fbpx
BerandaMakanan SehatCara Membuat Jus Semangka dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Hampir semua orang pasti setuju bahwa buah semangka adalah salah satu buah yang sangat menyegarkan. Apalagi di musim panas, makan sepotong buah semangka dingin bisa menyejukkan badan. Tak heran karena rasanya yang manis dan kaya akan kandungan air, banyak orang yang mencari cara membuat jus semangka untuk dikonsumsi sehari-hari.

cara membuat jus semangka

Selain rasanya yang manis dan segar, kandungan nutrisi semangka tak bisa disepelekan begitu saja lho. Buah berkulit hijau keras ini terkenal akan kandungan vitamin A dan vitamin C-nya yang cukup tinggi, menjadikannya salah satu buah yang baik dikonsumsi sehari-hari.

Yuk kita kenalan dengan berbagai manfaat buah semangka, dan cara membuat jus semangka yang enak, segar, serta kaya nutrisi. Berikut Jovee merangkum informasi seputar manfaat semangka untuk kesehatan dalam artikel ini.

Kandungan Nutrisi dalam Semangka

Semangka hadir dalam berbagai jenis dengan keunikan tampilan rasa dan warnanya, misalnya semangka merah atau pun semangka kuning. Meski bermacam-macam jenisnya, bisa dibilang semua jenis semangka mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Semangka mengandung berbagai nutrisi, termasuk potasium, magnesium, serta vitamin A dan C. Semangka juga relatif rendah kalori, hanya mengandung 46 kalori per cangkir (152 gram).

Berikut ini kandungan nutrisi dalam 1 cangkir (152 gram) semangka segar:

  • Karbohidrat: 11,5 gram
  • Serat: 0,6 gram
  • Gula: 9,4 gram
  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Vitamin A: 5% dari Nilai Harian (DV)
  • Vitamin C: 14% dari DV
  • Kalium: 4% dari DV
  • Magnesium: 4% dari DV

Semangka juga kaya akan citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kinerja tubuh saat berolahraga. Selain itu, buah yang dagingnya bertekstur renyah ini mengandung antioksidan, termasuk vitamin C, karotenoid, likopen, dan cucurbitacin E. Senyawa ini membantu melawan radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat merusak sel jika terakumulasi di dalam tubuh. Seiring waktu, kerusakan ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker

Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Manfaat semangka untuk kesehatan, antara lain:

Membantu menghidrasi tubuh

Kandungan air yang tinggi pada semangka dapat membantumu tetap terhidrasi, yang mana hal ini dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan air yang tinggi dalam semangka dapat membantumu merasa kenyang lebih lama.

Semangka mengandung 92% air, menjadikannya pilihan tepat untuk asupan air harian.

Dengan kandungan air yang cukup tinggi, semangka dapat membantu mengatur suhu tubuh, menjalankan fungsi organ secara normal, mengirimkan nutrisi ke sel-sel tubuh, dan meningkatkan kewaspadaan. Hal-hal ini sangat bergantung pada hidrasi tubuh yang memadai agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi dapat membantu memberikan tubuh air yang dibutuhkan agar berfungsi dengan baik.

Selain itu, karena kandungan airnya yang tinggi, semangka memiliki kepadatan kalori yang rendah. Dengan kata lain, kalori yang sangat sedikit untuk berat totalnya. Mengonsumsi makanan dengan kepadatan rendah kalori, seperti semangka, dapat membantu mengelola berat badan ideal dengan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif

Peradangan adalah penyebab utama banyak penyakit kronis.

Kombinasi antioksidan, likopen, dan vitamin C dalam semangka dapat membantu mengurangi risiko peradangan dan kerusakan oksidatif tubuh.

Membantu mengatasi nyeri otot

​Citrulline, asam amino yang ditemukan dalam semangka, dapat meningkatkan kinerja tubuh saat berolahraga dan mengurangi nyeri otot. Kandungan ini juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Satu ulasan menemukan bahwa asupan citrulline secara teratur setidaknya selama 7 hari meningkatkan kinerja aerobik dengan meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh. Senyawa ini membantu melebarkan pembuluh darah sehingga jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Terlebih lagi, beberapa bukti menunjukkan bahwa semangka itu sendiri – bukan hanya citrulline – dapat membantu memulihkan kondisi tubuh setelah berolahraga.

Sebuah penelitian yang lebih tua memberikan atlet jus semangka biasa, jus semangka dicampur dengan citrulline, atau minuman kontrol. Kedua minuman semangka mengurangi nyeri otot dan pemulihan detak jantung lebih cepat dibandingkan minuman berenergi.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

Cara Membuat Jus Semangka yang Enak

Dengan kandungan airnya yang tinggi, banyak orang yang suka mengonsumsi semangka sebagai pelepas dahaga. Salah satunya diolah sebagai jus yang praktis diminum.

Yuk bikin jus semangka yang segar dan nikmat. Berikut ini cara membuat jus semangka yang mudah dan enak, yang cocok dikonsumsi seluruh keluarga.

Bahan:

  • 1 buah semangka, potong-potong dadu dan buang bijinya
  • 1 sendok makan madu
  • 1 sendok makan sari jeruk nipis atau jeruk lemon
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Bekukan potongan buah semangka ke dalam freezer selama kurang lebih 12 jam.
  2. Blender buah semangka dan es batu sampai halus.
  3. Tambahkan madu dan sari jeruk nipis atau jeruk lemon ke dalam blender.
  4. Blender lagi hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Sajikan jus semangka dalam gelas.

Tips membuat jus semangka agar makin enak adalah kamu bisa menambahkan yogurt atau daun mint jika suka. Rasanya manis dan menyegarkan.

Demikianlah cara membuat jus semangka dan manfaat jus semangka bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat vanili cair

Aneka Manfaat Vanili Cair, Ekstrak, dan Biji Vanila

Makanan Sehat   12/12/2023
Manfaat Kombucha

Mengenal Beragam Manfaat Kombucha untuk Kesehatan

Makanan Sehat   10/12/2023
makanan tinggi protein

Daftar Makanan Tinggi Protein

Makanan Sehat   07/12/2023
efek samping chamomile tea

Kenali Manfaat dan Efek Samping Chamomile Tea

Makanan Sehat   06/12/2023
garam sea salt

Lagi Populer, Inilah Manfaat Garam Sea Salt dan Cara Penggunaannya

Makanan Sehat   30/11/2023