fbpx
BerandaVitamin & SuplemenWaktu Terbaik Mengonsumsi Suplemen Magnesium

Magnesium adalah salah satu mineral penting yang terlibat dalam berbagai aspek kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa magnesium membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, mencegah serangan migrain, menurunkan tekanan darah, dan melindungi dari depresi. 

suplemen-makanan-magnesium

Berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG), asupan magnesium untuk orang dewasa adalah 310-420 mg per hari. Kebanyakan orang dapat memenuhi kebutuhan magnesium tersebut melalui sumber makanan. Namun, pada kasus tertentu mungkin diperlukan suplemen magnesium. Artikel ini akan membantu kamu dalam menentukan waktu terbaik mengonsumsi suplemen magnesium yang dapat berfungsi optimal.

 

Apakah Waktu Berpengaruh Terhadap Efektivitas Magnesium?

Terlepas dari tujuan kamu mengonsumsi suplemen magnesium. Entah itu untuk memperbaiki suasana hati, mengurangi rasa cemas, atau meningkatkan kualitas tidur, sebenarnya manfaat suplemen magnesium berkaitan erat dengan jangka waktu penggunaannya. 

Sebagai contoh, penelitian terhadap 130 orang penderita migrain yang mengonsumsi suplemen mengandung magnesium mengalami pengurangan frekuensi migrain lebih sedikit selama studi 3 bulan. 

Penelitian lain mencatat bahwa penambahan suplemen magnesium dapat meningkatkan gejala depresi pada 112 orang dewasa yang memperoleh manfaat nyata setelah mengonsumsinya selama 2 minggu. Oleh karena itu, suplemen magnesium diperbolehkan dikonsumsi setiap saat dan sepanjang hari. Selama kamu bisa menggunakannya secara konsisten. 

Sebagian orang mungkin bisa mengonsumsi suplemen magnesium di pagi hari. Sementara, ada pula yang meminumnya saat makan malam atau sebelum tidur untuk mendapatkan fungsi terbaiknya. Kapan pun itu, yang paling penting adalah mengatur jadwal dan memastikan kamu mendapatkan dosis harian.

Jadi, manfaat magnesium perlu juga dikaitkan dengan penggunaan jangka panjang. Suplemen ini bisa dikonsumsi kapan saja sepanjang hari tergantung efektivitasnya pada masing-masing individu. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi suplemen ini bisa coba Focus Plus Jovee.  Focus Plus adalah paket lengkap 30 hari yang mengandung Magnesium untuk mencegah resiko terjadinya gangguan kardiovaskuler seperti hipertensi, gagal jantung. Dan Vitamin D3 untuk mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan depresi dan mendukung penurunan berat badan. Rekomendasi dan personalisasi suplemen yang tepat sesuai kebutuhan setiap orang.

 

Dianjurkan Dikonsumsi dengan Makanan

Walaupun suplemen magnesium umumnya dapat ditoleransi dengan baik, namun seringkali produk ini dikaitkan dengan beberapa efek samping penggunaan, seperti diare, mual, dan muntah. Hal ini umum terjadi karena perut sedang kosong saat sedang mengonsumsi suplemen.

Jika kamu kebetulan mengalami salah satu efek samping tersebut, mengonsumsi suplemen magnesium dengan makanan dapat membantu mencegahnya. Beberapa bentuk tablet magnesium dapat dihancurkan dan ditaburkan di atas makanan. Namun, mintalah saran dokter atau apoteker terlebih dahulu karena beberapa tablet tidak dibolehkan untuk dikonsumsi dengan cara ini. Apabila gejala yang dialami tetap terjadi, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik.

 

Interaksi Obat Lain yang Mungkin Terjadi 

Konsumsi suplemen magnesium mungkin akan mengganggu fungsi beberapa obat lain seperti mengurangi efektivitasnya jika digunakan secara bersamaan. Bahkan, obat lain juga akan meningkatkan ekskresi magnesium melalui urine yang berpotensi mengurangi kadar magnesium dalam tubuh. Hal tersebut tentu akan memicu tubuhmu kekurangan mineral ini.

