fbpx
BerandaKesehatan KulitApa Itu Spruten? Definisi, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Apakah kamu pernah mendengar kata spruten? Spruten merupakan istilah lain dari flek yang menghitam di wajah. Tampilannya seperti bercak-bercak kehitaman di wajah, dan tahukah kamu bahwa kita lebih rentan untuk mengembangkan spruten? Ini dikarenakan kita tinggal di wilayah tropis nih Jovians.

pakah-spruten-bisa-dihilangkan

Nah, meski tidak berbahaya dalam jumlah sedikit, sebenarnya apa penyebab dan cara menghilangkan spruten? Dilansir dari berbagai sumber, Jovee sudah buat penjelasan lengkap mengenai spruten di artikel ini. Yuk, simak selengkapnya sampai akhir!

Apa itu spruten?

Apa itu spruten? Spruten bukanlah istilah medis, melainkan sebutan umum yang terkenal di masyarakat Indonesia. Spruten sebenarnya adalah flek hitam yang muncul akibat produksi melanin berlebih, sebuah zat yang memberi warna pada kulit, mata, dan rambut. Meski umumnya tidak berbahaya, spruten dapat mengganggu penampilan.

Warna spruten umumnya berwarna cokelat terang hingga cokelat pekat. Warna-warna ini juga kembali pada warna masing-masing kulit. Biasanya, spruten muncul di area wajah, leher, dan dada.

Terlalu banyak terpapar sinar UV dapat memicu munculnya spruten. Saat terkena sinar UV, kulit akan melindungi diri dengan memproduksi sel melanin berlebih. Melanosit ini kemudian membentuk bercak-bercak cokelat yang kemudian disebut dengan spruten atau flek hitam.

Selain itu, faktor lainnya seperti genetik juga mempengaruhi kecenderungan kulit untuk membentuk flek hitam. Dilansir dari Medical News Today, biasanya orang-orang yang punya warna rambut, mata, dan kulit yang terang atau cerah cenderung lebih mudah untuk memicu flek hitam. Karena, produksi melaninnya lebih sedikit daripada mereka yang punya warna kulit lebih gelap.

Apakah spruten bisa dihilangkan?

Apakah spruten bisa dihilangkan? Tentu saja bisa, Jovians! Ada banyak cara menghilangkan spruten yang bisa dilakukan. Meski beberapa cara hanya membantu menyamarkan, kamu bisa memilih salah satu dari berbagai cara menghilangkan spruten di bawah ini.

1. Obat OTC

Obat-obatan yang dijual di apotek bisa jadi pilihan untuk menghilangkan spruten. Biasanya obat untuk spruten berbentuk krim oles. Kamu bisa pilih obat yang mengandung salah satu ataupun beberapa kandungan seperti retinol, vitamin C, atau AHA yang merangsang eksfoliasi sehingga kulit baru dapat muncul.

2. Bahan-bahan natural

Bahan-bahan natural seperti lemon, madu, dan ekstrak aloe vera (aloesin) dapat menyamarkan spruten karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Madu sendiri memiliki banyak manfaat lain seperti antibakteri dan memberikan perlindungan terhadap paparan UV yang dapat mengakibatkan keganasan kulit. Sebelum digunakan, jangan lupa pastikan dulu kulitmu tidak alergi dengan bahan-bahan natural ini ya!

Baca juga: 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

3. Skincare

Sudah banyak skincare yang ditujukan untuk membantu menyamarkan spruten atau flek hitam, seperti Avoskin Your Skin Bae Vitamin C 3% + Niacinamide 2%. Mengandung vitamin C yang dikombinasikan dengan niacinamide 2%, menghasilkan double combo untuk membantu kamu menyamarkan flek hitam sekaligus mencerahkan kulit belang.

4. Laser

Cara ini dapat menjadi cara yang efisien untuk menghilangkan spruten. Studi juga menunjukkan prosedur laser efektif untuk menghilangkan flek hitam dalam jangka waktu yang lama. Namun, prosedur laser umumnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan perlu dilakukan berulang kali.

5. Chemical peeling

Berbeda dari laser, chemical peeling merupakan prosedur di mana senyawa eksfoliasi dioleskan pada kulit untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Sehingga, kulit luar dapat mengelupas dan digantikan oleh kulit baru yang lebih halus, bersih, dan cerah. Sayangnya, sama seperti laser, chemical peeling membutuhkan biaya yang besar.

Spruten memang tidak berbahaya, tapi kemunculannya memang bisa mengganggu penampilan. Setelah melakukan cara di atas, kamu juga perlu melindungi kulit dari sinar UV matahari agar spruten tidak muncul lagi.

Karena kemunculan spruten lebih banyak disebabkan oleh paparan sinar UV dari matahari, jangan malas untuk gunakan tabir surya ya Jovians! Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30, dan diaplikasikan ulang setelah 4 jam. Selain bisa mencegah spruten, tabir surya juga penting untuk mencegah kamu dari risiko kanker kulit dan penuaan dini.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai spruten. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat sirih merah

Serba-Serbi Manfaat Sirih Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Kulit   29/11/2023
senyum apple cheeks adalah

Mengenal Istilah Senyum Apple Cheeks Adalah dan Penjelasannya

Kesehatan Kulit   25/11/2023
Manfaat kulit semangka untuk wajah

Serba-serbi Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah, Unik Banget

Kesehatan Kulit   24/11/2023
Anti Aging Untuk Usia Berapa

Anti Aging Untuk Usia Berapa Ya? Yuk Kulik Di Sini

Kesehatan Kulit   22/11/2023
Kepanjangan dari SPF

Sunscreen 101: Kenali Lebih Dalam Kepanjangan dari SPF

Kesehatan Kulit   21/11/2023