fbpx
BerandaKesehatan LainnyaKetahui Fakta Apakah Bronkitis Menular atau Tidak?

Bronkitis adalah sebuah penyakit yang menyerang organ pernafasan manusia. Gejala yang ditunjukkan sangat mirip dengan gejala influenza sehingga terkadang penderita kerap mengabaikannya dan kemudian berakibat fatal dalam jangka lama. 

Bronkitis banyak menyerang masyarakat Indonesia, tetapi masih banyak yang tidak sadar tentang penyakit berbahaya satu ini. Banyak hal yang harus diketahui tentang bronkitis. Salah satu hal yang harus diketahui adalah apakah bronkitis menular atau tidak? Simak penjelasannya di artikel ini.

Apakah Bronkitis Menular atau Tidak?

Pertama-tama, penyakit bronkitis diketahui dapat dibedakan menjadi dua jenis. Jenis yang pertama adalah bronkitis kronis kemudian jenis yang kedua adalah bronkitis akut. Bronkitis kronis tidak menular, sedangkan bronkitis akut menular. 

Sebelum masuk ke dalam penjelasan bronkitis menular, simak penjelasan singkatnya tentang bronkitis pada umumnya.

  •         Penyebab

Dua jenis bronkitis juga memiliki penyebab yang berbeda. Bronkitis kronis banyak disebabkan karena penderita merokok atau mendapatkan paparan zat lainnya yang membuat kondisi saluran pernapasannya mengalami peradangan. Sedangkan bronkitis jenis akut banyak disebabkan karena virus atau bakteri yang dapat menular ke orang lain.

  •         Gejala

Gejala yang ditunjukkan pada penyakit bronkitis kronis adalah seperti nafas yang berbunyi, batuk yang berdahak hingga memiliki nafas yang pendek. Sedangkan gejala gejala bronkitis akut umumnya muncul seperti gejala yang sama dengan influenza. Namun seiring berjalannya waktu dan gejala influenza sudah berkurang, batuk masih tetap dialami penderita bahkan dengan kondisi yang memburuk.

Penyakit bronkitis akut sangat perlu diwaspadai karena banyak yang telah mengabaikan penyakit ini dan menganggapnya sebagai penyakit batuk biasa. Ada beberapa hal yang dapat membedakan gejala bronkitis dengan gejala influenza. Gejala bronkitis akan memberikan penderitanya rasa yang tidak nyaman di dada, kesulitan untuk bernafas, dada yang terasa nyeri, tubuh terasa lebih lelah, dan lendir yang berwarna kuning atau kehijauan.

  •         Cara Penularan

Penularan bronkitis akut bisa terjadi ketika penderita melakukan kontak langsung dengan pasien. Bronkitis akan menular melalui cipratan droplet ludah atau benda yang sudah terkontaminasi virus atau bakteri dari bronkitis akut tersebut. Maka dari itu, penderita gejala bronkitis akut biasanya perlu diisolasi mandiri supaya tidak menularkannya ke orang lain. Apakah sudah terjawab pertanyaan apakah bronkitis menular atau tidak?

Bagaimana Cara Mencegah Penularan Bronkitis Akut?

Lalu bagaimana cara untuk mencegah penularan bronkitis akut tersebut? Menurut para dokter penyakit dalam, penyakit bronkitis bisa diminimalisir penularannya dengan cara melakukan beberapa upaya sederhana. Seperti mencuci tangan di air yang mengalir sesering mungkin. Terutama jika Anda bekerja di luar ruangan yang memungkinkan Anda terpapar virus lebih banyak.

Cara pencegahan berikutnya adalah dengan melakukan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjauhi kerumunan terutama orang yang menderita penyakit flu, dan mengusahakan untuk rutin konsumsi makanan yang sehat serta mengandung nutrisi yang lengkap untuk kesehatan tubuh Anda.

Jika Anda memiliki aktivitas di luar rumah, sebaiknya bawa perlengkapan pribadi sehingga Anda bisa menggunakan perlengkapan tersebut tanpa khawatir tertular virus dari pemakaian alat-alat atau fasilitas publik.

Penderita bronkitis akut juga harus mengetahui bagaimana cara agar supaya penyakit yang dideritanya tak menyebar luas dengan mudah. Di antaranya adalah dengan menerapkan protokol kesehatan dan usahakan untuk menggunakan etika batuk dengan benar. Tutup hidung dan mulut dengan masker ketika bepergian ke luar rumah. Usahakan untuk menjauhi aktivitas bersama dengan banyak orang untuk sementara waktu. 

Sekian ulasan singkat untuk pertanyaan apakah bronkitis menular atau tidak. Semoga membantu untuk menjalankan protokol kesehatan di manapun kamu berada.

Jangan lupa untuk terus memenuhi kebutuhan kesehatan pernapasan dimanapun kamu berada. Untuk kamu yang memiliki gangguan pernapasan, Jovee menyediakan PULMOSOL RASA CREAMY VANILLA 150 G (Rp74.200), asupan nutrisi tambahan bagi penderita gangguan pernapasan seperti PPOK, serangan asma, hingga TB Paru.

Ingin tahu bagaimana cara mencegah penularan bronkitis lainnya? Download aplikasi Jovee! Dengan Jovee Anda dapat melihat referensi suplemen sesuai kebutuhan personal. Dapatkan obat dan suplemen terbaik hanya dari Jovee. Tersedia di Play Store dan App Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Obat Efektif Meringankan Maag Untuk Anak

Kesehatan Lainnya   26/11/2021

Obat Ampuh Penurun Panas pada Anak

Kesehatan Lainnya   23/11/2021
Penyebab_Impotensi

Hindari Penyebab Impotensi Di Usia Muda

Kesehatan Lainnya   07/10/2021
Lutut_Bengkak

Apa Penyebab Lutut Bengkak?

Kesehatan Lainnya   06/10/2021
Cara mengatasi mata bintitan

Cara Cepat Atasi Mata Bintitan

Kesehatan Lainnya   01/10/2021