Inilah 12 Suplemen Anti-Aging Terbaik

oleh | Jul 7, 2020 | Vitamin | 0 Komentar

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Penuaan didefinisikan sebagai kemunduran fungsi fisiologis yang berkaitan dengan waktu yang diperlukan untuk kelangsungan hidup dan kesuburan seseorang. Hal inilah yang seringkali ingin diperlambat sebagian besar orang.

Beberapa penyebab utama penuaan adalah akumulasi kerusakan seluler yang disebabkan oleh molekul reaktif yang disebut radikal bebas dan pemendekan telomer, suatu struktur ujung kromosom yang berperan penting dalam pembelahan sel.

Penuaan tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia. Namun, fokus penelitian ilmiah beberapa dekade terakhir tengah memfokuskan untuk memperlambat proses penuaan ini. Pada penelitian tersebut, para ilmuwan mengidentifikasi sejumlah besar zat yang memiliki sifat anti penuaan, dimana  Anda bisa diperoleh dalam bentuk suplemen.

Berikut ini adalah 12 jenis suplemen anti-aging terbaik.

1 Kurkumin

Senyawa aktif utama dalam kunyit ini telah terbukti memiliki sifat anti penuaan yang kuat dan dikaitkan dengan potensi antioksidannya. Penuaan terjadi ketika sel berhenti membelah. Seiring bertambahnya usia, sel-sel tua menumpuk. Inilah yang diyakini mempercepat penuaan dan berkembangnya penyakit.

Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mampu mengaktifkan protein tertentu, termasuk sirtuins dan AMPK yang bertugas untuk menunda penuaan sel serta meningkatkan umur panjang. Selain itu, kurkumin juga terbukti mengatasi kerusakan sel, meningkatkan umur lalat buah, cacing gelang, dan tikus, serta menunda penyakit dan meringankan gejala yang berkaitan dengan usia.

2 EGCG

Epigallocatechin gallate (EGCG) merupakan senyawa polifenol terkenal yang terdapat pada teh hijau. Zat ini menawarkan manfaat kesehatan yang melimpah, seperti mengurangi risiko kanker tertentu dan penyakit jantung. Selain itu, EGCG juga mampu meningkatkan umur panjang dan melindungi diri dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan usia.

EGCG dapat memperlambat penuaan dengan mengembalikan fungsi mitokondria dalam sel dan bertindak pada jalur yang terlibat dalam penuaan. EGCG menginduksi autofagus, dimana tubuh menghilangkan bahan seluler yang rusak. Zat ini dapat dikonsumsi dengan minum teh hijau atau suplemen terkonsentrasi. Asupan teh hijau dikaitkan dengan penurunan risiko semua penyebab kematian.

3 Kolagen 

Kolagen merupakan suplemen makanan populer yang mampu mencegah penuaan pada kulit dengan cara meningkatkan kadar kolagen di kulit Anda.

Kolagen merupakan komponen dari kulit yang membantu menjaga struktur kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen melambat. Inilah yang menyebabkan hilangnya kolagen pada kulit dan meningkatkan tanda-tanda penuaan seperti keriput. Hasil penelitian pun membuktikan bahwa suplemen kolagen mampu mengurangi tanda-tanda penuaan termasuk keriput dan kulit kering. Ada banyak jenis suplemen kolagen yang ada dipasaran, berupa bubuk dan kering.

4 CoQ10

Koenzim Q10 (CoQ10) merupakan salah satu antioksidan yang diproduksi oleh tubuh. Zat ini memiliki peran penting dalam memproduksi energi dan mencegah kerusakan sel. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat koenzim Q10 akan berkurang seiring bertambahnya usia dan memengaruhi aspek kesehatan tertentu pada orang yang lebih tua.

Suplemen CoQ10 membantu mengurangi stress oksidatif, suatu kondisi yang ditandai dengan akumulasi radikal bebas dan molekul reaktif lain yang mempercepat penuaan maupun penyakit yang berkaitan dengan usia. Sebelum menggunakan suplemen ini, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan pakar kesehatan karena masih perlu banyak bukti untuk meyakinkannya.

5 Nicotinamide riboside (NR) dan Nicotinamide mononucleotide (NMN)

NR dan NMN merupakan prekursor untuk Nicotinamide Adenine Dinukleotida (NAD+). NAD+ merupakan senyawa yang ditemukan pada setiap sel dalam tubuh dan terlibat dalam banyak proses penting, seperti metabolisme energi, perbaikan DNA, dan ekspresi gen.

Tingkat NAD+ dalam tubuh akan berkurang seiring bertambahnya usia. Penurunan ini diperkirakan terkait dengan percepatan penurunan fisik dan timbulnya penyakit seperti Alzheimer. 

Sejumlah penelitian pada hewan menunjukkan hasil yang positif terkait suplementasi NR dan NMN. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia sebelum menyimpulkan efek anti-aging NR dan NMN dibuat.

6 Crocin

Crocin merupakan pigmen yang ditemukan pada kunyit. Zat ini dapat mencegah kerusakan sel dan mengurangi peradangan, dimana kedua faktor tersebut berpengaruh dalam memperpanjang usia dan mengurangi penurunan mental.

7 Theanine

L-theanine merupakan asam amino yang terdapat pada teh tertentu, termasuk teh hijau. Zat ini dapat melindungi tubuh dari penurunan mental dan terbukti memperpanjang usia cacing gelang sekitar 5%,

8 Rhodiola

Tanaman obat Rhodiola memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-aging yang kuat. Studi pada lalat buah menunjukkan peningkatan 17% masa hidupnya.

9 Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Penelitian dalam tabung dan hewan pengerat yang dilengkapi dengan bohlam mampu mencegah penuaan kulit dan keriput akibat sinar UV.

10 Astragalus

Ramuan penurun stress dalam pengobatan tradisional Tiongkok ini mampu memerangi penuaan dengan mengurangi stres oksidatif, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah kerusakan sel.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
10 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit
Apakah Vitamin C Dapat Mengobati Jerawat?
Kapan Waktu yang Tepat Untuk Minum Air Putih?
Memiliki Jerawat Meradang? Ini Cara Tepat Menghilangkannya
Niacinamide (Vitamin B3): Idola Baru Para Kaum Hawa
Mengenal Biotin: Pengertian, Manfaat, dan Perannya

11 Fisetin 

Fisetin merupakan senyawa flavonoid yang dianggap sebagai senoterapi yang berarti mampu membunuh sel-sel tua.

12 Resveratrol

Zat ini merupakan polifenol dalam anggur, beri, kacang tanah, dan anggur merah yang dapat memperpanjang usia dengan mengaktifkan gen sirtuins.

Itulah beberapa vitamin yang bermanfaat untuk anti aging. Meskipun hasilnya menjanjikan, namun masih perlu penelitian lebih lanjut pada manusia untuk memastikan manfaat suplemen tersebut terhadap usia. Disamping itu, untuk membantu memperlambat penuaan, harus diimbangi dengan konsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan mengurangi stress.

Ingin mengetahui info kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional