fbpx
BerandaKesehatan KulitMengenal Undertone Kulit: Jenis dan Cara Mengidentifikasinya

Saat ini produk-produk kecantikan begitu banyak beredar di pasaran. Rasanya hampir setiap hari kita dibanjiri informasi produk-produk kecantikan baru yang dipromosikan di media sosial. Apalagi dengan promosi yang dikemas sangat kreatif oleh para content creator, membuat kita serasa ingin memiliki semua produk-produk kecantikan yang ditawarkan. Namun, mungkin kamu pernah mengalami kejadian membeli produk kecantikan yang terlihat menarik saat dipromosikan, tapi ternyata tidak cocok dengan warna kulitmu saat digunakan. Jika hal ini terjadi, mungkin kamu perlu mengenal undertone kulit.

mengenal undertone kulit

Mengapa penting mengenal undertone kulit? Secara sederhana begini, saat mencari lipstik, bedak, atau foundation baru, biasanya kita akan tertarik pada warna shade-nya terlebih dahulu. Namun, ketika diaplikasikan ke kulit, kok nggak cocok ya? Meskipun sudah mencari warna shade yang paling mendekati, terkadang warna foundation terlihat abu-abu di kulit wajah atau beberapa warna lipstik membuat wajah malah terlihat kusam.

Masalah ini sebagian besar berkaitan dengan undertone kulit yang mengacu pada warna alami di bawah permukaan kulit kita. Mengenal undertone kulit adalah kunci menemukan palet warna yang terbaik untuk penampilanmu.

Tak perlu bingung, kali ini Jovee akan mengajakmu mengenal undertone kulit, undertone kulit apa aja, dan bagaimana cara mengetahui apa warna undertone kulitmu.

Mengenal Undertone Kulit: Jenis-jenis Undertone Kulit

Apa saja warna undertone kulit? Pada dasarnya ada tiga warna dasar undertone kulit, yaitu warm (hangat), cool (dingin), dan neutral (netral).

Warna undertone warm berkisar dari warna peach hingga kuning dan emas. Untuk warna undertone cool berkisar dari warna merah jambu hingga kebiruan. Sementara itu untuk warna undertone kulit neutral kira-kira sama dengan warna kulitmu yang sebenarnya.

Perlu diketahui, beberapa orang dengan undertone kulit yang warm juga memiliki kulit pucat.

Dalam hal mengenal undertone kulit, penting diperhatikan bahwa warna kulitmu tidak sama dengan undertone kulitmu, atau warna kulit tanpa polesan sebelum kamu memakai alas bedak atau riasan lainnya. Bahkan kulit paling cerah pun bisa memiliki undertone yang cool, dan kulit yang lebih gelap pun bisa memiliki undertone yang warm.

Inilah mengapa mencocokkan produk riasan dengan warna kulit bisa menjadi masalah saat memilih riasan karena biasanya produk tersebut tidak menyatu dengan warna alami yang ada tepat di bawah permukaan kulitmu.

Cara Mengetahui Jenis Undertone Kulitmu

Menentukan apa undertone kulitmu dapat dilakukan dengan mencoba salah satu tes yang kami uraikan di bawah ini.

Periksa warna pembuluh darahmu

Jika kamu dapat melihat pembuluh darahmu, kamu mungkin dapat menggunakan warnanya untuk mengidentifikasi apa warna undertone kulitmu.

Misalnya, jika pembuluh darahmu terlihat kehijauan, mungkin kamu memilki warna undertone yang warm. Orang dengan urat nadi berwarna biru atau keunguan biasanya memiliki warna undertone yang cool.

Jika kamu memiliki warna undertone yang neutral, pembuluh darahmu mungkin tampak tidak berwarna atau sama dengan warna kulitmu.

Menggunakan perhiasan

Banyak orang lebih tertarik pada perhiasan perak atau emas karena tampilannya saat dikenakan.

Jika kamu menyukai tampilan warna perhiasan emas kuning tradisional pada kulitmu, kemungkinan besar kamu memiliki warna undertone warm atau olive. Perak, platinum, dan rose gold cenderung memberikan warna dasar yang lebih dingin.

Kamu mungkin memiliki warna undertone kulit yang netral jika kamu cenderung terlihat bagus dalam balutan warna perak dan emas, dan lebih mendasarkan pilihan warnanya pada pada pakaian ketimbang warna kulitmu.

Kenakan sesuatu yang netral

Pakaian berwarna netral juga bisa membantumu mengenal undertone kulit.

Warna putih (white) cenderung cocok untuk warna undertone cool, sedangkan warna dasar warm terlihat lebih baik dalam warna broken white. Warna undertone yang warm juga cenderung melengkapi warna coklat, sedangkan warna undertone cool terlihat lebih baik dalam warna hitam.

Seperti halnya perhiasan, jika kamu memiliki warna undertone netral, kamu dapat mengenakan semua warna tanpa memengaruhi penampilan secara keseluruhan.

Melihat warna mata dan rambut

Meskipun mungkin kamu bereksperimen dengan berbagai warna rambut dan warna lensa kontak yang berbeda, warna mata dan rambut alamimu mungkin bisa memberikan gambaran tentang apa undertone kulitmu.

Warna-warna platinum dan abu cenderung cocok untuk warna undertone yang cool, sedangkan warna-warna mahoni dan emas biasanya terlihat lebih baik jika kamu memiliki undertone yang cenderung warm.

Ini semua adalah informasi penting jika kamu sedang memutuskan warna rambut atau lensa kontak yang baru.

Carilah warna pucat atau abu-abu

Jika kulitmu tampak lebih pucat atau abu-abu, maka kamu mungkin memiliki warna olive (zaitun) alami. Warna ini tidak umum seperti warna hangat, sejuk, atau netral, tetapi warna undertone olive merupakan kombinasi antara ketiganya.

Kulit dengan undertone olive memiliki undertone yang netral dan warm serta warna hijau. Jika kamu memiliki kulit olive, kamu mungkin menemukan bahwa warna tertentu di ketiga undertone tersebut cocok dengan kulitmu.

Mengenal undertone kulit dapat memberikan beberapa wawasan tentang apa yang paling cocok dengan warna kulit alamimu. Namun, preferensi pribadi tak kalah pentingnya daripada apa yang disarankan oleh bagan warna mana pun.

Jika kamu merasa bahagia dan percaya diri dengan warna yang dianggap di luar palet warnamu, tak masalah untuk berani keluar dari jalur. Pada akhirnya, kamu harus mengenakan apa pun yang membantumu merasa menjadi yang terbaik.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat laser hair removal

Keunggulan dan Manfaat Laser Hair Removal

Kesehatan Kulit   15/12/2023
serum untuk remaja

3 Rekomendasi Serum untuk Remaja

Kesehatan Kulit   09/12/2023
kandungan skincare untuk ibu hamil

Inilah Kandungan Skincare Untuk Ibu Hamil Yang Aman

Kesehatan Kulit   08/12/2023
masker alami untuk kulit berjerawat

Rawat Kulit dengan Masker Alami untuk Kulit Berjerawat

Kesehatan Kulit   05/12/2023
manfaat sirih merah

Serba-Serbi Manfaat Sirih Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Kulit   29/11/2023