fbpx
BerandaKesehatan KulitCara Menghilangkan Ketiak Hitam dengan Pasta Gigi, Apakah Benar-benar Ampuh?

Semua orang tentu ingin memiliki kulit yang bersih, cerah, dan mulus. Namun, terkadang kondisi-kondisi tertentu menyebabkan perubahan warna kulit pada beberapa bagian tubuh. Ketiak misalnya.

Ketiak hitam sebetulnya bukanlah masalah kesehatan yang serius. Akan tetapi, ketiak hitam seringkali menjadi penyebab menurunnya kepercayaan diri seseorang, terutama kaum perempuan. Apalagi untuk mereka yang harus tampil di depan umum atau suka mengenakan pakaian tanpa lengan, ketiak hitam adalah momok yang membuat tak nyaman.

Berbagai cara menghilangkan ketiak hitam bertebaran di internet. Cara menghilangkan ketiak hitam dengan alami merupakan metode yang paling banyak dicari oleh warganet karena nyatanya memang banyak yang mengalami masalah ini.

Di media sosial beberapa waktu yang lalu sempat viral dua cara, yaitu cara menghilangkan ketiak hitam di ketiak dengan pasta gigi dan cara menghilangkan hitam di ketiak dengan minyak kayu putih. Apakah kedua cara ini aman?

Berikut Jovee merangkum informasi selengkapnya:

Penyebab Ketiak Hitam

Ada berbagai penyebab ketiak hitam yang secara sadar atau pun tidak kita alami dan lakukan, antara lain:

Cara mencukur yang salah

Tahukah kamu, mencukur bulu ketiak ternyata bisa menjadi penyebab ketiak hitam apabila dilakukan dengan cara yang salah. Ini dikarenakan gesekan pisau cukur atau pun iritasi bisa menyebabkan warna kulit sekitar ketiak menjadi menghitam.

Untuk mencegah masalah ini, kamu bisa mencukur menggunakan pisau cukur yang tajam. Basahi ketiak sebelum mencukur dan gunakan gel cukur untuk membantu melindungi kulit. Cukur ke arah berlawanan tumbuhnya bulu ketiak. Jangan lupa jaga kelembapan kulit setelah bercukur dan hindari menggunakan deodoran untuk sementara setelah bercukur.

Infeksi bakteri

Infeksi bakteri yang disebabkan oleh bakteri bernama Corynebacterium minutissiumum adalah penyebab ketiak hitam. Bakteri ini biasanya berkembang biak di sekitar keringat karena keringat, lingkungan yang lembap, dan kurangnya menjaga kebersihan diri.

Selain menimbulkan warna hitam pada ketiak, bakteri ini juga membuat gatal-gatal pada ketiak.

Iritasi kulit

Iritasi kulit merupakan penyebab utama ketiak hitam. Umumnya iritasi kulit muncul disebabkan karena kebiasaan mencukur atau mencabut bulu ketiak yang tidak tepat, atau pun terjadi akibat pergesekkan dengan baju yang ketat dan kasar.

Kehamilan

Sebagian ibu hamil mungkin mengalami daerah ketiak yang menghitam selama kehamilan. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon selama hamil yang memicu produksi melanin secara berlebihan. Namun tidak perlu khawatir karena warna kulit ketiak biasanya akan kembali normal seiring berakhirnya masa kehamilan.

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam dengan Pasta Gigi, Apakah Aman?

Di media sosial, mungkin kamu akan menemukan berbagai video yang berbagi cara menghilangkan ketiak hitam dengan pasta gigi. Dalam video tersebut, dibagikan langkah menghilangkan ketiak hitam dengan pasta gigi dan mengklaim bahwa warna ketiak bisa menjadi lebih cerah dengan pemakaian teratur.

Namun, pertanyaannya, apakah cara ini aman?

Faktanya, pasta gigi mengandung baking soda dan bahan-bahan lain yang dapat membuat gigi tampak lebih putih. Kandungan ini mungkin diasumsikan juga dapat memutihkan ketiak yang hitam. Tetapi, ada hal yang penting diketahui sebelum mencoba cara menghilangkan ketiak hitam dengan pasta gigi.

Pasta gigi mengandung bahan-bahan yang sifatnya dapat mengiritasi jika diaplikasikan ke kulit secara langsung. Iritasi yang bisa timbul meliputi kulit yang terasa gatal, perih, panas, terbakar, hingga mengelupas. Iritasi yang dialami ini juga lah yang dapat memicu ketiak semakin menghitam akibat hiperpigmentasi kulit yang terjadi.

Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati apabila ingin mencoba cara menghilangkan ketiak hitam dengan pasta gigi.

Cara Menghilangkan Hitam di Ketiak dengan Minyak Kayu Putih, Ampuhkah?

Selain pasta gigi, minyak kayu putih juga sempat viral sebagai cara menghilangkan ketiak hitam dengan alami.

Tak jauh berbeda dengan pasta gigi, minyak kayu putih mengandung bahan-bahan yang sifatnya dapat mengiritasi kulit ketiak. Apalagi kulit ketiak adalah bagian tubuh yang kulitnya tipis sehingga rentan mengalami iritasi.

Hingga kini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kayu putih benar-benar bisa digunakan untuk memutihkan kulit ketiak yang hitam. Oleh karenanya, kamu perlu berhati-hati jika ingin mencoba cara ini ya.

Cara Membuat Kulit Ketiak agar Lebih Cerah

Nah, jika kamu ingin memiliki ketiak yang lebih cerah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Rajin mandi dua kali sehari.
  2. Segera ganti pakaian jika berkeringat.
  3. Kenakan pakaian yang longgar dan bersih.
  4. Hindari mencabut bulu ketiak.
  5. Gunakan deodoran yang berbahan lembut dan tidak mengandung bahan iritatif (hypoallergenic).
  6. Konsumsi buah-buahan, sayur, dan cukup minum air putih
  7. Jaga berat badan tetap ideal, karena orang yang obesitas cenderung memiliki ketiak hitam atau sering dikenal dengan acanthosis nigricans

Semoga informasi ini bermanfaat untuk membantumu menjaga kesehatan dan kebersihan sekitar ketiak ya!

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hydroquinone

Mengenal Apa Itu Hydroquinone dan Efeknya Bagi Kulit

Kesehatan Kulit   27/05/2023
skincare untuk menghilangkan urat di wajah

Skincare untuk Menghilangkan Urat di Wajah

Kesehatan Kulit   26/05/2023
manfaat masker beras untuk wajah

Manfaat Masker Beras untuk Wajah, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

Kesehatan Kulit   25/05/2023
kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare

Kenapa Wajah Jadi Kusam Setelah Pakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023
kenapa wajah gatal saat memakai skincare

Kenapa Wajah Gatal Saat Memakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023