fbpx
BerandaMakanan SehatBerbagai Manfaat dan Efek Samping Dari Teh, Apakah Bisa Untuk Diet?

Teh diet adalah minuman yang terbuat dari daun teh hijau tanpa campuran gula. Akhir-akhir ini teh diet menjadi cukup populer, karena banyaknya manfaat yang terkandung di dalamnya. Sudah banyak orang yang merasakan manfaat teh diet. Kebanyakan orang mengkonsumsi teh diet untuk menurunkan berat badan. Walaupun begitu, ternyata masih ada beberapa manfaat lain dari teh diet.

berbagai-manfaat-dari-teh-diet

Manfaat Dari Teh, Apakah Bisa Untuk Teh diet?

Ada beberapa manfaat lain dari teh selain menurunkan berat badan :

  • Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa dicegah karena kandungan alami yang ada di dalam daun teh hijau. Sebuah penelitian dalam bidang kesehatan mengemukakan bahwa rutin mengkonsumsi teh diet mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung sebesar 30%.

  • Mencegah Penyakit Stroke

Penyakit stroke bisa dicegah karena kandungan alami yang ada di dalam daun teh hijau. Sebuah penelitian dalam bidang medis mengemukakan bahwa rutin mengkonsumsi teh diet mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit stroke sebesar 30%.

  • Mencegah Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes bisa dicegah karena kandungan alami yang ada di dalam daun teh hijau. Sebuah penelitian dalam bidang kesehatan mengemukakan bahwa rutin mengkonsumsi teh diet mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes sebesar 40%.

  • Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Dengan adanya senyawa alami di dalam teh hijau, bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam mulut bisa teratasi. Jadi apabila kita mengkonsumsi teh diet secara rutin, maka kesehatan mulut dan gigi kita akan tetap terjaga. Selain itu kita juga bisa menghindari gigi berlubang akibat bakteri.

  • Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat teh diet yang lain adalah mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker bisa dicegah karena daun teh hijau merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Jadi berbagai penyakit kanker seperti kanker usus, kanker payudara, dan kanker prostat bisa dicegah.

  • Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Kebanyakan orang mengkonsumsi teh diet untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut disebabkan oleh senyawa alami dari daun teh hijau yang mampu mengendalikan nafsu makan dari seseorang. Jadi, nantinya nafsu makan seseorang yang mengkonsumsi teh diet akan tetap terkendali sehingga program untuk menurunkan berat badan bisa berjalan dengan baik.

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Teh diet dikonsumsi oleh banyak orang khususnya para wanita untuk program diet. Diet bisa berjalan dengan baik apabila metabolisme dari tubuh dalam kondisi yang baik. Senyawa alami pada daun teh hijau akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

  • Meningkatkan Fungsi Dari Otak

Teh diet mengandung kafein yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi dari otak. Jadi dengan mengkonsumsi teh diet, kemampuan berpikir kita akan menjadi lebih baik karena peningkatan fungsi otak. Tak hanya itu, konsentrasi kita juga akan lebih baik setelah mengkonsumsi teh diet sebelum beraktivitas.

Cara Membuat Teh Diet

Untuk membuat teh diet, kamu hanya membutuhkan bahan-bahan yang simpel. Yang kamu butuhkan hanyalah teh hijau dan juga air panas. Ambil teh hijau secukupnya dan tempatkan pada gelas. Setelah itu tuangkan air panas ke dalam gelas.

Aduk beberapa saat hingga warnanya berubah dan diamkan beberapa menit supaya tidak terlalu panas. Apabila sudah tidak terlalu panas, kamu bisa langsung mengkonsumsi teh diet. Dengan pengolahan yang tepat, kamu akan merasakan banyaknya manfaat teh diet.

Cara Kerja Teh Diet

Cara kerja teh diet dalam tubuh ialah dengan menggunakan sifat dari teh itu sendiri. Secara umum, teh memiliki fungsi diuretik, atau mengeluarkan cairan tubuh ke luar. Maka dari itu, kebanyakan orang mengonsumsi teh biasa bahwa frekuensi buang air kecilnya meningkat. Hal yang sama terjadi apda teh diet, di mana tubuh mengeluarkan cairan dan air dalam tubuh dan memiliki fungsi seperti obat pencahar, sehingga kita merasa lebih sering buang air kecil dan buang air besar.

Efek Samping Teh Diet

Teh diet memiliki efek samping yang buruk bila dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Memang saat beberapa hari atau minggu menggunakan, pengguna merasakan cepat sekali turun berat badan. Namun, sebenarnya pengguna teh diet telah kehilangan cairan dan air dari dalah tubuhnya. TUbuh mengandung 60-75% air pada tiap organnya, dan teh diet bekerja seperti menarik air tersebut dari dalam sel dan organ tubuh. Hal inilah yang dapat menyebabkan seseorang dehidrasi dan malah mengalami masalah fungsi organ pada jangka panjang. 

“Selain itu, fungsinya yang mirip pencahar dapat melukai dan membuat fungsi pencernaan menurun dan berbahaya.” tambah Kelvin Halim, tim nutrisionis Jovee.

Jangan sampai kamu terlewat dari informasi-informasi terbaru. Simak semuanya hanya di Jovee. Download aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin terbaik untuk kebutuhan kamu. Kamu pasti memperoleh vitamin terbaik hanya di Jovee.

Penulis: Gabriela Giovanni

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-kecipir-untuk-kesehatan

Manfaat Kecipir Untuk Kesehatan Tubuh

Makanan Sehat   07/05/2021
atasi-diabetes-dengan-5-bahan-alami-ini

Atasi Diabetes Dengan 5 Bahan Alami Ini

Uncategorized   07/05/2021
obat-anemia

5 Obat Anemia Alami Untuk Cegah Kekurangan Darah

Makanan Sehat   21/04/2021
makanan-penyebab-pengentalan-darah

Makanan Penyebab Pengentalan Darah Yang Sebaiknya Dihindari

Makanan Sehat   16/04/2021
Manfaat-mahkota-dewa

Mahkota Dewa: Obat Herbal Berkhasiat Tinggi

Makanan Sehat   16/04/2021