fbpx
BerandaKesehatan LainnyaCara Cepat Hamil Setelah Menikah

Sebagian besar pasangan yang telah menikah mendambakan kehadiran buah hati di tengah-tengah kebahagiaan keluarga. Namun, setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda dan juga rezeki dari Tuhan yang punya waktu terbaiknya sehingga sebagai manusia kita hanya bisa berharap dan mengusahakan cara cepat hamil setelah menikah sebaik-baiknya.

cara cepat hamil setelah menikah

Setelah kamu dan pasangan membuat keputusan besar untuk memulai sebuah keluarga, maka sesegera itu pula kamu dan pasangan perlu mulai membuat perencanaan. Ada banyak hal yang lebih dari sekedar berhubungan seks di waktu yang tepat yang digadang-gadang sebagai cara cepat hamil setelah menikah. Misalnya, perlu untuk menciptakan lingkungan yang sempurna sehingga ketika sperma bertemu sel telur, embrio yang sehat dapat bertumbuh menjadi bayi yang kuat dan sehat.

Berikut ini Jovee merangkum tips cepat hamil setelah menikah untuk membantu kamu dan pasangan dalam perjalanan yang menyenangkan menjadi orangtua:

Cara Cepat Hamil Setelah Menikah

Meski bukanlah sebuah jaminan, tetapi jika kamu dan pasangan berupaya untuk menerapkan hal-hal di bawah ini, niscaya tubuh yang sehat akan memperbesar peluang kehamilan:

Berolahraga secara teratur

Jika kamu dan pasangan bertanya-tanya bagaimana cara agar mudah hamil setelah menikah, perawatan diri dengan mengelola gaya hidup sehat bisa sangat bermanfaat.

Bukan rahasia lagi bahwa tubuh seorang perempuan mengalami beberapa perubahan dan tantangan besar selama kehamilan dan persalinan, jadi pastikan untuk memulai perjalanan kehamilan dalam kondisi prima dengan mengambil langkah-langkah penting menuju gaya hidup sehat.

Pastikan untuk membangun kebiasaan olahraga yang sehat untuk mempersiapkan tubuh menghadapi kehamilan. Bahkan berjalan kaki singkat setiap hari sudah cukup untuk meningkatkan detak jantung dan berkontribusi pada kesehatan yang baik. Terlebih lagi, olahraga pranatal terbukti mendorong kehamilan yang lebih sehat, persalinan yang lebih singkat, dan persalinan yang lebih mudah.

Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan; beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga ekstrem dapat mengganggu ovulasi.

Mengelola berat badan yang sehat

Salah satu saran jika kamu ingin cara cepat hamil setelah menikah adalah dengan mengelola berat badan yang sehat sebelum pembuahan. Hal ini dapat membantu cara cepat hamil setelah menikah karena meningkatkan peluang untuk hamil dan mengurangi risiko komplikasi tertentu.

Obesitas dikaitkan dengan ovulasi yang tidak teratur dan dampak buruk dari metode pembuahan bantuan, seperti fertilisasi in vitro (IVF), sehingga pembuahan mungkin memerlukan waktu lebih lama jika indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih tinggi.

Makan makanan yang sehat

Saat mencoba untuk hamil, penting untuk mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang yang kaya akan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Makanan sehat membantu meningkatkan kadar progesteron (hormon kunci dalam menjaga kehamilan), mendukung ovulasi, dan mendorong implantasi dini, di mana ketiganya adalah faktor penting dalam kehamilan.

Mulailah mengonsumsi vitamin prenatal

Tidak ada kata terlalu dini untuk mulai mengonsumsi vitamin prenatal, terutama jika kamu sedang merencanakan kehamilan.

Di antara nutrisi penting lainnya, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, yang menurut banyak penelitian dan CDC sangat penting untuk perkembangan otak dan tulang belakang bayi. Selain itu, asam folat membantu mendorong ovulasi, mendorong pembuahan, dan mendukung kelangsungan hidup embrio sejak dini.

Dokter kandungan dapat meresepkan vitamin prenatal atau menawarkan rekomendasi untuk beberapa pilihan obat bebas yang bagus. Makanan seperti stroberi, bayam, kacang-kacangan, dan jus jeruk juga secara alami kaya akan folat.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan

Jadwalkan pemeriksaan prakonsepsi. Dokter kandungan dapat memeriksa kondisi kesehatanmu dan pasangan secara keseluruhan dan menyarankan perubahan gaya hidup yang diperlukan untuk membantumu agar cepat hamil.

