fbpx
BerandaKesehatan LainnyaTenggorokan Seperti Ada yang Mengganjal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apakah kamu pernah alami tenggorokan seperti ada yang mengganjal tapi tidak sakit dan tidak disertai batuk? Meski tidak menimbulkan rasa sakit, bila dibiarkan tentu menimbulkan rasa tidak nyaman. Kondisi ini dikenal juga dengan Globus pharyngeus atau sensasi globus. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut!

tenggorokan-seperti-ada-yang-mengganjal

Penyebab tenggorokan seperti ada yang mengganjal

Tenggorokan seperti ada yang mengganjal atau sensasi globus seringkali berlangsung dalam waktu yang lama, dan dapat kambuh lagi di kemudian hari. Menurut artikel tahun 2017 dalam jurnal Frontline Gastroenterology, para ahli menganggap bahwa kondisi ini merupakan kondisi psikologis. Namun, para peneliti saat ini telah menemukan bahwa hal ini bisa menjadi gejala dari kondisi psikis maupun fisik.

Meski kondisi ini dapat menyerang siapa saja, sensasi globus lebih rentan terjadi pada wanita dan orang dewasa daripada pria dan anak-anak.

Sensasi globus menyebabkan penderita merasakan ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan, meski sebenarnya tidak ada penyumbatan. Perlu diketahui, kondisi ini adalah hal yang sangat umum terjadi. Kondisi ini juga dapat disertai dengan:

  • Gatal di tenggorokan
  • Pembengkakan di tenggorokan
  • Suara serak
  • Batuk lama
  • Penumpukan lendir di hidung, tenggorokan, atau sinus

Gejala ini juga dapat memburuk jika kamu sedang alami stres. Hingga kini, penyebab pasti dari tenggorokan yang mengganjal belum diketahui secara pasti. Kondisi ini juga ditemukan sering terjadi sebagai akibat dari stres dan kecemasan, terutama jika kamu sedang menahan emosi yang kuat.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa 96% orang dengan kondisi ini alami pemburukan pada gejala ketika sedang alami intensitas emosional yang tinggi.

Tak hanya itu, GERD atau penyakit refluks gastroesofageul ternyata juga bisa menjadi penyebab dari kondisi ini. Gejala GERD yang paling umum seperti sakit atau nyeri ulu hati, juga bisa timbulkan sensasi globus.

Dilansir dari Medical News Today. beberapa kondisi medis lain yang bisa memicu kondisi ini meliputi:

  • Spasme krikofaringeal, yang merupakan jenis kontraksi otot yang terjadi di tenggorokan
  • Hiatus hernia, yaitu ketika sebagian lambung naik ke dada akibat melebarnya lubang pembatas antara bagian perut dan dada
  • Sinusitis, yaitu peradangan pada sinus
  • Post-nasal drip, yang terjadi ketika kelenjar di tenggorokan dan hidung terus menerus memproduksi lendir
  • Kelenjar tiroid yang bengkak, atau gondok

Dalam kasus yang sangat jarang, kanker hipofaring mungkin menjadi penyebabnya.

Baca juga: Kanker Tenggorokan: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Pengobatan

Pengobatan pada kondisi ini tergantung pada hal yang jadi penyebabnya. Jika tenggorokan mengganjal disebabkan oleh GERD, pengobatan untuk meredakan gejala GERD akan diberikan.

Karena pada banyak kasus disebabkan oleh stres dan kecemasan, mengenali dan mengatasi faktor psikologis dapat membantu untuk meredakan sensasi globus. Bila membutuhkan bantuan, kamu bisa melakukan konsultasi pada tenaga kesehatan mental untuk bantu redakan kecemasan dan mengelola stres dengan lebih baik.

Karena para ahli belum menemukan penyebab pasti dari kondisi ini, cukup sulit untuk menentukan langkah pencegahan yang tepat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tenggorokan adalah cara mencegah yang paling baik yang bisa kamu lakukan saat ini.

Ikuti tips untuk menjaga tenggorokan tetap sehat, dan menghindari terjadinya sensasi globus.

  • Minum banyak air putih. Menjaga tubuh tetap terhidrasi tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga tubuhmu. Minum cukup air putih setiap harinya membuat proses sekresi cairan di tubuh berjalan lebih lancar.
  • Hindari rokok. Baik perokok aktif maupun pasif, sebaiknya hindari rokok dan asapnya. Tenggorokan, sinus, dan mulut akan sangat terpengaruh, selain itu merokok juga meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan, seperti kanker.
  • Batasi bicara saat sakit. Saat kamu alami flu, batuk, atau sakit tenggorokan, istirahatkan tenggorokan dengan membatasi aktivitas berbicara. Mukosa (permukaan selaput lendir) tenggorokan yang meradang bisa semakin parah jika terlalu banyak digunakan saat sakit.
  • Terapkan kebiasaan sehat untuk hindari naiknya asam lambung. Naiknya asam lambung bisa jadi penyebab tenggorokan yang mengganjal. Menerapkan kebiasaan-kebiasan ini mungkin dapat mengurangi gejala, seperti tidak langsung berbaring setelah makan, dan menghindari makanan dan minuman yang sebabkan naiknya asam lambung, seperti makanan pedas dan berlemak, serta minuman beralkohol.

Jaga selalu kesehatan dan kondisi mental untuk menghindari sensasi globus. Demikianlah penjelasan mengenai penyebab dari tenggorokan seperti ada yang menggajal.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

pakai-koyo-saat-hamil

Bolehkah Pakai Koyo Saat Hamil?

Kesehatan Lainnya   29/08/2022
ciri-ciri-jerawat-akan-sembuh

Seperti Apa Ciri-ciri Jerawat Akan Sembuh?

Kesehatan Lainnya   26/08/2022
sakit-kepala-di-bagian-belakang

Sakit Kepala Bagian Belakang: Penyebab & Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   24/08/2022
mimisan-saat-hamil

Sering Mimisan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   23/08/2022
toxic-relationship-adalah

Kenali Penyebab Utama dan Cara Penularan HIV/AIDS

Kesehatan Lainnya   22/08/2022