Oleh karena itu, perhatikan aturan pakai suplemen magnesium jika sedang mengonsumsi obat lain. Sebagai contoh, antibiotik harus diminum setidaknya 2-4 jam sebelum atau 4-6 jam setelah mengonsumsi suplemen magnesium supaya sama-sama berfungsi optimal. Sementara itu, bila sedang menggunakan bifosfonat untuk mencegah tulang keropos, kamu harus mengonsumsi suplemen magnesium setidaknya 2 jam sebelum atau setelah obat lain. 

Lain halnya jika kamu mengonsumsi diuretik atau inhibitor pompa proton. Konsultasikanlah terlebih dulu dengan pakar kesehatan untuk menentukan jadwal terbaik mengonsumsi suplemen kamu. 

 

Makanan yang Mengandung Magnesium yang Tinggi

Tidak harus dengan suplemen, sesekali kamu bisa penuhi kebutuhan magnesium dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan berikut ini.

1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam merupakan makanan yang sehat sekaligus lezat. Satu porsi coklat hitam dalam penyajian 1 ons (28 gram) menghasilkan 16% AKG untuk magnesium. Selain itu, coklat hitam juga mengandung banyak zat besi, tembaga, mangan, dan serat prebiotik yang baik untuk kesehatan usus, khususnya probiotik

Zat antioksidan di dalamnya membantu tubuh menetralisir radikal bebas. Tidak hanya baik bagi usus, cokelat hitam bermanfaat untuk kesehatan jantung. Pilihlah produk coklat hitam dengan kandungan 70% padatan kakao untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

 

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang bergizi dan kaya akan magnesium. Satu buah alpukat saja menyediakan 58 mg magnesium, 15% dari AKG. Alpukat juga kaya akan kalium, vitamin B, dan vitamin K. Berbeda dengan kebanyakan buah lainnya, alpukat tinggi akan lemak, terutama lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung.

Buah alpukat juga merupakan sumber serat yang baik. Fakta menunjukkan bahwa 13 dari 17 gram karbohidrat dalam alpukat berasal dari serat. Konsumsi alpukat mampu mengurangi peradangan, meningkatkan kadar kolesterol, dan memberikan rasa kenyang.

 

3. Kacang-kacangan

Kacang termasuk ke dalam jenis makanan yang kaya akan kandungan magnesium. Kamu bisa mendapatkan tipe kacang-kacangan dengan magnesium yang melimpah pada kacang almon, kacang mete, dan kacang brazil.

Jika menghitung kisaran kadar magnesiumnya, 1 ons (28 gram) kacang mete bisa menyimpan 20% AKG magnesium; 1 ons almon panggang kering sekitar 19% AKG; dan 100 gram kacang brazil mengandung 13% AKG.

Kebanyakan jenis kacang-kacangan memiliki serat dan lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah yang tinggi. Makanan sehat ini juga diyakini baik bagi pengidap diabetes karean kemampuannya dalam menyeimbangkan tingkat gula darah dan kolesterol. 

 

4. Tofu 

Tofu atau yang biasa disebut tahu sutera merupakan makanan yang kaya akan protein meski terbuat dari bahan nabati. Dalam penyajian 100 gram, tofu bisa memberikan magnesium sebesar 53 mg atau sekitar 13% AKG. Makanan yang dibuat dari proses pembekuan protein dan minyak dalam susu kedelai ini juga mengandung mineral kalsium, zat besi, mangan, dan selenium.

Beberapa studi menyebut tofu punya potensi dalam melindungi sel di lapisan arteri. Selain itu, tofu juga dipercaya dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker perut.

