fbpx
BerandaVitamin & SuplemenWellness Natural Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh agar tetap dapat berfungsi dengan baik. Vitamin ini bisa didapatkan melalui berbagai macam makanan sehat dan juga suplemen seperti Wellness Natural Vitamin E (Rp467.500). Yuk, ketahui lebih dalam manfaat Vitamin E sebagai kandungan utama Wellness Natural Vitamin E di artikel ini!

Pengertian Vitamin E

Vitamin merupakan mikronutrien yang penting untuk perkembangan dan fungsional tubuh kita. Salah satu vitamin esensial yang bertugas menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin E. Manfaat vitamin E terdapat di banyak sistem organ, yaitu menjaga kesehatan sistem penglihatan, sistem reproduksi, kesehatan kulit, sel-sel darah, hingga sistem saraf dan otak. Fungsi-fungsi tersebut didukung oleh karakteristik vitamin E yang merupakan senyawa antioksidan.

Antioksidan merupakan suatu senyawa yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas dan stress oksidatif. Terbentuknya radikal bebas karena berbagai penyebab dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, kanker, peradangan sendi, dan lainnya.

Karena vitamin E adalah vitamin yang fat-soluble atau larut dalam lemak, anda bisa memperoleh vitamin E dari berbagai sumber alami yang mengandung lemak, seperti daging, produk olahan susu/dairy (susu, keju, cream, butter, yoghurt, dll.), buah-buahan, sayur-mayur, telur, kacang-kacangan, minyak sayur (minyak kelapa, minyak olive, minyak canola, dll) dan makanan fortifikasi. Selain melalui diet, vitamin E juga dapat Anda peroleh dari suplemen oral untuk membantu mencukupi asupan vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat vitamin E

Menurut NHS, vitamin E yang dibutuhkan manusia agar bermanfaat tidak boleh melebihi dosis 540 mg (800 IU), namun kebutuhan vitamin E dapat berbeda-beda tergantung kondisi tubuh setiap orang. Berbagai studi menunjukkan hasil yang signifikan berkaitan dengan manfaat dan kegunaan vitamin E terhadap kesehatan tubuh. Beberapa contoh manfaat vitamin E yang bisa Anda dapatkan, misalnya:

  • Efek protektif terhadap radikal bebas

Radikal bebas terbentuk dari proses metabolisme tubuh dan/atau dari faktor eksternal seperti merokok, polusi, bahan kimia, dll. Saat ini, radikal bebas ditemukan berkaitan dengan berbagai penyakit. Studi vitamin E terhadap radikal bebas menunjukan efek protektif dengan cara mengikat radikal bebas ataupun mengubah tatanan molekul radikal bebas menjadi sesuatu yang tidak berbahaya.

  • Proteksi sel-sel tubuh

Vitamin E dapat meningkatkan kerapatan membran sel (lapisan terluar sel) sehingga memberikan stabilitas sel yang lebih baik. Selain itu, vitamin E juga mendukung terjadinya reparasi dan regenerasi membran sel.

  • Regulasi sel darah trombosit

Vitamin E bersifat protektif terhadap dinding pembuluh darah, dimana ia mampu menghambat terjadinya penumpukan/agregasi trombosit yang dapat menyebabkan sumbatan di pembuluh darah. Peran vitamin E dalam mencegah terbentuknya sumbatan ini dinilai mampu menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Beberapa penelitian dan studi mengenai vitamin E telah menunjukkan efek positif terhadap beberapa kondisi penyakit. Kondisi yang dimaksud berkaitan dengan defisiensi/kekurangan vitamin E, premenstrual syndrome (PMS), alzheimer disease, dan gangguan sel darah (talasemia dan defisiensi G6PD).

Vitamin E juga dinyatakan berpotensi sebagai agen preventif terhadap beberapa penyakit, akan tetapi hal tersebut masih perlu dilakukan studi dan penelitian lebih lanjut lagi. Beberapa contoh penyakit yang dimaksud adalah penyakit jantung, kanker, katarak, peradangan sendi, hingga penyakit hati.

