fbpx
BerandaKesehatan LainnyaWajib Tahu, Simak 7 Tips Kulit Tetap Sehat Saat Puasa Ini

Asupan cairan yang berkurang saat puasa kerap kali menimbulkan masalah kulit seperti kekeringan hingga jerawat. Perubahan pada aktivitas sehari-hari yang berubah drastis selama Ramadhan juga mungkin membuat kamu berpikir bahwa menjaga kesehatan kulit jadi lebih sulit dilakukan.

tips-kulit-wajah-sehat-saat-puasa

Namun, pada masa inilah kulitmu membutuhkan perhatian lebih lho, Jovians. Kulitmu cenderung lebih kering saat berpuasa, oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara dan tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit saat puasa.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada tujuh tips kulit wajah sehat saat puasa yang bisa kamu terapkan. Mengikuti cara-cara ini bisa menjaga kesehatan kulitmu untuk tetap sehat dan cerah selama berpuasa. Apa saja tipsnya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Tidur yang cukup

Salah satu tips kulit sehat selama berpuasa yang merupakan faktor penting adalah jumlah tidur yang cukup atau pola tidur yang baik setiap harinya.Saat berpuasa, waktu tidurmu cenderung berkurang karena harus bangun untuk sahur, dan mungkin sulit untuk beristirahat kembali.

Dilansir dari Healthline, orang yang kurang tidur akan lebih cepat mengalami penuaan kulit, mata panda, dan kulit pucat. Oleh sebab itu, hindari begadang untuk menjaga kesehatan kulitmu saat puasa.

2. Penuhi asupan cairan

Saat menjalankan puasa, tubuhmu tidak mendapat asupan cairan selama lebih dari 12 jam. Sementara itu, setiap sistem dalam tubuh bergantung pada air, termasuk kulitmu.

Ketika asupan cairan berkurang, kulitmu akan menjadi lebih kering karena tubuh menyerap kelembapan di kulit untuk memenuhi cairan tubuh yang kurang.

Supaya kulitmu tetap lembab dan cerah saat puasa, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh pada saat berbuka dan sahur. Kamu bisa ikuti pola minum 2-4-2, dua gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam, dan dua gelas saat sahur.

3. Tetap berolahraga

Tips kulit wajah tetap sehat saat puasa selanjutnya adalah berolahraga. Olahraga saat berpuasa bukanlah hal yang mustahil jika dilakukan dengan benar. Melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat, jogging, atau bersepeda sudah cukup untuk menjaga kebugaran tubuh dan kulitmu selama berpuasa.

Saat berolahraga, peredaran darah akan menjadi lebih lancar. Olahraga membantu menyehatkan sel-sel kulit dan membuatnya kulit tetap kencang. Selain itu, aliran darah yang baik juga membantu membuang racun tubuh, termasuk radikal bebas yang berperan dalam penuaan sel kulit.

Untuk mencegah dehidrasi, lakukanlah olahraga saat puasa di waktu yang tepat. Kamu bisa melakukan olahraga ringan satu jam sebelum berbuka, 2 jam setelah berbuka, atau tepat setelah sahur selama kurang lebih 15 sampai 30 menit.

4. Konsumsi makanan berserat

Asupan cairan tubuh juga bisa kamu dapatkan melalui makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran hijau. Makanan tinggi serat akan membuat kulitmu tetap lembut dan terhidrasi dengan baik karena meningkatkan sirkulasi darah dan suplai nutrisi ke sel-sel kulitmu.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, makanan kaya serat dan antioksidan akan menjaga kulit wajahmu tetap sehat dan cerah. Pilihlah buah-buahan segar yang baik untuk kulit seperti apel, stroberi, pisang, atau semangka untuk menjaga kecantikan kulitmu saat puasa.

5. Gunakan pelembab dan sunscreen

Kulit lebih mudah kering selama berpuasa, sehingga kamu perlu menggunakan pelembab. Terlebih lagi jika kamu punya kulit kering, sebaiknya gunakan face oil untuk mengunci kelembapan kulit lebih lama. Hindari juga untuk mencuci wajah dengan air hangat agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Tak hanya itu, menggunakan tabir surya atau sunscreen sangat esensial selama Ramadhan, karena efek sinar UV akan lebih buruk pada kulit yang kering. Oleh sebab itu, pastikan untuk menggunakan sunscreen minimal SPF 30 sebelum beraktivitas.

6. Kurangi asupan kafein

Saat puasa, kebanyakan orang cenderung lebih banyak mengonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi. Padahal, kafein bersifat diuretik yang dapat menyebabkan kamu buang air kecil lebih sering, sehingga cairan tubuh otomatis lebih cepat berkurang.

Cairan tubuh yang berkurang akan mempengaruhi kelembapan kulitmu. Oleh sebab itu, batasi asupan kafein saat berpuasa ya, Jovians.

7. Minum suplemen kulit tambahan

Tips kulit wajah sehat saat puasa yang terakhir adalah mengonsumsi suplemen kulit. Selain menjaga kesehatan kulitmu, mengonsumsi suplemen juga dapat menjaga kesehatan tubuhmu secara keseluruhan lho, Jovians.

Kamu bisa mengonsumsi suplemen kulit yang mengandung vitamin E, vitamin C, evening primrose oil, atau kolagen yang tinggi antioksidan. Salah satu suplemen kulit dapat kamu coba adalah Skinista Frozen Collagen (Rp86.100) yang bisa dibeli lebih hemat di Jovee.

Itulah tips menjaga kulit tetap sehat selama berpuasa. Dapatkan informasi seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Unduh juga aplikasinya untuk dapatkan notifikasi promo menarik setiap bulannya.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

covid di Indonesia

Perkembangan Kasus COVID di Indonesia Saat Ini

Kesehatan Lainnya   30/05/2023
gejala covid di mata

Gejala Covid di Mata: Gejala dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   29/05/2023
cara mengatasi rambut patah akibat smoothing

Cara Mengatasi Rambut Patah Akibat Smoothing

Kesehatan Lainnya   28/05/2023
hair tonic untuk rambut rontok

Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok

Kesehatan Lainnya   14/05/2023
the balm meet matte review

The Balm Meet Matte Review

Kesehatan Lainnya   28/04/2023