fbpx
BerandaMakanan SehatYuk, Kenali Sajian Sarapan Sehat Bernama Muesli

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

muesli-1

Bagi sebagian masyarakat modern sekarang ini, hidangan dengan menggunakan gandum dan biji-bijian saat ini merupakan alternatif yang cukup banyak dipilih dan dikonsumsi. Selain cara membuatnya yang simpel dan tidak ribet, kandungan nutrisi di dalamnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu makanan yang menjadi santapan pagi ialah muesli.

Jadi apa sebenarnya makanan yang sedang kita bahas ini? Kata ini cukup menarik perhatian, khususnya bagi para penggemar hidangan gandum maupun biji-bijian di pagi hari. Sama halnya seperti jenis gandum lainnya seperti granola maupun oat, makanan ini menjadi salah satu preferensi makanan sehat yang dikonsumsi pagi hari, seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran akan makanan sehat.

Apa Itu Muesli?

Muesli merupakan makanan yang hampir sama dengan oat, yang asalnya dari Swiss. Mulai dikonsumsi oleh orang Swiss sejak 1800-an akhir dan kini telah menjadi salah satu makanan yang cukup populer di Benua Biru Eropa serta Amerika Utara. Tak berbeda dengan sajian sarapan berbahan gandum pada umumnya, makan ini merupakan rolled oat yang mana isinya berupa campuran dari buah kering, kacang, biji-bijian dan juga rolled oat. Namun terdapat juga beberapa jenis dari makanan ini yang campurannya berupa millet atau quinoa. Buah yang digunakan sendiri yakni kurma, anggur, cherry dan cranberry.

Pada umumnya, sajian khas Swiss ini dapat dinikmati sebagai menu sarapan dengan berbagai cara, seperti halnya direndam dengan susu ataupun jus seperti jus jeruk maupun jus apel, sehingga dapat membuat teksturnya menjadi lunak untuk disantap. Kandungan gula yang rendah membuat rasa dari makanan ini cenderung tidak manis dan cukup hambar.

Ragam Manfaat Mengonsumsi Muesli

Ada beberapa alasan yang menjadikan makanan dari Swiss ini sebagai alternatif sarapan sehat dan penuh nutrisi. Apa saja itu? Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Kandungan Serat yang Kaya

Sebagai bahan yang menjadi olahan dari whole grain, paduan dari buah kering, kacang, serta rolled oat amat baik untuk dikonsumsi oleh sistem pencernaan. Hal ini karena adanya kandungan resistant starch yang mana dapat menekan nafsu makan dan membantu dalam percepatan proses metabolisme yang menjadikan kalori lebih banyak terbakar.

2. Membantu Penurunan Kolesterol

Bagi penderita kolesterol, konsumsi makan ini menjadi salah satu rekomendasi yang cukup baik. Hal ini karena di dalamnya memiliki kandungan beta-glucan yang mana dapat membantu dalam penurunan kadar dari kolesterol jahat atau (LDL) dalam tubuh hingga mencapai 10%.

3. Pengolahan yang Mudah

Salah satu jenis makanan dari oat ini juga cukup mudah untuk diolah dengan berbagai bahan lainnya yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Seperti halnya penambahan makanan dengan kandungan protein tinggi untuk memberikan asupan protein dalam tubuh, seperti halnya susu. Hal tersebut dapat menambah nutrisi yang telah ada seperti serat dan juga beta-glucan.

4. Membantu Meningkatkan Kekebalan dalam Tubuh

Pada makanan ini juga terkandung antioksidan yang mana berperan aktif dalam peningkatan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang infeksi dari bakteri maupun virus penyebab penyakit. Antioksidan pada makanan ini juga berperan penting untuk melindungi dari radikal bebas yang mana dapat menyerang sistem kekebalan tubuh sewaktu-waktu.

Konsumsi makanan sehat dari gandum seperti muesli secara rutin dapat menjaga metabolisme tubuh serta membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit.

Ingin gaya hidup sehat dengan suplemen yang cocok denganmu? Unduh aplikasi Jovee di Play Store atau App Store dan dapatkan vitamin personalmu! Dengan Jovee, kamu juga bisa melihat rekomendasi suplemen dari tim nutrisionis Jovee. Temukan berbagai vitamin asli dan terbaik, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Cara_Memasak_Pare_Agar_Tidak_Pahit

Tips Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Makanan Sehat   17/09/2021
Khasiat Propolis

Mengenal Khasiat Propolis untuk Kesehatan Tubuh

Makanan Sehat   14/09/2021
manfaat-sayuran-kucai

Jangan Keliru, Manfaat Kucai bagi Kesehatan

Makanan Sehat   16/08/2021
kapulaga-manfaat-kandungan-dan-efek-sampingnya

Kapulaga – Kandungan, Kegunaan, dan Efek Sampingnya

Makanan Sehat   13/08/2021
rekomendasi-jus-diet-sehat-1

Rekomendasi Jus Untuk Diet Sehat

Gaya Hidup Sehat   10/08/2021