Pastikan untuk mendiskusikan kondisi apa pun yang sudah ada sebelumnya yang mungkin memengaruhi kehamilan dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Kamu dan pasanganjuga dapat menelusuri riwayat keluarga untuk memutuskan apakah pemeriksaan genetik disarankan.

Periksakan kesehatan gigi

Pergi ke dokter gigi mungkin bukan prioritas utama saat seseorang merencanakan kehamilan, tetapi faktanya memeriksakan kesehatan gigi sebelum hamil sangatlah penting. Menurut CDC, penyakit gusi selama kehamilan dikaitkan dengan berat badan lahir rendah dan kelahiran prematur. Tidak hanya itu, kehamilan terkenal berdampak buruk pada gigi dan gusi. Dokter gigi dapat memastikan kebersihan mulut dalam keadaan baik sebelum kamu hamil.

Meminimalisir stres

Ingin tahu cara cepat hamil setelah menikah? Kuncinya mungkin adalah meminimalisir stres. Meskipun penelitiannya beragam, banyak penelitian menemukan hubungan antara stres dan infertilitas.

Tentu saja, ini bisa menjadi lingkaran setan—jika kamu dan pasangan mengalami kesulitan untuk hamil, kamu dan pasangan mungkin akan merasa semakin tegang. Meski sulit, temukan aktivitas menenangkan yang membuat kamu dan pasangan tetap tenang dan bahagia.

Menjaga kesehatan mental adalah bentuk perawatan diri yang penting ketika mencoba untuk hamil. Jika kamu dan pasangan mengalami kesulitan, jangan ragu untuk mencari bantuan.

Pelajari kapan ovulasi terjadi

Saat mencoba untuk hamil, ada baiknya untuk memahami dasar-dasar cara kerja ovulasi dan kapan terjadinya.

Ada kesalahpahaman umum bahwa ovulasi selalu terjadi pada hari ke-14 setelah menstruasi dimulai. Padahal itu hanya terjadi jika siklus menstruasimu konsisten dan berlangsung selama 28 hari.

Siklus setiap orang berbeda-beda. Siklus rata-rata berkisar antara 24 hingga 35 hari, dan variasinya tidak lebih dari tiga hingga empat hari pada bulan tertentu.

Bergantung pada berapa lama siklusmu, ovulasi sebenarnya dapat terjadi antara 11 hingga 21 hari setelah hari pertama menstruasi terakhir (atau bahkan lebih awal atau lebih lambat, jika kamu memiliki siklus pendek atau panjang).

Meskipun waktu ovulasi bergantung pada siklus unikmu, setidaknya salah satu cara cepat hamil setelah menikah adalah dengan mendapatkan menstruasi 12 hingga 14 hari setelah ovulasi.

Demikianlah beberapa cara cepat hamil setelah menikah yang dapat diterapkan. Perlu dingat, semua cara cepat hamil setelah menikah mungkin memerlukan waktu dan kesabaran. Beberapa pasangan akan langsung sukses, sementara yang lain akan menempuh perjalanan panjang.

Hal terpenting yang dapat kamu dan pasangan lakukan saat ini adalah mengendalikan kesehatan fisik dan mental, sehingga kamu dan pasangan dapat merasa yakin, saling menguatkan, dan saling menyemangati saat memulai program kehamilanini. Bersikaplah proaktif sekarang—lalu lakukan selangkah demi selangkah bersama-sama.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hatha yoga untuk kecantikan

Manfaat Hatha Yoga untuk Kecantikan dan Kesehatan Perempuan

Kesehatan Lainnya   18/12/2023

Penyebab Menguap dan Fakta-fakta yang Menarik Diketahui

Kesehatan Lainnya   11/12/2023
manfaat daun binahong merah untuk wajah

Mengenal Manfaat Daun Binahong Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/11/2023
efek bleaching rambut

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Efek Bleaching Rambut

Kesehatan Lainnya   26/11/2023
cara mempercantik kuku

Tips dan Cara Mempercantik Kuku Tanpa Perlu ke Salon

Kesehatan Lainnya   09/11/2023