulit

Kesehatan Kulit   27/05/2023
skincare untuk menghilangkan urat di wajah

Skincare untuk Menghilangkan Urat di Wajah

Kesehatan Kulit   26/05/2023
manfaat masker beras untuk wajah

Manfaat Masker Beras untuk Wajah, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

Kesehatan Kulit   25/05/2023
kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare

Kenapa Wajah Jadi Kusam Setelah Pakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023
kenapa wajah gatal saat memakai skincare

Kenapa Wajah Gatal Saat Memakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023