fbpx
Beranda › Kesehatan Kulit › Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat?

Jerawat adalah masalah kulit yang cukup mengganggu. Bukan hanya menurunkan rasa percaya diri karena mengganggu penampilan, jerawat juga menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Karena itulah, mereka yang menderita jerawat mencari berbagai cara pengobatan, baik itu menggunakan skincare buatan pabrik, yang diresepkan dokter, atau pun perawatan alami. Salah satu bahan alami yang sering ditanyakan adalah apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat?

apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat

Jerawat muncul ketika minyak menumpuk di kulit. Tetapi uniknya, bagi mereka yang berjerawat, membersihkan wajah dengan metode oil-cleansing justru dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat. Konsep dasarnya adalah pembersih berbahan minyak dapat melarutkan minyak yang menumpuk dan mengeras akibat debu dan kotoran pada wajah.

Minyak zaitun adalah salah satu minyak alami yang banyak digunakan dalam berbagai produk skincare. Apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat dan bekas jerawat? Kali ini Jovee merangkum informasi seputar manfaat minyak zaitun untuk perawatan kulit berjerawat dalam artikel berikut ini:

Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat?

Jika ditanya apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat, hingga kini sebetulnya masih belum ada uji klinis acak yang besar yang menguji metode oil cleansing menggunakan minyak zaitun ini. Namun, minyak zaitun memang telah digunakan pada kulit selama berabad-abad lamanya.

Sebuah penelitian kecil dilakukan pada hewan dan manusia yang mengamati efek minyak zaitun atau komponen dalam minyak zaitun pada kulit secara umum. Hasilnya pun ternyata beragam.

Sebuah studi menemukan bahwa zat dalam minyak zaitun yang disebut asam oleat menyebabkan jerawat. Studi ini juga menemukan bahwa minyak zaitun kemungkinan menyebabkan iritasi ringan pada penderita eksim (dermatitis atopik), kelainan umum yang menyebabkan kulit gatal dan meradang.

Namun, penelitian yang lain menemukan bahwa metode oil cleansing baik untuk kulit kering dan kulit yang menua. Tetapi apakah minyak zaitun bisa menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam, masih belum ada penelitian yang benar-benar mendukung hasil ini.

Metode membersihkan jerawat dan bekas jerawat dengan minyak zaitun mungkin akan lebih menantang dilakukan. Pasalnya, penyebab jerawat seringkali multifaktor sehingga tidak selalu bisa diatasi hanya dengan satu produk atau satu bahan saja. Apa yang mungkin berhasil pada seseorang, belum tentu berhasil pada orang lain. Begitu pula dengan apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat, masih belum dapat dipastikan.

Metode Membersihkan Wajah dengan Minyak Zaitun

Jika kamu ingin mencoba membersihkan wajah dengan minyak zaitun, caranya cukup mudah.

  • Siapkan minyak zaitun murni.
  • Tuangkan ke telapak tangan, lalu oleskan ke seluruh wajah.
  • Pijat-pijat kulit dengan lembut selama beberapa menit.
  • Diamkan selama kurang lebih satu menit.
  • Celupkan waslap ke dalam air hangat suam-suam kuku untuk melarutkan minyak.
  • Usapkan waslap ke wajah dan diamkan selama 15 detik.
  • Perlahan, usap minyak dari wajah hingga bersih.

Sebelum melakukan perawatan wajah menggunakan minyak zaitun ini, pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap minyak zaitun ya. Cobalah sedikit di bagian bawah leher atau belakang telinga untuk mengujinya. Jika ada reaksi alergi, segera hentikan penggunaan minyak zaitun.

Jika tidak ada reaksi alergi, kamu bisa melanjutkan perawatan menggunakan minyak zaitun ini. Kamu bisa melakukannya secara teratur, tetapi tidak lebih dari sekali sehari dan maksimal 3 kali seminggu.

Pada umumnya, minyak zaitun aman digunakan ke kulit. Untuk perawatan kulit wajah, sebaiknya pilih minyak zaitun murni yang belum diberi tambahan apapun. Bedakan antara minyak zaitun murni, minyak zaitun untuk memasak, dan minyak zaitun untuk pijat ya, karena biasanya minyak zaitun selain yang murni telah diberi tambahan bahan lain yang dapat memicu iritasi pada kulit wajah yang sensitif.

Bagi sebagian orang, minyak zaitun mungkin berhasil membuat kulit menjadi lebih sehat. Tetapi bagi sebagian yang lain, mungkin justru membuat kondisi kulit makin buruk.

Untuk melihat apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, kamu bisa mencoba menggunakannya selama 1-2 minggu untuk melihat hasilnya. Apabila tidak ada perbaikan kondisi kulit setelah mempraktikkan perawatan ini, saatnya untuk mencoba yang lain atau konsultasikan dengan dokter kulit agar mendapatkan obat-obatan dan perawatan yang tepat untuk mengobati jerawat yang kamu alami.

Demikianlah informasi seputar apakah minyak zaitun bisa menghilangkan jerawat. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat laser hair removal

Keunggulan dan Manfaat Laser Hair Removal

Kesehatan Kulit   15/12/2023
mengenal undertone kulit

Mengenal Undertone Kulit: Jenis dan Cara Mengidentifikasinya

Kesehatan Kulit   13/12/2023
serum untuk remaja

3 Rekomendasi Serum untuk Remaja

Kesehatan Kulit   09/12/2023
kandungan skincare untuk ibu hamil

Inilah Kandungan Skincare Untuk Ibu Hamil Yang Aman

Kesehatan Kulit   08/12/2023
masker alami untuk kulit berjerawat

Rawat Kulit dengan Masker Alami untuk Kulit Berjerawat

Kesehatan Kulit   05/12/2023