 

5. Ikan Berlemak

Sudah tidak diragukan lagi bila ikan berlemak memiliki kandungan gizi yang padat. Beberapa ikan seperti salmon, makarel, dan ikan pipih halibut menyimpan mineral magnesium dalam jumlah yang tinggi. Setengah fillet ikan salmon atau sekitar 178 gram terdiri dari 53 mg magnesium atau sekitar 13% AKG. 

Ikan berlemak juga memiliki protein tinggi, kalium, selenium, vitamin B, omega-3, dan masih banyak nutrisi lainnya. Karena gizi yang melimpah, ikan berlemak sering dihubungkan juga sebagai makanan yang dapat mencegah berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung.

 

Akibat Tubuh Kekurangan Magnesium

Apa yang terjadi jika tubuh kekurangan magnesium? Pentingnya memenuhi kebutuhan magnesium setiap hari, baik itu dari suplemen magnesium dan makanan alami, dapat mencegah terjadinya hal-hal berikut ini.

 

Kedutan, Tremor, dan Kram Otot

Ketiga gejala tersebut merupakan pertanda bahwa tubuh kamu kekurangan zat magnesium. Skenario terburuknya, tubuh akan mengalami kejang-kejang.

 

Kelainan Mental

Kekurangan Magnesium juga berisiko memicu kelainan mental seperti timbulnya rasa cemas. Bahkan, hal ini bisa juga mengakibatkan emosi yang sulit terkontrol, delirium (kesadaran berkurang dan bingung), koma, hingga kematian.

 

Osteoporosis

Kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan patah tulang. Meskipun, masih banyak faktor lainnya yang memengaruhi kemungkinan pengeroposan tulang ini.

Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan untuk memantau kebutuhan magnesiumnya setiap hari supaya tetap terpenuhi. Terlebih kita perlu memahami apa itu magnesium, mulai dari di mana kita bisa mendapatkannya hingga akibat kekurangan zat ini di dalam tubuh. Mineral ini bisa kamu peroleh baik melalui sumber makanan alami atau suplemen dengan pemakaian yang terjadwal.

 

Tekanan Darah Tinggi

Studi menggunakan sampel hewan menunjukkan bila kekurangan magnesium dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami peningkatan tekanan darah. Hal ini tidaklah baik karena berisiko memicu penyakit jantung. Beberapa studi lainnya juga menyimpulkan kalau defisiensi magnesium serta pola makan yang buruk dapat menaikkan tekanan darah. 

 

Detak Jantung Tidak Beraturan

Irama jantung yang tidak teratur atau aritmia jadi salah satu gejala serius dari kekurangan magnesium. Meski tergolong gejala sedang dalam kebanyakan kasus, aritmia dapat menyebabkan palpitasi di mana jantung dapat mengalami jeda di antara detaknya.

Banyak ilmuwan yang percaya bila kondisi terkait kekurangan magnesium turut berperan dalam kelainan pada organ inti ini. Beberapa pasien gagal jantung kongestif dan aritmia dilaporkan memiliki kadar magnesium yang sedikit dibandingkan orang-orang yang sehat. Pasien tersebut pun dapat mengalami peningkatan pada fungsi jantungnya setelah diberikan injeksi magnesium.

 

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Ingin tahu apakah makananmu sudah memenuhi gizi yang diperlukan tubuh? Unduh aplikasi Jovee dan dapatkan rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi personalmu. Jovee adalah pusat vitamin personal terlengkap yang menyediakan produk asli dan terbaik serta konsultasi nutrisionis gratis untuk kesehatanmu.

Penulis: Aileen Velishya

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021
suplemen kuku

Suplemen Kuku

Vitamin & Suplemen   15/10/2021

Suplemen Rambut

Vitamin & Suplemen   15/10/2021
Waktu_Terbaik_Minum_Vitamin_C

Cerdas Memilih Waktu Terbaik Minum Vitamin C

Vitamin & Suplemen   07/10/2021
Kekurangan_Vitamin_B

Waspadai Kekurangan Vitamin B Bagi Tubuh

Vitamin & Suplemen   30/09/2021