fbpx
Beranda › Gaya Hidup Sehat › Mengenal Cabin Fever dan Cara Mengatasinya

Cabin fever merupakan gejala psikologis yang dialami seseorang ketika terisolasi di suatu tempat dalam kurun waktu yang lama. Banyaknya masyarakat yang terisolasi selama pandemi COVID-19 mungkin sebabkan cabin fever meningkat daripada sebelumnya. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai cabin fever serta cara mengatasinya.

cabin-fever-adalah

Pengertian cabin fever

Di negara lain, cabin fever juga disebut dengan winter blues atau winter malaise. Cabin fever sering kali disalahartikan dengan rasa bosan karena terjebak di rumah selama beberapa jam atau hari. Lalu, apa yang dimaksud dengan cabin fever? Alih-alih rasa bosan, cabin fever adalah serangkaian emosi negatif dan kesedihan yang dirasakan ketika terisolasi. Perasaan ini bisa terjadi pada saat karantina, social distancing, atau berlindung saat cuaca sedang buruk.

Jika tidak ditangani dengan tepat, cabin fever akan menimbulkan serangkaian gejala yang sulit ditangani. Meski bukan gangguan psikologis yang diakui, bukan berarti cabin fever tidak nyata. Pada kasus yang parah, kondisi ini dapat membuat penderita kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari.

Penyebab cabin fever

Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk sosial yang butuh untuk terhubung satu sama lain untuk merasa lebih baik. Selama pandemi COVID-19, social distancing dan karantina membuat adanya pergeseran cara hidup. Pergeseran dari hidup yang aktif secara sosial, ke cara hidup yang lebih terbatas dan terisolasi. Hal ini tentunya bisa memicu cabin fever, terutama jika kamu punya personaliti yang terbuka (ekstrovert).

Dilansir dari Medical News Today, sejumlah faktor yang bisa menyebabkan cabin fever meliputi:

  • Merasa tidak dapat terhubung secara fisik dengan teman dan keluarga
  • Burn out akibat terlalu banyak bekerja
  • Tidak termotivasi karena tidak ada pekerjaan atau pekerjaan yang terlalu sedikit

Gejala cabin fever

Tidak semua orang yang mengalami cabin fever menunjukkan gejala yang sama. Namun, gejala yang paling banyak dilaporkan adalah mudah marah dan gelisah. Dilansir dari Verywell Mind, berikut gejala umum lainnya yang bisa muncul.

  • Perubahan pada pola tidur
  • Kehilangan motivasi
  • Kesulitan untuk bangun dari tempat tidur
  • Mudah lapar
  • Banyak tidur siang
  • Merasa putus asa
  • Kehilangan kesabaran
  • Sedih atau depresi
  • Kesulitan berkonsentrasi

Perlu diingat, gejala di atas juga dapat menjadi indikasi dari gangguan mental lainnya. Jika kamu alami gejala di atas dan merasa kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari, segera konsultasi pada tenaga profesional.

Jenis kepribadian kamu juga dapat mempengaruhi kondisi cabin fever lho, Jovians. Orang-orang dengan kepribadian introvert mungkin lebih mampu untuk tetap sibuk saat terisolasi, dibandingkan dengan orang berkepribadian ekstrovert. Melakukan coping atau penanganan yang tepat dapat meredakan gejala yang muncul.

Cara mengatasi cabin fever

Karena cabin fever bukanlah kondisi psikologis yang pasti, tidak ada penanganan standar untuk mengatasi hal ini. Namun, tenaga profesional kesehatan mental mengakui bahwa gejalanya sangat nyata. Menemukan cara yang tepat untuk mengatasi cabin fever dapat membantu kamu meringankan mood swing yang muncul. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cabin fever.

1. Keluar rumah

Jika kamu tidak dapat bepergian, kamu menghabiskan waktu di teras atau halaman rumah. Penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di udara terbuka dapat meredakan stres dan meningkatkan mood secara keseluruhan. Sinar matahari dapat mengatur siklus alami tubuh, sekaligus meningkatkan kadar serotonin otak.

Kadar serotonin yang tinggi akan menghasilkan suasana hati yang lebih baik dan kesehatan mental yang lebih tenang. Jika berjalan ke halaman rumah tidak memungkinkan, kamu bisa membuka jendela kamar dan biarkan sinar matahari masuk.

2. Buat rutinitas harian

Saat kamu terkurung di rumah, tidak memiliki jadwal atau rutinitas harian dapat memperparah penyakit cabin fever lho, Jovians. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki rutinitas yang teratur dapat mengatasi perasaan cemas dan stres. Jadi jika kamu mulai merasa gelisah dan mood swing, cobalah membuat jadwal agar kamu tetap sibuk dan terhubung secara sosial.

3. Pertahankan pola makan

Terkurung di rumah dalam waktu yang lama sering kali bikin hasrat untuk ngemil meningkat. Terutama konsumsi junk food, yang buat kamu melewatkan konsumsi makan normal. Dengan pola makan teratur dan sehat, energi dan motivasi dapat meningkat, lho. Makanya, pastikan untuk dapatkan asupan nutrisi harian yang tepat. Batasi camilan tinggi gula, tinggi lemak, dan perbanyak konsumsi air. Kamu bisa coba Tropicana Slim Hokkaido Cheese Cookies (Rp22.609), cemilan lezat rasa keju yang rendah gula dan kalori.

4. Tentukan tujuan

Saat terkurung di rumah, kebanyakan dari kita cenderung menghabiskan waktu tanpa melakukan hal produktif. Tetapkan tujuan harian dan mingguan, agar kamu tetap termotivasi sekaligus memiliki tujuan yang perlu dicapai setiap harinya.

5. Olahraga

Meski tidak dapat keluar rumah, kamu bisa lakukan olahraga simple di rumah. Aktivitas fisik dapat membantu membakar energi ekstra yang kamu punya, sekaligus meningkatkan kadar serotonin otak. Sebagai pemula, kamu bisa mengacu pada video workout di Youtube untuk berolahraga di rumah.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cabin fever. Cobalah melakukan hal-hal baru dan manfaatkan social media agar tetap terhubung meski di rumah saja. Simak informasi mengenai kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara menghitung kebutuhan kalori pria

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Pria dan Wanita

Gaya Hidup Sehat   16/12/2023
manfaat minum air putih banyak untuk wajah

Manfaat Minum Air Putih Banyak Untuk Wajah

Gaya Hidup Sehat   23/11/2023
bekam untuk wanita

Manfaat Bekam untuk Wanita, Tertarik Mencoba?

Gaya Hidup Sehat   20/10/2023
kenapa badan terasa lemas

Kenapa Badan Terasa Lemas Sepanjang Hari?

Gaya Hidup Sehat   03/10/2023
shampoo conditioner

Rekomendasi Shampoo Conditioner untuk Rambut Halus dan Lembut

Gaya Hidup Sehat   08/08/2023