Zinc

Essential Growth Keeper

Apa itu Zinc?
Zinc merupakan nutrisi mineral yang esensial bagi kesehatan. Mineral ini dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan pemeliharaan fungsi tubuh manusia. Zinc memiliki banyak jenis, mulai dari zinc gluconate, zinc acetate, zinc sulfate, sampai zinc citrate.

Manfaat Zinc
Zinc membantu menstabilkan membran sel, sehingga membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dan fungsi metabolisme. Selain itu, zinc juga berfungsi sebagai enzim bagi pembentukan energi dan metabolisme tubuh. Mineral ini juga berperan penting dalam menstabilkan kadar gula darah, penyembuhan luka, pembekuan darah, fungsi kelenjar tiroid, menjaga kesehatan mata serta jantung.

Kebutuhan Zinc yang tercukupi akan melindungi tubuh dari risiko penyakit kronis seperti jantung, kanker dan diabetes. Selain itu, zinc juga berfungsi dalam pertumbuhan anak dan perkembangan janin.

Dimana kamu dapat menemukan Zinc?
Mineral ini dapat ditemukan di berbagai produk daging, termasuk daging merah, ayam, dan ikan. Zinc juga bisa diperoleh dari produk olahan susu, kacang-kacangan, makanan laut, hingga makanan olahan yang telah difortifikasi seperti sereal.

Defisiensi Zinc
Kekurangan kadar zinc dalam tubuh berisiko mengalami penurunan fungsi metabolisme dan kekebalan tubuh. Selain itu, defisiensi zinc pada anak, bayi, dan ibu hamil juga meningkatkan risiko mengalami kekerdilan dan penurunan mental. Kekurangan zinc juga dapat mempengaruhi metabolisme tubuh.

Defisiensi Zinc bisa ditandai dengan tumbuh kembang yang lambat, kadar insulin rendah, kehilangan nafsu makan, mudah marah, rambut rontok, kulit kasar dan kering, luka lama sembuh, kemampuan indera pengecap dan penciuman yang berkurang, diare, sampai mual.

Kadar Zinc yang rendah dalam tubuh dapat menjadi faktor penyebab kemandulan pria, anemia bulan sabit, HIV, depresi, dan diabetes. Selain itu, defisiensi Zinc juga dapat mengganggu fungsi penglihatan.

Beberapa kelompok memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami defisiensi Zinc, diantaranya orang dengan gangguan penyerapan nutrisi, gagal ginjal kronis, dan alkoholik.

Efek Samping dan Overdosis Zinc
Suplemen Zinc yang dikonsumsi dalam jangka waktu panjang dan dosis tinggi dapat menyebabkan tubuh kekurangan mineral tembaga. Hal ini mengarah kepada sejumlah masalah saraf seperti mati rasa dan lemas pada tangan serta kaki. Konsumsi Zinc secara berlebihan juga bisa mengganggu fungsi mineral besi, melemahkan fungsi kekebalan tubuh, dan menurunkan kadar lipoprotein.

Keracunan Zinc akut bisa ditandai dengan:

  • Gangguan pencernaan
  • Diare
  • Pusing
  • Mual
  • Muntah
  • Hilang nafsu makan
  • Sakit perut

    Kekurangan asupan mineral Zinc dapat mengganggu fungsi-fungsi dalam tubuh. Namun, konsumsi suplemen Zinc secara berlebihan bisa berdampak pada gangguan kesehatan. Jika Anda ingin menambahkan suplemen Zinc dalam rutinitas Anda, Jovee akan membantu merekomendasikan suplemen yang tepat.

    Jenis suplemen yang direkomendasikan oleh tim dokter dan nutrisionis Jovee sudah disesuaikan dengan keluhan penyakit, riwayat kesehatan, hingga gaya hidup Anda setiap harinya sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan atau overdosis.

    Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

  • Ingin rekomendasi khusus atau cari suplemen lain?

    Beli di Aplikasi Jovee

    Aplikasi Jovee berbasis data science.
    Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

    Belanja di Jovee Shop

    Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional

    Solusi Nyeri Sendi Kamu

    Diskon 10% Joint Care
    Berlaku dari 15 Juli - 15 Agustus 2020
    Kode promo: joveepop10

    Gunakan kode promo sekarang

    You have Successfully Subscribed!