Manfaat vitamin E untuk kulit

Sejarah penggunaan vitamin E untuk kulit telah berjalan selama kurang lebih 50 tahun. Kulit Anda merupakan pelindung utama tubuh dari faktor eksternal (polutan, bahan kimia, kuman, dll). Selain itu, penampilan dan fungsi kulit yang sehat juga berkaitan dengan kosmetik dan kecantikan.

Tantangan terbesar saat ini dalam menjaga kesehatan kulit kita adalah bagaimana mencegah atau memperlambat terjadinya skin aging/proses penuaan kulit. Skin aging adalah proses alamiah dan kompleks, umumnya digambarkan dengan kulit yang keriput, kering, berubah warna, serta hilangnya elastisitas dan kepadatan kulit.

Penggunaan vitamin E dalam menjaga kesehatan kulit dinilai memberikan hasil yang cukup signifikan. Hal tersebut didukung oleh karakteristik yang dimiliki vitamin E, yaitu:

  • Antioksidan

Vitamin E memiliki kemampuan untuk mengikat senyawa yang merugikan tubuh seperti radikal bebas dan stress oksidatif, dimana kedua senyawa tersebut dinilai mampu meningkatkan proses penuaan pada kulit. Kemampuan tersebut tentu menjadikan vitamin E sebagai agen protektif dan preventif terhadap kerusakan lapisan kulit sehingga mampu mempertahankan struktural dan penampilan fisik dari kulit.

  • Photoprotective

Vitamin E diduga mampu melindungi kulit dari sinar UV matahari. Salah satu derivat vitamin E, gamma-tocopherol, memiliki kemampuan untuk mencegah terbentuknya formasi sel-sel kulit yang terbakar karena matahari dan melindungi kulit dari efek radiasi ultraviolet B (UVB). Paparan radiasi UVB dapat menyebabkan pembengkakan sel dan kerusakan lapisan lemak yang mempengaruhi integritas kulit.

Vitamin E juga diprediksi bermanfaat terhadap beberapa kondisi penyakit kulit terutama yang berhubungan dengan proses peradangan, seperti eksim, acne vulgaris (jerawat), psoriasis, penyembuhan luka, epidermolysis bullosa, dll. Meskipun demikian, masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut lagi mengenai peranan vitamin E pada penyakit kulit. Penggunaan vitamin E untuk kondisi-kondisi tertentu sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada tenaga kesehatan yang menangani.

Kebutuhan vitamin E dapat Anda peroleh dari konsumsi diet bernutrisi dan/atau penggunaan suplemen. Salah satu contoh suplemen yang membantu tercukupinya kebutuhan vitamin E Anda adalah Wellness Natural Vitamin E. Jika Anda masih bingung apakah asupan vitamin E Anda telah mencukupi rekomendasi harian yang diperlukan tubuh, Anda dapat melakukan konsultasi kepada Dokter agar mendapatkan saran konsumsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Yuk, beli Wellness Natural Vitamin E (Rp467.500) di Jovee sekarang! Dapatkan promo vitamin menarik dengan mengunduh aplikasi Jovee di Play Store dan App Store. Dapatkan rekomendasi suplemen yang kamu cari dari pusat vitamin terlengkap, Jovee. Kamu juga bisa mencari tahu kebutuhan vitaminmu lewat konsultasi gratis bersama nutrisionis Jovee.

Referensi:

  1. WebMD. Vitamin E. WebMD website. 2021 [online]
  2. National Health Service (NHS). Vitamin E. NHS website. 2021 [online]
  3. Rizvi S, Raza S, et al,. The role of vitamin E in human health and some diseases. Sultan Qaboos Univ Med J. 2014;14(2):e157-e165
  4. Keen MA, Hassan I. Vitamin E in dermatology. Indian Dermatol Online K. 2016;7(4):311-315
  5. Sumber foto: <a href=’https://www.freepik.com/photos/food’>Food photo created by whatwolf – www.freepik.com</a>

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Pilihan Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui

Vitamin & Suplemen   27/02/2023
vitamin-untuk-paru-paru

4 Vitamin untuk Memelihara Kesehatan Paru-paru

Vitamin & Suplemen   28/11/2022
vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022