fbpx
BerandaKesehatan Lainnya5 Tips Menghilangkan Jamur Kulit Secara Alami

Kulit jamuran biasanya menimbulkan bercak putih yang terasa gatal dan mengganggu. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, baik pria, wanita, orang tua, hingga balita sekalipun. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan kulit berjamur, seperti menggunakan handuk bersama, kondisi kulit yang lembab, dan kebersihan tubuh yang kurang baik.

cara-menghilangkan-jamur-kulit

Infeksi jamur ringan pada kulit umumnya bukanlah hal yang berbahaya, hanya saja gejala ruam yang timbul bisa membuat kamu tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Berikut ini Jovee akan menjelaskan mengenai penyebab kulit berjamur hingga cara mengatasinya. Yuk, simak selengkapnya!

Penyebab Munculnya Jamur Kulit

Jamur kulit merupakan infeksi kulit yang paling sering dijumpai, yang ditandai dengan munculnya ruam gatal yang bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ada berbagai penyebab dari kondisi ini, tergantung pada jenis infeksi yang terjadi. Candida, Dermatophyta, dan Malassezia adalah jenis jamur yang paling sering menginfeksi kulit manusia. Berikut ini adalah penyebab jamur kulit berdasarkan jenisnya.

1. Kurap (tinea corporis)

Tinea corporis atau kurap disebabkan oleh infeksi jamur jenis Dermatophyta, yang biasanya muncul di area lengan, kaki, dan leher. Jamur kulit jenis ini adalah yang paling sering dijumpai dan sangat menular, hanya saja tidak berbahaya.

Gejala yang muncul bisa berupa ruam di kulit yang berbentuk lingkaran seperti cincin, kemerahan, dan terasa gatal. Gejala yang muncul juga bervariasi, tergantung pada lokasi infeksi jamur berada.

2. Panu (tinea versicolor)

Apakah kamu pernah alami panu di kulit? Panu disebabkan oleh infeksi jamur tipe Malassezia. Jamur tipe ini sebenarnya hidup secara alami di kulit, akan tetapi jamur ini dapat berkembang dengan cepat di cuaca lembab dan panas, kulit berminyak, imun yang lemah, hingga efek dari perubahan hormon.

Gejala yang timbul berupa bercak putih di kulit yang terasa kering dan gatal. Panu yang terjadi pada orang dengan kulit gelap juga menimbulkan hipopigmentasi.

3. Kandidiasis kulit

Kandidiasis kulit disebabkan oleh infeksi jamur Candida. Sama seperti Malassezia, tipe jamur ini secara alami terdapat di kulit dalam jumlah yang normal.

Infeksi jamur ini muncul di area kulit yang hangat, lembab, dan berventilasi buruk. Sejumlah area tubuh yang sering terinfeksi jamur jenis ini adalah area bawah payudara dan lipatan bokong, seperti ruam popok. Gejala yang timbul yakni munculnya ruam atau pustula merah yang terasa gatal.

4. Infeksi Jamur Kuku

Infeksi jamur yang menyerang kulit di bagian kuku ini bisa terjadi akibat penggunaan alat manikur atau pedikur salon yang tidak disterilkan setelah digunakan pada orang lain.

Oleh sebab itulah, infeksi jamur ini lebih sering menyerang wanita daripada pria. Gejala yang paling sering muncul dari infeksi jamur ini adalah munculnya bau tidak sedap, kuku yang rapuh atau menebal, hingga kuku terdistorsi yang mungkin lepas dari dasar kuku

Cara menghilangkan jamur kulit secara alami

Cara paling efektif untuk menghilangkan jamur kulit adalah dengan obat-obatan anti jamur, seperti obat topikal dalam bentuk salep atau krim. Meski begitu, ada juga beberapa cara menghilangkan jamur kulit secara alami yang bisa kamu coba lakukan.

1. Bawang putih

Sering digunakan untuk mengobati infeksi, bawang putih bisa jadi cara menghilangkan jamur di kulit secara alami lho, Jovians. Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan bawang putih efektif mengatasi kurap, bawang putih terbukti efektif untuk jenis jamur lain, termasuk Candida, Torulopsis, Trichophyton, dan Cryptococcus.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu cukup membuat pasta dari bawang putih dan mencampurkannya degan sedikit minyak zaitun atau kelapa. Oleskan tipis pada kulit yang berjamur, lalu tutup dengan kain kasa selama kurang lebih 2 jam sebelum dibilas. Ulangi dua kali sehari sampai gejala berkurang atau hilang.

2. Cuka Apel

Cuka apel ditemukan memiliki kandungan anti jamur yang membantu melawan infeksi jamur Candida, dan juga jenis jamur lainnya.

Untuk mengatasi jamur kulit dengan cuka apel, cukup usapkan cuka apel pada kulit yang terinfeksi dengan kapas. Ulangi hingga tiga kali sehari.

3. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung enam agen antiseptik yang menurut penelitian berperan sebagai antijamur, antibakteri, dan antivirus.

Oleskan gel lidah buaya pada kulit yang berjamur tiga atau empat kali sehari. Efek dingin dari gel lidah buaya ini juga bermanfaat untuk menenangkan kulit yang gatal dan bengkak.

4. Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang populer berkat sifat antiinflamasi yang dimilikinya. Curcumin yang terkandung di dalam kunyit terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk sebagai antimikroba.

Kamu bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen seperti Sido Muncul Sari Kunyit (Rp68.000), atau mencampurkan kunyit sebagai bahan makanan untuk rasakan manfaatnya. Untuk aplikasi topikal, kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan minyak kelapa hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada bagian kulit yang berjamur.

5. Minyak kelapa

Asam lemak tertentu yang ada di dalam minyak kelapa ditemukan dapat membunuh sel jamur dengan merusak membran selnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa mungkin merupakan obat yang efektif untuk mengatasi infeksi kulit ringan hingga sedang.

Oleskan minyak kelapa cair pada kulit berjamur tiga kali sehari. Mengoleskan minyak kelapa tak hanya jadi cara menghilangkan jamur di kulit, tetapi juga untuk melembabkan kulit sehingga bisa untuk mencegah infeksi jamur.

Itulah sejumlah cara menghilangkan jamur di kulit yang bisa kamu lakukan. Untuk mencegah munculnya jamur kulit, jaga kebersihan dan terapkan pola hidup sehat. Baca artikel mengenai kesehatan di Jovee untuk dapatkan tips seputar kesehatan kulit.

Unduh aplikasinya untuk dapatkan rekomendasi suplemen harian personalmu. Sebagai pusat vitamin & suplemen terlengkap, temukan berbagai vitamin mulai dari A hingga Z(inc) hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

pakai-koyo-saat-hamil

Bolehkah Pakai Koyo Saat Hamil?

Kesehatan Lainnya   29/08/2022
ciri-ciri-jerawat-akan-sembuh

Seperti Apa Ciri-ciri Jerawat Akan Sembuh?

Kesehatan Lainnya   26/08/2022
sakit-kepala-di-bagian-belakang

Sakit Kepala Bagian Belakang: Penyebab & Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   24/08/2022
mimisan-saat-hamil

Sering Mimisan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   23/08/2022
toxic-relationship-adalah

Kenali Penyebab Utama dan Cara Penularan HIV/AIDS

Kesehatan Lainnya   22/08/2022