fbpx
BerandaKesehatan LainnyaBaik untuk Relaksasi, Ketahui 6 Manfaat Singing Bowl Ini

Sempat viral, singing bowl ramai dibicarakan setelah digunakan dalam upacara pawang hujan di ajang MotoGP Mandalika. Instrumen berbentuk mangkuk ini akan menghasilkan suara dan getaran ketika dipukul atau dilingkari menggunakan palu. Terlepas dari penggunaannya dalam upacara pawang hujan, singing bowl diyakini juga punya banyak manfaat bagi kesehatan lho, Jovians. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

manfaat-singing-bowl

Apa itu singing bowl?

Dilansir dari Very Well Mind, singing bowl merupakan sejenis lonceng yang bergetar dan menghasilkan nada dalam saat dimainkan. Dikenal juga dengan mangkuk Himalaya, singing bowl dikatakan dapat meningkatkan relaksasi dan memberikan khasiat penyembuhan yang kuat.

Sejak dulu, singing bowl telah digunakan oleh para biksu Buddha untuk latihan meditasi. Selain itu, beberapa praktisi kesehatan seperti terapis musik, terapis pijat, dan terapis yoga juga sering menggunakan singing bowl dalam rangkaian perawatan kesehatan yang dilakukan.

Belum ada bukti pasti yang menunjukkan asal-usul dari mangkuk istimewa ini, meski muncul beberapa bukti yang menunjukkan bahwa singing bowl mungkin berasal dari daratan Cina sekitar abad ke-16 SM. Singing bowl tradisional awalnya terbuat dari berbagai logam, termasuk perak, besi, emas, dan tembaga.

Manfaat singing bowl bagi kesehatan

Belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk membuktikan manfaat singing bowl berikut ini, karena manfaat singing bowl lebih banyak terkait dengan praktik terapi suara kuno.

Namun, beberapa teori berbeda dapat menjelaskan mengapa singing bowl mungkin dapat bermanfaat bagi kesehatan. Teori-teori tersebut di antaranya:

  • Getaran yang dihasilkan singing bowl dapat mempengaruhi pikiran dan tubuh
  • Suara yang dihasilkan singing bowl dapat memengaruhi gelombang otak untuk menginduksi relaksasi
  • Suara dan getaran yang dihasilkan singing bowl menyebabkan efek dan manfaat psikologis yang sama seperti mendengarkan musik

Berdasarkan teori-teori tersebut, diyakini sejumlah manfaat ini bisa didapatkan dari terapi suara singing bowl, yang dilansir dari Very Well Mind.

1. Menghilangkan stres

Penggunaan singing bowl diyakini dapat digunakan sebagai cara untuk meningkatkan relaksasi dan mengurangi perasaan cemas.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Fungsi singing bowl yang dikaitkan dengan penurunan kecemasan dan ketegangan, mungkin membantu pula untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung hal ini.

3. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Health Promotion di tahun 2014 meneliti manfaat sesi relaksasi dengan singing bowl selama 12 menit, yang menunjukkan penurunan tekanan darah yang signifikan dibandingkan dengan sebelum sesi.

4. Mengurangi depresi

Satu studi mengaitkan terapi singing bowl dengan perbaikan suasana hati, sehingga menyarankan pendekatan ini untuk membantu mengurangi gejala depresi.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Beberapa juga mengklaim bahwa singing bowl dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

6. Pereda nyeri

Meski manfaat singing bowl yang satu ini bisa saja merupakan efek plasebo, terapi singing bowl mungkin mengalami penurunan intensitas nyeri serta penurunan stres dari gelombang yang dihasilkan.

Efek samping terapi singing bowl

Perawatan kesehatan apa pun, tentunya punya efek sampingnya masing-masing. Tidak banyak penelitian tentang potensi efek samping atau risiko penggunaan singing bowl, tapi sebagian besar jenis terapi alternatif dan terapi suara memang menimbulkan beberapa risiko potensial.

Dilansir dari Healthline, sejumlah potensi efek samping yang dapat muncul adalah.

Efek plasebo

Terapi suara singing bowl sebaiknya hanya digunakan sebagai terapi pelengkap, bukan sebagai terapi utama untuk menyembuhkan penyakit yang kamu miliki. Kurangnya bukti ilmiah dalam manfaat singing bowl untuk membantu menyembuhkan sejumlah penyakit tertentu, seperti menurunkan tekanan darah bisa menimbulkan efek plasebo di mana kamu merasa singing bowl efektif padahal tidak ada perbedaan yang terjadi.

Jika kamu ingin mengobati penyakit, lebih baik konsultasi dengan dokter mengenai terapi yang ingin kamu coba lakukan, termasuk terapi suara singing bowl.

Sakit kepala

Seperti kebanyakan benda yang menghasilkan suara, singing bowl bisa menyebabkan sakit kepala jika sumber suara berada terlalu dekat, terlalu sering menggunakan singing bowl, atau kamu orang yang rentan terhadap sakit kepala.

Sementara itu terdapat sejumlah golongan yang tidak disarankan untuk melakukan terapi suara ini.

  • Orang yang alergi terhadap jenis logam tertentu
  • Wanita hamil
  • Penderita epilepsi. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, musik dan getaran dapat menyebabkan kejang.

Itulah penjelasan lengkap mengenai singing bowl dan manfaatnya bagi kesehatan. Meski singing bowl digunakan sebagai terapi alternatif, tetap diskusikan masalah kesehatanmu terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat.

Simak informasi kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin & suplemen terlengkap personalmu. Dapatkan juga rekomendasi vitamin personal harian dengan mengunduh aplikasi Jovee yang tersedia di PlayStore dan AppStore.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hernia-pada-anak

Mengenal Gejala dan Penyebab Hernia pada Anak

Kesehatan Lainnya   08/12/2022
hernia-pada-wanita

Hernia pada Wanita: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Kesehatan Lainnya   07/12/2022
cara-merawat-rambut

6 Cara Merawat Rambut Setelah Keratin Treatment

Kesehatan Lainnya   25/11/2022
propylene-glycol-adalah

Propylene Glycol: Kegunaan dan Efek Samping

Kesehatan Lainnya   10/11/2022
vaksin-cacar-monyet

Mengenal Vaksin Cacar Monyet, JYNNEOS dan ACAM2000

Kesehatan Lainnya   04/11/2022