fbpx
BerandaKesehatan LainnyaBegini Cara Mengangkat Sel Kulit Mati di Wajah

Sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah bisa timbulkan banyak masalah kulit, seperti jerawat, bruntusan, hingga komedo. Tak hanya itu, penumpukan sel kulit mati juga bisa membuat wajahmu terlihat kusam. Hal ini tentunya dapat merusak penampilan, yang bisa buat kamu kurang percaya diri.

cara-mengangkat-sel-kulit-mati

Maka dari itu, sel-sel kulit mati di wajah perlu dibersihkan secara berkala agar tidak menimbulkan masalah. Bagaimana cara mengangkat sel kulit mati di wajah? Berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan, yang telah Jovee rangkum dari berbagai sumber.

Mengapa sel kulit mati di wajah perlu dibersihkan?

Tahukah kamu? Secara alami, sel-sel kulit akan beregenerasi dan memperbarui diri setiap 30 hari sekali (atau lebih). Ketika kondisi ini terjadi, lapisan terluar kulit atau epidermis akan mengelupas dan digantikan oleh lapisan kulit yang lebih sehat dan muda.

Biasanya, sel kulit mati akan terlepas sendiri melalui aktivitas kamu sehari-hari, seperti saat memakai atau melepas pakaian. Makanya pengelupasan kulit mati ini sering kali tidak disadari.

Sayangnya, tidak semua sel kulit mati mengelupas dengan mudah dari kulit. Sebaliknya, sel-sel kulit mati ini malah menumpuk dan menimbulkan banyak masalah, seperti menyumbat pori-pori, memunculkan jerawat, wajah yang terlihat kusam, dan masih banyak lagi masalah kulit yang dapat terjadi akibat dari sel kulit mati.

Inilah sebabnya mengapa eksfoliasi rutin sangat penting dilakukan, agar sel kulit mati tidak menumpuk dan menjaga agar kulitmu tetap cerah dan segar. Eksfoliasi adalah suatu cara mengangkat sel kulit mati di wajah yang berada pada lapisan terluar kulit. Cara ini memiliki banyak opsi baik yang dilakukan di rumah maupun di klinik kecantikan. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, kamu bisa dapatkan kulit yang terlihat lebih cerah, terhindar dari komedo dan jerawat, hingga kulit yang lebih kencang dan sehat.

Cara mengangkat sel kulit mati di wajah

Ada banyak cara mengangkat sel kulit mati di wajah yang bisa kamu lakukan baik secara alami maupun tidak. Sebelum melakukan prosedur ini, pastikan kamu mengetahui dengan baik kondisi kulitmu dan kandungan apa saja yang akan digunakan untuk meminimalisir terjadinya iritasi. Lebih baik lagi jika kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit, agar prosedur yang dipilih bisa lebih tepat dan minim efek samping.

Masker dan scrub wajah

Cara mengangkat sel kulit mati lainnya adalah dengan masker wajah dan scrub alami, seperti campuran kopi bubuk, oatmeal, dan madu. Hanya saja, cara ini tidak disarankan bagi pemilik kulit berjerawat dan sensitif karena bahan-bahannya yang cenderung kasar pada kulit.

Jika kamu mau, kamu bisa menggunakan bahan yang lebih lembut seperti campuran madu dan yogurt. Cara ini tidak boleh dilakukan lebih dari sekali seminggu, karena dapat menyebabkan robekan mikro atau iritasi di wajahmu.

Selain scrub dan masker wajah alami, kamu juga bisa kok menggunakan produk yang dijual di pasaran. Hanya saja, perhatikan dengan baik kandungannya dan lakukan cukup sekali seminggu ya, Jovians.

Chemical peeling

Cara mengangkat sel kulit mati yang satu ini sayangnya hanya bisa dilakukan di klinik kecantikan, karena hanya boleh dilakukan oleh dokter estetika atau dokter spesialis kulit.

Pada prosedur ini, larutan kimia akan dioleskan ke wajahmu agar sel-sel kulit mati terkelupas, dan merangsang sel-sel kulit baru untuk naik ke permukaan. Tergantung pada jenisnya, chemical peeling bisa menghilangkan sel kulit mati hingga lapisan dermis yang lebih dalam. Oleh sebab itu, prosedur ini biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Manfaat dari chemical peeling juga lebih cepat terlihat daripada jenis eksfoliasi lainnya. Beberapa manfaat chemical peeling di antaranya:

  • Membuat kulit lebih halus dan kencang
  • Menyamarkan garis halus dan keriput
  • Menyamarkan bekas jerawat, flek hitam, dan membersihkan komedo
  • Memperbaiki jaringan parut ringan
  • Mengatasi mata panda
  • Meratakan warna kulit

Skincare eksfoliasi

Cara mengangkat sel kulit mati di wajah selanjutnya adalah dengan skincare eksfoliasi. Cara ini merupakan cara yang paling sering dilakukan, mengingat sudah banyak skincare yang mengeluarkan produk eksfoliasi ringan yang dapat digunakan oleh semua jenis kulit.

Ini karena sebagian besar produk skincare eksfoliasi mengandung bahan pengelupasan kimia dalam tingkat yang rendah, sehingga aman untuk digunakan pada sebagian orang. Hanya saja, pemilik kulit sensitif atau kering perlu berhati-hati dalam memilih skincare eksfoliasi, karena bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan iritasi.

Kandungan bahan eksfoliasi yang paling umum digunakan adalah AHA, BHA, dan retinol. Bahan-bahan aktif ini bisa kamu jumpai dalam toner, serum, pelembab, hingga sabun pencuci wajah. Pilihlah produk yang tepat sesuai dengan jenis kulitmu, dan jangan lupa gunakan pelembab setelah memakai skincare eksfoliasi untuk mengurangi risiko kekeringan dan iritasi.

Jika kamu ingin mencoba eksfoliasi ringan yang cocok bagi pemula, kamu bisa coba gunakan Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner (Rp59.000) yang bisa dibeli di Jovee. Toner ini merupakan toner eksfoliasi ringan yang dapat digunakan setiap hari, cocok untuk kulit sensitif. Dengan kandungan AHA, BHA, dan PHA di dalamnya, membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori sehingga wajah tampak lebih sehat dan mulus.

Demikianlah sejumlah cara mengangkat sel kulit mati di wajah yang bisa kamu coba lakukan. Jaga kulit tetap sehat, simak tips dan cara merawat kulit lainnya di Jovee. Unduh juga aplikasinya di AppStore dan Playstore untuk dapatkan rekomendasi suplemen harian personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hernia-pada-anak

Mengenal Gejala dan Penyebab Hernia pada Anak

Kesehatan Lainnya   08/12/2022
hernia-pada-wanita

Hernia pada Wanita: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Kesehatan Lainnya   07/12/2022
cara-merawat-rambut

6 Cara Merawat Rambut Setelah Keratin Treatment

Kesehatan Lainnya   25/11/2022
propylene-glycol-adalah

Propylene Glycol: Kegunaan dan Efek Samping

Kesehatan Lainnya   10/11/2022
vaksin-cacar-monyet

Mengenal Vaksin Cacar Monyet, JYNNEOS dan ACAM2000

Kesehatan Lainnya   04/11/2022