fbpx
BerandaVitamin & SuplemenVitamin H: Manfaat, Sumber, dan Kebutuhan Per Harinya

Vitamin H termasuk ke dalam keluarga vitamin B kompleks yang memiliki nama lain vitamin B7 serta biotin. Karena sifatnya yang mudah larut di dalam air, vitamin satu ini tidak dapat disimpan di dalam tubuh. Tubuh akan membuang kelebihan vitamin ini lewat urin.

Vitamin H: Manfaat, Sumber, dan Kebutuhan Per Harinya

Agar fungsi tubuh berjalan optimal dan kadar vitamin B7 tetap dalam jumlah normal, seseorang disarankan untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Asupan vitamin B7 ini bisa didapatkan dari makanan, terutama pisang juga kuning telur. Selain dari makanan, kebutuhan vitamin B7 juga dapat dilengkapi suplemen tambahan. Terpenuhinya kebutuhan vitamin H ini mampu mencegah berbagai masalah dan gangguan kesehatan.

Berapa banyak kebutuhan biotin alias vitamin H per harinya?

Kebutuhan asupan vitamin B7 per hari akan berbeda-beda pada setiap orang. Berikut kebutuhan harian tubuh terhadap biotin di Indonesia berdasarkan kelompok usia.

  • 0-5 bulan: 5 mikrogram (mcg)
  • 6-11 bulan: 6 mcg
  • 1-3 tahun: 8 mcg
  • 4-9 tahun: 12 mcg
  • 10-12 tahun: 20 mcg
  • 13 – 15 tahun: 25 mcg
  • 16 tahun sampai lansia: 30 mcg
  • Ibu menyusui: ditambah 5 mcg dari kebutuhan normal sesuai usianya

Makin bertambahnya usia seseorang, maka makin tinggi pula kebutuhannya terhadap biotin. Begitu juga ibu hamil dan ibu menyusui yang memerlukan nutrisi ekstra untuk calon anaknya.

Dari mana kita bisa mendapatkan sumber alami vitamin H?

Sama seperti anggota keluarga vitamin B kompleks lainnya, vitamin B7 atau biotin ini bersifat larut dalam air. Vitamin H juga berperan dalam proses produksi energi dari karbohidrat, protein, serta lemak. Ketika kadar vitamin H dalam tubuh berkurang, bisa mengakibatkan kerontokan rambut dan rapuhnya kuku.

Biotin bisa ditemukan di berbagai makanan, meliputi daging terutama organ hatinya, telur, ikan, kacang-kacangan, ubi, bayam, brokoli, dan produk susu. Asupan vitamin H dalam makanan ini sebenarnya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Artinya, kemungkinan defisiensi vitamin ini cenderung rendah. Vitamin H dapat ditemukan dengan mudah dari berbagai sumber makanan alami, baik nabati maupun hewani.

Sumber makanan yang kaya akan vitamin B7 ini termasuk ikan salmon, daging merah seperti daging sapi dan kambing, hati, kuning telur, bayam, serta brokoli. Anda juga bisa memperoleh asupan vitamin B7 dari produk susu juga turunannya. Produk turunan dari susu yang tinggi vitamin B7 berupa yogurt dan keju. Produk nabati yang mengandung vitamin H tinggi yaitu alpukat, kacang-kacangan, serta ubi yang juga kaya akan vitamin B5.

Apa saja peran dan manfaat biotin atau vitamin H?

Biotin membantu proses metabolisme asam lemak, glukosa atau gula darah, dan asam amino menjadi energi tubuh. Vitamin ini juga memainkan peran penting dalam pengaturan ekspresi gen dan koordinasi sel. Disamping itu, tubuh membutuhkan vitamin B7 ini untuk memelihara fungsi dan kesehatan sistem saraf, penuhi kebutuhan biotinmu di Ultra Vitamin B Complex – 60 Tablet – Suplemen dan Vitamin Kesehatan – JOVEE (Rp157.318). Lebih jelasnya, peran dan fungsi vitamin H dijabarkan di bawah ini:

1. Mengatur metabolisme tubuh

Kemampuan vitamin B7 dalam memecah karbohidrat yang dikonsumsi menjadi glukosa dalam tubuh bertujuan untuk mengontrol kadar gula darah. Penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan bahkan menunjukkan bahwa konsumsi vitamin ini dapat meningkatkan produksi insulin. Selain itu, biotin juga turut membantu proses pembentukan energi dengan mengubah karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi.

2. Menjaga kesehatan kehamilan

Asupan biotin yang terpenuhi selama masa kehamilan sangatlah penting. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh otomatis akan kekurangan vitamin B7 saat hamil. Jika kondisi ini dibiarkan tanpa diberikan penanganan, dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Tidak hanya penting pada wanita hamil, ternyata pemenuhan vitamin H ini juga sangat penting bagi ibu menyusui.

3. Memperbaiki kerusakan saraf

Beberapa penderita diabetes terkadang mengalami sekumpulan gejala gangguan saraf, yang disebut neuropati diabetik. Biotin atau vitamin H ini dikatakan mampu membantu mengurangi kerusakan saraf pada penderita diabetes dan penderita penyakit ginjal yang sedang menjalani dialisis (cuci darah). Namun, efektivitasnya masih harus diteliti lebih lanjut.

4. Menjaga kesehatan rambut dan kuku

Biotin digadang-gadang dapat membuat rambut serta kuku tumbuh lebih tebal dan halus. Banyak produk kecantikan dan suplemen yang mengandung biotin dipasarkan untuk kesehatan rambut. Walaupun dikatakan mampu menebalkan rambut serta membuatnya lebih halus bersinar, ternyata belum ada bukti ilmiah kuat yang bisa mendukung pernyataan ini. Pemakaian produk kecantikan atau konsumsi suplemen biotin tampaknya tidak begitu berpengaruh pada kesehatan rambut.

5. Memperbaiki kondisi kulit

Kekurangan asupan vitamin B7 dapat menyebabkan gangguan pada kulit berupa seborrheic dermatitis akibat terganggunya proses pemecahan lemak yang penting untuk kesehatan kulit. Konsumsi suplemen vitamin H bisa membantu mengatasi masalah kulit tersebut. Sayangnya, lagi-lagi, belum ada bukti ilmiah kuat terkait efektivitas suplemen biotin dalam memperbaiki kondisi kulit ini.

Efek samping konsumsi suplemen biotin

Meski umumnya aman untuk dikonsumsi, suplemen biotin alias vitamin H bisa menimbulkan efek samping pada beberapa orang. Konsumsi suplemen tersebut pun dapat memicu reaksi alergi. Efek samping yang bisa timbul jika konsumsi suplemen melebihi dosis atau takaran yang dianjurkan, meliputi:

  • Ruam kulit
  • Sakit perut
  • Gangguan hormon insulin
  • Gangguan fungsi ginjal

Untuk wanita hamil, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen apapun, termasuk vitamin ini . Dapatkan vitamin dan suplemen terbaik di Jovee Official Shop. Anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

amunizer-adalah

Amunizer, Suplemen Herbal Peningkat Sistem Imun

Vitamin & Suplemen   10/08/2022
vitamin-anak-yang-mengandung-zinc

Pentingnya Vitamin C dan Zinc untuk Anak

Vitamin & Suplemen   11/07/2022
blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022