fbpx
BerandaMakanan SehatApakah Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Sangat Penting?

Jika Anda bertanya tentang apakah fungsi karbohidrat bagi tubuh, maka jawabannya sangat banyak. Karbohidrat terbilang penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Lalu mengapa dalam banyak program diet justru karbohidrat dihilangkan dalam menu yang harus dikonsumsi?

Diet yang dilakukan dengan menghindari konsumsi karbohidrat tentunya memiliki efek samping tersendiri untuk tubuh Anda. Untuk itu sangat penting untuk mengusahakan tubuh kita mendapatkan nutrisi terbaik. Simak fungsi penting dari karbohidrat di artikel ini. 

Beberapa Fungsi Penting Karbohidrat Bagi Tubuh

Karbohidrat merupakan salah satu sumber tenaga yang diperlukan untuk tubuh manusia. Berikut penjelasan lengkap tentang fungsi-fungsi karbohidrat yang memiliki peran penting untuk tubuh manusia.

  •         Sumber energi

Badan kita bisa bergerak dan melakukan aktivitas lainnya dalam keseharian karena menggunakan energi yang bersumber dari karbohidrat. Karbohidrat yang kita konsumsi akan diproses menjadi glukosa dan proses penyerapannya akan dibantu oleh insulin sehingga tubuh bisa mendapatkan energi yang cukup.

Pada diet nasi, karbo, dan jenis diet lainnya yang memiliki pantangan untuk menghentikan konsumsi karbohidrat, banyak yang mengeluhkan kondisi tubuh menjadi lebih lemah dan tak berenergi. Tanpa energi yang cukup untuk beraktivitas, diet pun tidak menjadi maksimal dan berakhir dengan gagal. 

  •         Asupan kalori yang sehat

Karbohidrat kompleks bisa memberikan asupan kalori yang sehat karena tak memberikan kalori berlebih pada tubuh Anda. Karbohidrat kompleks yang memiliki kandungan gula yang dicerna lebih lama juga mengandung serat tinggi yang bermanfaat untuk tubuh.

  •         Menurunkan resiko terkena penyakit

Konsumsi karbohidrat yang tinggi serat akan membantu tubuh kita lebih sehat dan tak beresiko terkena beberapa jenis penyakit. Salah satu penyakit yang dapat dihindari dengan konsumsi karbohidrat yang cukup adalah sembelit. Karbohidrat yang sehat juga membantu tubuh kita untuk mengendalikan kadar gula dan kolesterol dalam darah dengan baik. 

Pertanyaan apakah fungsi karbohidrat bagi tubuh ternyata memiliki jawaban yang cukup panjang tetapi mudah untuk dipahami, bukan?

Bijak Memilih Karbohidrat Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Setelah mengetahui bahwa karbohidrat memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh, apakah menghapus daftar karbohidrat dari menu makanan merupakan pilihan yang bijak? Yang harus kita lakukan adalah mengupayakan tubuh agar mendapatkan asupan karbohidrat yang sehat untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Untuk itu kita harus mengetahui apa jenis karbohidrat terbaik yang bisa didapatkan.

Karbohidrat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. 

Karbohidrat sederhana adalah jenis makanan yang mengandung kadar gula yang bisa dicerna dan diproses tubuh dengan cepat. Biasanya karbohidrat jenis ini terdapat di dalam gula, fruktosa yang ada di buah, laktosa dalam susu, dan beras putih. 

Sedangkan karbohidrat kompleks adalah makanan dengan kandungan jenis gula yang harus diproses tubuh dengan waktu yang cukup lama sehingga membuat tubuh mendapatkan kalori dengan baik. Karbohidrat kompleks terdapat di jenis makanan yang berbentuk tepung dan mengandung serat. Beras merah, hitam dan coklat, sayuran yang dikonsumsi dengan kulitnya, pasta gandum, roti gandum, kentang dan lain sebagainya.

Jenis karbohidrat yang paling bagus dan sehat untuk kesehatan tubuh kita adalah jenis karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini akan membuat perut kita tak mudah lapar sehingga asupan kalori dalam tubuh terjaga dengan baik. Selain itu karbohidrat kompleks juga memenuhi asupan serat dalam tubuh kita yang menjadikan tubuh kita memiliki proses metabolisme yang lebih baik. Konsumsi karbohidrat kompleks juga telah diteliti tak akan beresiko menumpuk di tubuh kita sebagai lemak. 

Demikian penjelasan tentang fungsi karbohidrat bagi tubuh. Semoga ulasan di atas menjawab pertanyaan apakah fungsi karbohidrat bagi tubuh.

Untuk kamu yang ingin beraktivitas seharian dengan energi yang cukup, kamu dapat mengonsumsi suplemen dan vitamin harian. The Right C 300MG (Rp92.820) adalah suplemen vitamin C yang disempurnakan dengan kandungan kompleks metabolit unik yang disebut Riboperine Diformulasikan khusus untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, mengandung vitamin C dengan 400% daya penyerapan lebih baik daripada vitamin C lainnya.

Dapatkan obat dan vitamin sesuai kebutuhan harianmu dengan Jovee. Download aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga. Dapatkan vitamin paling berkualitas hanya dari Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Ketahui Efek Samping Daun Sirsak Sebagai Obat Herbal

Makanan Sehat   25/11/2021

Teh Jati Cina

Makanan Sehat   27/10/2021

Ekstrak Citrus Bioflavonoid

Makanan Sehat   18/10/2021

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021

Goji Berry

Makanan Sehat   13/10/2021