fbpx
BerandaKesehatan LainnyaPijat Oksitosin untuk Melancarkan ASI

Ada kabar baik untuk Anda para ibu menyusui. Bahwa kini sudah ada penelitian yang menunjukkan bahwa pijat oksitosin bermanfaat dalam membantu melancarkan ASI pada ibu menyusui secara maksimal. Bahkan cara untuk melakukan teknik pijat yang satu ini bisa dipelajari dan dilakukan dengan mudah di rumah.

pijat-oksitosin-lancarkan-asi

Terapi pijat yang dipakai untuk membantu melancarkan ASI ini berawal dari banyaknya keluhan para ibu yang baru melahirkan ketika ASI mereka sulit untuk keluar. Meski kondisi ini bisa berbeda di setiap orangnya namun tetap saja mereka alami kesulitan yang sama yaitu tak bisa menyusui bayi tercinta. Lalu apa saja manfaat dari pijat ini dan bagaimana cara melakukannya dengan benar?

Manfaat Pijat Oksitosin dan Cara Melakukannya

Pijat ini bisa dilakukan di rumah di mana akan lebih maksimal jika dilakukan oleh suami. Maka dari itu biasanya pada kelas ibu hamil yang juga bisa diikuti oleh para suami atau calon bapak akan diberitahukan tentang bagaimana cara melakukan pijat ini dengan benar.

1. Meningkatkan Produksi Prolaktin dan Oksitosin

Bahwa terapi pijat ini bisa membantu untuk meningkatkan produksi prolaktin dan oksitosin yang berperan sangat penting untuk produksi ASI di payudara ibu menyusui. Banyak sekali para ibu menyusui yang mengalami kendala payudara tidak bisa memproduksi ASI karena beberapa faktor. Dengan pijat ini diharapkan produksi ASI bisa lebih banyak dan berlimpah.

2. Membuat Tubuh Lebih Rileks

Pijat yang dilakukan pada bagian punggung ini juga dipercaya bisa membuat tubuh ibu menyusui lebih tenang dan rileks. Apalagi pasca melahirkan yang luar biasa prosesnya. Dengan melakukan pijat maka ibu menyusui bisa merasa lebih rileks badannya dan merasa nyaman dari rasa lelah yang amat sangat karena merawat bayi baru lahir.

pijat-oksitosin-lancarkan-asi-2

3. Melancarkan ASI

Pijat oksitosin ini juga bisa membantu ibu menyusui untuk melancarkan ASI sehingga bayi bisa menyusui hingga tercukupi kebutuhan ASI-nya. Banyak yang mengeluhkan ASI tak lancar sehingga bayi selalu rewel karena kekurangan ASI. Namun dengan pijat ini maka Anda tak akan menemui keluhan itu lagi.

Tim dokter Jovee, dr. Irma Lidia, menambahkan “Dalam sebuah penelitian, pijatan selama 15 menit tidak hanya membantu orang rileks, tetapi juga dapat meningkatkan kadar oksitosin. Oksitosin ini mampu meningkatkan produksi ASI karena menyebabkan kontraksi sel-sel mioepitel yang mengelilingi jaringan areola di payudara.”

4. Mengurangi Resiko Stres

Dan manfaat yang terakhir adalah di mana ibu menyusui yang mendapatkan pijat ini akan sangat terbantu dan terhindar dari resiko pijat oksitosin. Karena pijatan yang dilakukan di area punggung bisa menyebabkan hormon kortisol penyebab stres bisa menurun secara efektif.

Cara Melakukan Pijat Oksitosin dengan Benar

Untuk melakukan pijat oksitosin dengan benar Anda bisa meminta tolong pada suami untuk melakukannya bersama Anda. Anda bisa mengambil posisi duduk atau dengan tidur tengkurap. Kemudian beritahukan pada suami Anda untuk memulai pijatan di bagian tulang belakang Anda dengan menggunakan kepalan tangan yang diurutkan dari atas ke bawah.

Anda bisa menyampaikan pada suami Anda apakah kekuatan pijatan sudah mencapai tulang Anda atau belum. Ulangi gerakan lihat hingga beberapa kali selama kurang lebih 3 sampai 5 menit lamanya.

Akan lebih baik jika pijatan dilakukan dengan rutin setiap harinya agar supaya ibu menyusui bisa mendapatkan manfaat maksimal dari pijatan yang dilakukan oleh suami. Itulah manfaat dari pijat oksitosin untuk melancarkan ASI pada ibu menyusui. Selain melakukan pijat, Anda juga dapat memperlancar produksi ASI dengan mengonsumsi susu pelancar ASI seperti Almom Nutella – ASI Booster Milk (Rp39.000) yang bisa diperoleh di Jovee.

Temukan informasi kesehatan terpercaya lainnya hanya di Jovee. Download aplikasinya juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin personal dalam kemasan praktis. Kamu juga bisa mengetahui vitamin terbaik lewat konsultasi gratis dengan nutrisionis Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

gatal-karena-tungau

Gatal Karena Tungau, Atasi dengan Cara Ini

Kesehatan Lainnya   19/05/2022
apakah-cacar-air-menular

Cacar Air: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Kesehatan Lainnya   19/05/2022
apakah-paracetamol-bisa-untuk-sakit-kepala

Apakah Paracetamol Bisa Mengatasi Sakit Kepala?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-wasir-bisa-sembuh-sendiri

Benarkah Wasir Bisa Sembuh Sendiri?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-ketombe-makhluk-hidup

Ketombe: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kesehatan Lainnya   13/05/2022