fbpx
BerandaMakanan SehatLagi Populer, Inilah Manfaat Garam Sea Salt dan Cara Penggunaannya

Bisa dibilang, garam sea salt adalah salah satu bumbu masak yang sudah digunakan sejak zaman dahulu kala. Bahkan, sejak zaman prasejarah. Orang-orang di seluruh dunia telah mendapatkan manfaat garam sea salt sebagai penyedap rasa. Tetapi, seiring perkembangan zaman, ternyata manfaat garam sea salt tidak hanya sebagai bumbu masak, melainkan juga untuk kesehatan dan kecantikan.

garam sea salt

Beberapa orang percaya bahwa garam ini lebih sehat dibandingkan jenis garam lainnya dan memberikan beberapa manfaat. Apakah hal ini benar? Atau hanya sekadar tren?

Berikut ini Jovee merangkum serba-serbi manfaat garam sea salt dan cara menggunakan garam ini yang menarik untuk diketahui:

Klaim Mengenai Manfaat Garam Sea Salt

Karena natrium klorida (garam) memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh, maka garam perlu dikonsumsi dari makanan untuk menjaga kesehatan yang optimal.

Beberapa orang mengklaim bahwa garam ini khususnya memiliki beberapa manfaat tambahan. Namun, hingga kini sebagian besar dari hal tersebut tidak didukung oleh penelitian ilmiah yang kuat.

Berikut beberapa klaim paling umum tentang garam sea salt.

Menghidrasi dan meningkatkan tekanan darah

Secara umum, garam dapat membantu kita menjaga kecukupan hidrasi dan tingkat tekanan darah. Karena natrium memainkan peran penting dalam keseimbangan cairan, kekurangan natrium dapat menyebabkan dehidrasi, terutama selama latihan intensitas tinggi.

Memiliki keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh juga penting untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Oleh karena itu, mengonsumsi terlalu sedikit atau terlalu banyak natrium dapat menyebabkan perubahan tekanan darah pada mereka yang sensitif terhadap garam dalam makanan.

Mengonsumsi garam ini memang bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan natrium, tetapi kita juga bisa mendapatkan natrium dari berbagai makanan lain yang tidak berisiko tinggi memicu tekanan darah tinggi.

Memperlancar pencernaan

Beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi garam laut yang dicampur dengan air hangat dapat membantu pencernaan.

Klorida diperlukan untuk menghasilkan asam lambung, dan natrium klorida (garam) memfasilitasi penyerapan dan pengangkutan nutrisi di usus setelah dipecah selama pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi garam sea salt dalam jumlah yang cukup dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan secara optimal.

Sebuah penelitian mengamati efek minum air garam pada 54 orang dewasa yang mempersiapkan kolonoskopi. Mereka yang melakukan postur yoga tertentu dan minum 2 gelas (480 ml) air yang dibuat dengan 4,5 gram garam akan buang air besar sebelum prosedur kolonoskopi.

Namun, tidak jelas sejauh mana air garam sea salt saja dapat membantu meningkatkan kesehatan usus.

Meskipun meminum garam sea salt yang dicampur dengan air dapat membantu pencernaan dalam beberapa kasus, meminum terlalu banyak air garam dapat menyebabkan seseorang mengonsumsi terlalu banyak garam. Mendapatkan natrium yang cukup dari sumber lain mungkin cukup untuk mendukung pencernaan normal.

Membantu meningkatkan kesehatan kulit dan membantu mengatasi peradangan

Mandi menggunakan garam sea salt dianggap dapat mengurangi kekeringan dan peradangan kulit. Faktanya, National Eczema Foundation merekomendasikan menambahkan 1 cangkir garam ke dalam air mandi untuk membantu meredakan iritasi akibat eksim, suatu kondisi yang ditandai dengan kulit merah dan gatal.

Namun, masih belum jelas bagaimana dan apakah mandi garam benar-benar dapat membantu mengurangi peradangan kulit, serta apakah garam ini, khususnya, memberikan efek tertentu.

Sebuah penelitian pada orang dengan kulit kering menemukan bahwa mandi dengan larutan garam yang diperoleh dari Laut Mati membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekasaran, dibandingkan dengan mandi dengan air keran.

Meskipun demikian, para peneliti mengaitkan hasil positif tersebut dengan jumlah magnesium dalam larutan Laut Mati, bukan kandungan garamnya.

Terlebih lagi, penelitian lain menemukan bahwa konsentrasi natrium klorida yang lebih tinggi dalam tubuh dan kulit dapat meningkatkan jumlah sel kekebalan yang menyebabkan reaksi peradangan yang berhubungan dengan kulit kering dan gatal.

Temuan yang bertentangan ini menunjukkan bahwa kemampuan mandi garam ini untuk memperbaiki iritasi kulit sangat bergantung pada komposisi mineral garam. Garam ini yang memiliki kandungan magnesium tinggi mungkin merupakan jenis garam terbaik untuk ditambahkan ke dalam bak mandi bagi mereka yang memiliki masalah kulit.

Cara Mengolah Garam Sea Salt

Jika kamu tertarik menggunakan garam sea salt di dapur, ada beberapa cara untuk menambahkannya ke dalam menu makanan. Tergantung pada jenisnya, garam ini mungkin memberikan lebih banyak atau lebih sedikit rasa dibandingkan garam meja. Kamu bisa menggunakan garam ini sebagai pengganti garam biasa di sebagian besar masakan.

Namun, gunakan garam sea salt yang digiling halus jika kamu ingin mengganti garam meja dalam resep kue. Mengingat garam meja digiling halus, garam ini mengandung lebih banyak natrium per sendok tehnya dibandingkan garam sea salt, yang biasanya berbentuk bubuk. Karena itu, pastikan kamu menggunakan jumlah yang setara.

Beberapa cara populer untuk menggunakan garam laut termasuk menaburkannya pada sayuran panggang, menambahkannya ke makanan penutup berbahan dasar coklat, dan menggunakannya untuk membumbui steak, burger, dan ikan.

Terakhir, kamu bisa menyiapkan rendaman garam dengan menambahkan 1 cangkir (230 gram) garam sea salt ke dalam air mandi hangat.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah mandi garam menawarkan manfaat kesehatan tertentu, mandi air hangat dengan sea salt setidaknya dapat memberikan relaksasi dan kenyamanan.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara membuat jus semangka

Cara Membuat Jus Semangka dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Makanan Sehat   17/12/2023
manfaat vanili cair

Aneka Manfaat Vanili Cair, Ekstrak, dan Biji Vanila

Makanan Sehat   12/12/2023
Manfaat Kombucha

Mengenal Beragam Manfaat Kombucha untuk Kesehatan

Makanan Sehat   10/12/2023
makanan tinggi protein

Daftar Makanan Tinggi Protein

Makanan Sehat   07/12/2023
efek samping chamomile tea

Kenali Manfaat dan Efek Samping Chamomile Tea

Makanan Sehat   06/12/2023