fbpx
BerandaKesehatan LainnyaAnhedonia: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

Saat stres meningkat, kamu bisa saja kehilangan minat terhadap hal-hal yang disenangi sebelumnya. Jika kondisi ini terus berlanjut, bisa jadi kamu sedang alami gejala anhedonia. Apa itu anhedonia? Berikut ini penjelasan lengkap mengenai penyebab hingga cara mengatasi anhedonia. Yuk, simak selengkapnya sampai akhir!

anhedonia-adalah

Mengenal Anhedonia

Anhedonia adalah sebuah kondisi di mana penderita benar-benar tidak merasakan kesenangan atau kenikmatan terhadap apa pun, termasuk hal-hal yang disenangi sekalipun sebelumnya.

Kondisi ini merupakan salah satu gejala utama dari depresi, namun tidak terbatas pada penyakit lain seperti penyakit Parkinson, anoreksia nervosa, serta gangguan penyalahgunaan zat seperti narkotika

Dilansir dari WebMD, terdapat 2 tipe anhedonia.

  • Anhedonia sosial. Anhedonia jenis ini membuat penderita tidak ingin menghabiskan waktu untuk bertemu dan bersosialisasi dengan orang lain.
  • Anhedonia fisik. Penderita anhedonia jenis ini tidak mampu menikmati maupun merasa senang akan sensasi fisik seperti pelukan, rasa makanan, hingga seks. Makanan akan terasa hambar, dan gairah seks yang hilang.

Anhedonia bisa membuat penderitanya kesulitan dalam menjalani hubungan sosial. Secara umum, penderita anhedonia akan merasakan mati rasa atau kurang perasaan, dan memiliki pandangan hidup yang negatif secara keseluruhan.

Penyebab Anhedonia

Anhedonia berhubungan erat dengan depresi, tapi seseorang juga bisa mengalami anhedonia meski ia tidak sedang depresi ataupun merasa sedih. Seseorang yang teridentifikasi alami skizofrenia atau penyakit Parkinson juga dapat mengalami kondisi ini.

Penyebab lainnya yang juga diduga menjadi penyebab anhedonia:

  • Efek samping obat-obatan, seperti narkotika
  • Alami penyakit kronis tertentu, seperti diabetes, Parkinson, dll.
  • Konsumsi alkohol yang berlebihan

Banyak ahli mengatakan anhedonia terkait dengan perubahan aktivitas otak. Penderita mungkin memiliki masalah dengan cara otak memproduksi atau merespon senyawa dopamin, senyawa otak yang memberi rasa senang.

Perlu diperhatikan, anhedonia tidak sama dengan social anxiety ya, Jovians. Social anxiety atau kecemasan sosial dikategorikan sebagai penarikan diri dari situasi sosial dikarenakan ketakutan akan bagaimana situasi sosial akan terjadi pada dirinya.

Sementara, penderita anhedonia menghindari situasi sosial karena merasa tidak adanya manfaat dan kesenangan yang didapatkan.

Penyebab lain yang mungkin bisa dikaitkan dengan kondisi ini adalah adanya inflamasi atau peradangan, yang dapat dilihat dari peningkatan senyawa sitokin dan protein C-reaktif di otak. Meskipun begitu, pemahaman mengenai asal-usul anhedonia belum dapat dipastikan hingga saat ini, mengingat penyebab di setiap penderitanya dapat berbeda-beda.

Gejala Anhedonia

Gejala anhedonia dapat berbeda tergantung dari jenisnya. Namun, secara umum berikut ini gejala yang bisa muncul, seperti dilansir dari Healthline:

  • Menarik diri dari lingkungan sosial
  • Berkurangnya kesenangan dari aktivitas sehari-hari
  • Berkurangnya ketertarikan pada hobi atau hal-hal yang disenangi sebelumnya
  • Hilangnya libido atau minat dalam seks dan keintiman fisik
  • Lebih suka untuk menyendiri

Studi menunjukkan bahwa mereka yang menderita anhedonia lebih berisiko untuk memiliki pikiran bunuh diri atau melakukan percobaan bunuh diri, terutama pada mereka yang juga mengalami gangguan stres pasca trauma (PTSD).

Namun, mengalami satu atau beberapa gejala di atas juga bisa menandakan gejala masalah mental lainnya. Sebaiknya lakukan konsultasi pada tenaga kesehatan mental untuk memastikan penyebab dan cara mengatasi gejala yang tepat.

Pengobatan

Anhedonia mungkin akan cukup sulit untuk diobati. Dalam banyak kasus, pengobatan dan perawatan dimulai dengan cara mengelola masalah kesehatan mental yang mungkin menjadi penyebab, seperti depresi.

Selain terapi, dokter mungkin akan memberikan obat anti depresi sebagai cara mengatasi anhedonia. Pada beberapa kasus, sejumlah obat anti depresi tertentu mungkin juga akan diberikan. Tentunya, obat harus dikonsumsi sesuai dosis dan aturan pakai yang dianjurkan oleh dokter.

Demikianlah penjelasan mengenai anhedonia. Kamu perlu menjaga kesehatan mental untuk menghindari anhedonia. Terapkan pola hidup sehat, kelola stres dengan baik, dan penuhi asupan nutrisi yang seimbang.

Bila perlu, konsumsi juga suplemen Blackmores Multi B Performance – 62 Kap (Rp267.703) untuk bantu turunkan tekanan pada saraf yang memicu stres, serta mengangkal radikal bebas yang dapat meningkatkan peradangan.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

pakai-koyo-saat-hamil

Bolehkah Pakai Koyo Saat Hamil?

Kesehatan Lainnya   29/08/2022
ciri-ciri-jerawat-akan-sembuh

Seperti Apa Ciri-ciri Jerawat Akan Sembuh?

Kesehatan Lainnya   26/08/2022
sakit-kepala-di-bagian-belakang

Sakit Kepala Bagian Belakang: Penyebab & Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   24/08/2022
mimisan-saat-hamil

Sering Mimisan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   23/08/2022
toxic-relationship-adalah

Kenali Penyebab Utama dan Cara Penularan HIV/AIDS

Kesehatan Lainnya   22/08/2022