fbpx
BerandaGaya Hidup SehatApakah Yoga Pilates Efektif dalam Menurunkan Berat Badan?
Menurunkan berat badan tidaklah mudah karena melibatkan banyak faktor, seperti hormon dan genetik. Tetapi sebenarnya, berat badan bisa dikontrol dengan menyeimbangkan kalori masuk dan keluar, serta mengombinasikannya dengan olahraga. Salah satu olahraga yang disebut-sebut bisa membantu menurunkan berat badan adalah yoga pilates.

Apakah Yoga Pilates Efektif dalam Menurunkan Berat Badan?

Jenis olahraga ini digandrungi oleh kebanyakan wanita. Pilates memang bisa membantu menurunkan berat badan. Sayangnya, kalori yang terbakar saat pilates tidak sebanyak olahraga lari atau indoor cycling. Jadi sebetulnya, seberapa efektif pilates dalam menurunkan berat badan?

 

Peran yoga pilates dalam menurunkan berat badan

Pada hakikatnya, pilates memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, menurunkan berat badan sampai 10 kilogram dalam seminggu bukan salah satunya. Secara sederhana, berat badan bisa turun karena pembakaran kalori.

Jumlah kalori yang terbakar saat seseorang melakukan olahraga ini, tergantung pada jenis kelas pilates yang diikutinya. Misalnya, seseorang dengan berat badan 68 kilogram yang mengikuti kelas pilates untuk pemula selama 50 menit, akan mengalami pembakaran kalori sebesar 210 hingga 360 kalori tiap sekali latihan.

Laju pembakaran energi tiap orang akan berbeda-beda, dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Untuk menurunkan sekitar 0,5 kilogram berat badan, seseorang harus membakar sebanyak 3.500 kalori. Jika Anda melakukan olahraga pilates untuk pemula setiap hari tetapi tidak menjaga asupan makanan, berat badan Anda hanya akan turun 0,5 kilogram per 2 minggu.

Maka dari itu, untuk mencapai berat badan yang Anda inginkan, kombinasikan pilates dengan jenis olahraga lain. Tingkatkan juga intensitasnya jika Anda mau hasil yang maksimal. Selain itu, asupan makanan juga harus dijaga karena kombinasi diet dan olahraga efektif untuk menurunkan serta mengontrol berat badan.

Intinya adalah, pilates bisa membantu menurunkan berat badan, jika dikombinasikan dengan kontrol asupan makanan bergizi seimbang, gaya hidup sehat, serta jenis olahraga lainnya.

 

Manfaat olahraga yoga pilates

1. Memperkuat otot

Pilates membantu mengencangkan otot-otot, terutama di daerah tengah tubuh (perut dan punggung), sehingga Anda akan terlihat lebih kurus. Penguatan otot-otot karena pilates ini sekaligus menghancurkan lemak berlebih yang tersimpan di daerah tengah tubuh, serta meningkatkan keseimbangan.

Berdasarkan studi yang diterbitkan Journal of Physical Therapy Science, efek penguatan otot dirasakan oleh subjek penelitian setelah melakukan pilates tiap minggu selama 3 bulan.

Sebagian orang, khususnya yang punya berat badan berlebih, mungkin merasa kesulitan ketika berolahraga karena kekuatan ototnya yang tidak optimal. Nah, olahraga pilates ini bisa membantu menguatkan otot-otot tubuh dan membuat seseorang lebih lentur.

 

2. Memperbaiki postur tubuh

Gerakan pilates melatih koordinasi dan gerakan yang simetris dengan tubuh. Dengan begini, seseorang akan terbiasa melakukan gerakan duduk, atau berdiri dengan postur yang tepat. Hal itu akan membantu mencegah dan rasa nyeri akibat posisi tubuh yang tidak baik sebelumnya.

Peregangan otot-otot yang terjadi saat melakukan pilates juga mampu meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga memperlancar sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

Secara tidak langsung, pilates juga membantu untuk:

  • Meredakan dan mengurangi frekuensi nyeri punggung
  • Meningkatkan energi
  • Membuat otot-otot bahu, leher, dan punggung lebih relaks
  • Mencegah cedera tulang dan sendi
  • Meningkatkan konsentrasi dan kontrol serta kesadaran gerakan tubuh
  • Membuat pikiran lebih relaks dan mencegah stres

 

Itulah beberapa informasi mengenai yoga pilates. Kesimpulannya, jika Anda mencari cara menurunkan berat badan dengan cepat, pilates bukan jawabannya. Tetapi, apabila Anda ingin membentuk tubuh agar terlihat lebih kurus, serta meningkatkan kekuatan secara keseluruhan, latihan pilates rutin bisa mewujudkannya.

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Lee, H. T., dkk. 2016. Effect of mat pilates exercise on postural alignment and body composition of middle-aged women. Journal of physical therapy science. 28(6): 1691–1695.

Ruiz-Montero, P. J., dkk. 2014. 24-weeks Pilates-aerobic and educative training to improve body fat mass in elderly Serbian women. Clinical interventions in aging. 9: 243–248.

Rachel L. (Well + Good). 2020. The Benefits of Pilates Go Way Beyond Core Strength—Here’s What to Expect.

Kara MR. (WebMD). 2019. Pilates.

Better Health. 2020. Pilates and yoga – health benefits.

Andrea B. (Livestrong). 2019. Does Pilates Help You Lose Weight?

Danni G. (Women’sHealth). 2018. The 6 Biggest Myths About Pilates, Busted By An Expert.

Tersedia di Jovee shop

Work Power – Meniran Extract, Multivitamin & Ginseng untuk Stamina

VITAHEALTH COQ10 & LECITHIN & VITAMIN E 30 Kap

Interbat Vitazet – Multivitamin Daya Tahan Tubuh

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

chinese-restaurant-syndrome

Chinese Restaurant Syndrome, Apa Itu?

Gaya Hidup Sehat   14/06/2022
cara-mengontrol-berat-badan-saat-hamil

6 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Gaya Hidup Sehat   07/06/2022
damapk-kurang-tidur-pada-perkembangan-otak-anak

Dampak Kurang Tidur pada Perkembangan Otak Anak

Gaya Hidup Sehat   06/06/2022
tips-anak-rajin-membaca

8 Tips Agar Anak Lebih Rajin Membaca

Gaya Hidup Sehat   02/06/2022
apakah-begadang-menyebabkan-jerawat

Begadang Bikin Jerawat? Ini Dia 7 Efek Begadang

Gaya Hidup Sehat   23/05/2022