fbpx
Beranda › Kesehatan Lainnya › Hindari Obat Pilek Bayi, Lakukan 5 Hal Ini Saat Bayi Flu

Banyak Ibu yang merasa panik ketika buah hatinya sedang terkena flu. Tidak jarang dari mereka yang langsung membeli sendiri obat pilek bayi di apotek tanpa menggunakan resep dari dokter. Padahal, hal tersebut tidak selalu menjamin kesehatan bayi ibu dan bahkan sebenarnya ibu tidak perlu terlalu panik bila bayi terkena flu ringan. Sebaliknya, ibu bisa melakukan perawatan mandiri untuk meredakan flu pada bayi.

obat-pilek-bayi

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Ibu ketika Bayi Pilek?

Sebelum memberikan obat flu kepada bayi, ada baiknya bagi ibu untuk terlebih dahulu memberikan pertolongan pertama. Beberapa tindakan berikut ini dapat dilakukan orang tua apabila si kecil sedang mengidap pilek atau flu:

1. Meredakan Demam pada Bayi

Apabila bayi ibu yang baru menginjak usia 3 bulan atau kurang sedang mengalami demam, sebaiknya segera menghubungi dokter. Jangan langsung memberikan obat tanpa resep dokter karena dosis dan kandungannya bisa jadi membahayakan bayi yang masih begitu rentan. Hindari membeli obat penurun panas yang dijual bebas di apotek. Sebab, ibu tidak mengetahui secara pasti dosis yang tepat untuk usia bayi di bawah 3 bulan.

2. Berikan ASI atau Air Putih yang Cukup untuk Menghindari Dehidrasi

Saat buah hati mengidap flu, penting baginya untuk menjaga asupan cairan di dalam tubuhnya. Ibu harus rajin memberikan minum kepada bayi meskipun bayi terus menolak. Sebab, kekurangan cairan bisa semakin memperparah kondisi kesehatan bayi. Kebutuhan cairan sangatlah penting supaya mencegah terjadinya dehidrasi pada bayi. Apabila bayi menolak untuk minum air putih, ibu bisa memberikan jus bagi bayi di atas 6 bulan.

3. Berikan Kenyamanan pada Bayi

Saat flu dan pilek, bayi akan sulit bernafas sehingga ia sering kali menangis karena merasa begitu tidak nyaman. Ibu bisa membuat si kecil merasa nyaman dengan meletakkan dia dalam posisi tidur dengan kepala sedikit lebih terangkat. Untuk mempermudah menaruhnya dalam posisi tersebut, ibu dapat menempatkan handuk lembut sebagai bantalan untuk kepala si kecil.

Selain itu, ibu juga bisa menyetel musik sambil memijat bayi ibu dengan lembut agar ia merasa lebih tenang. Rasa nyaman dari memijatnya dapat membuat si kecil beristirahat dengan baik. Hal ini akan membantu proses penyembuhan flunya agar jadi lebih cepat.

4. Hilangkan Hidung Tersumbat Akibat Pilek

Obat pilek bayi dapat diberikan apabila kondisi buah hati tidak kunjung mereda setelah usaha ibu dalam melakukan perawatan pertama. Namun, ada cara yang lebih cepat untuk meredakan hidung bayi yang tersumbat akibat pilek. Ibu dapat menggunakan alat semprotan hidung atau aspirator hidung untuk mengurangi hidung tersumbat pada bayi. Namun, pastikan penggunaan alat tersebut dibarengi dengan konsultasi dan izin dari dokter.

5. Jaga Kualitas Udara Tetap Bersih

Ibu dapat menggunakan pelembab ruangan atau disebut sebagai humidifier. Alat ini digunakan untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. Kualitas udara yang baik dapat membantu bayi merasa nyaman serta membuatnya beristirahat dengan lebih tenang.

Selain itu, humidifier juga dapat memberikan kualitas udara yang lebih baik. Udara yang baik sangat bagus untuk pernafasan si kecil. Hindari merokok di ruangan yang sama dengan bayi karena asap rokok sangat berbahaya bagi pernafasannya dan kesehatan tubuhnya secara keseluruhan.

Hindari Memberikan Obat Sembarangan pada Bayi

Saat bayi mengalami flu, hidungnya akan tersumbat dan membuatnya menjadi tidak nyaman. Jika ibu merasa kebingungan saat bayi sedang flu, sebaiknya ibu segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Hindari memberikan sembarang obat pilek bayi karena dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan jika tidak sesuai dosis.

Bayi berusia di bawah 6 bulan memiliki sistem daya tahan tubuh yang masih rentan sehingga perlu kewaspadaan dalam pemberian obat-obatan. Pemberian obat tanpa pengawasan dan tanpa resep dokter dapat berisiko pada kesehatan buah hati.

Selain mengandalkan obat-obatan, Anda dapat berikan suplemen untuk daya tahan tubuh pada anak untuk redakan gejala pilek. Salah satu suplemen yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak usia 1 hingga 12 tahun adalah Gizidat (Rp68.000) yang mengandung ekstrak ikan sidat dan madu, sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahagia dan Sehat Bareng Jovee

Temukan vitamin terlengkap dari A ke Z(inc) serta konsultasi nutrisionis gratis hanya di Jovee. Dapatkan pula rekomendasi suplemen yang paling cocok denganmu lewat aplikasi Jovee. Unduh sekarang di Play Store atau App Store!

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hatha yoga untuk kecantikan

Manfaat Hatha Yoga untuk Kecantikan dan Kesehatan Perempuan

Kesehatan Lainnya   18/12/2023
cara cepat hamil setelah menikah

Cara Cepat Hamil Setelah Menikah

Kesehatan Lainnya   14/12/2023

Penyebab Menguap dan Fakta-fakta yang Menarik Diketahui

Kesehatan Lainnya   11/12/2023
manfaat daun binahong merah untuk wajah

Mengenal Manfaat Daun Binahong Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/11/2023
efek bleaching rambut

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Efek Bleaching Rambut

Kesehatan Lainnya   26/11/2023