fbpx
BerandaKesehatan LainnyaBagaimana Cara Mengukur Berat Badan Ideal Pria?

Tidak hanya wanita yang sering mendambakan memiliki berat badan ideal, seringkali pria juga melakukan hal yang serupa. Selain terlihat lebih proporsional dan menarik, memiliki berat badan ideal juga erat kaitannya dengan masalah kesehatan. Sudah menjadi rahasia umum jika tubuh yang terlalu gemuk atau mengalami obesitas sangat rawan terkena penyakit mematikan seperti jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lain. Bukan cuma obesitas, terlalu kurus juga rentan mengalami berbagai penyakit.

Bagaimana Cara Mengukur Berat Badan Ideal Pria?

Bagi pria, berat badan yang terlalu kurus bisa mengakibatkan anemia, kekurangan gizi, kebotakan, menurunkan sistem kekebalan tubuh hingga mengganggu kesuburan. Oleh sebab itu, sebaiknya para pria juga harus memperhatikan berat badan dengan lebih serius.

Cara Tepat Menghitung Berat Badan Pria

Sebenarnya berat badan setiap orang itu berbeda-beda, tergantung dari bermacam-macam faktor, seperti tinggi badan yang Anda miliki. Jadi, membandingkan berat badan Anda dengan orang lain yang memiliki tinggi badan berbeda bukanlah hal yang tepat walaupun itu keluarga sekalipun.

Berat badan pria umumnya lebih besar dibandingkan dengan perempuan karena pria cenderung memiliki badan yang lebih tinggi dibandingkan wanita.

Menghitung berat badan bisa dilakukan dengan sedikitnya 2 cara yaitu menggunakan rumus Broca dan perhitungan indeks massa tubuh (IMT). Cara menghitung berat badan ideal pria tersebut sangat mudah, bahkan untuk Anda yang masih awam. Berikut rumus sederhana untuk menentukan berat badan ideal pria.

1. Indeks massa tubuh (IMT) atau body mass index (BMI)

BMI menggunakan perbandingan antara tinggi dan berat badan dengan rumus:

BMI = berat badan (dalam kg) / [tinggi badan (dalam m) x tinggi badan (dalam m)]

Contohnya, jika tinggi badan Anda 160 cm dan berat badan 60 kg, maka BMI yang didapatkan adalah 23,4 dengan perhitungan sebagai berikut:

BMI = 60 [1,6 x 1,6]= 23,4

Selanjutnya, hasil iMT yang diperoleh dibandingkan dengan kategori sebagai berikut:

  • 18,5: berat badan Anda termasuk kurus
  • 18,5 – 25: berat badan pria dikatakan ideal
  • 25,1 – 27: berat badan berlebih (overweight)
  • > 27: Anda sudah tergolong obesitas

Sedikit catatan untuk perhitungan indeks massa tubuh, patokan angkanya akan sedikit berbeda karena rata-rata tinggi badan pria Asia cenderung lebih pendek dibandingkan dengan rata-rata tinggi badan pria Eropa dan Amerika.

Selain itu, perhitungan ini juga tidak berlaku untuk Anda yang seorang atlet atau binaragawan karena orang-orang dengan profesi tersebut pada umumnya memiliki massa otot yang besar sehingga memiliki berat badan yang besar akibat besarnya otot dan bukan karena lemak.

2. Rumus Broca

Perhitungan berat badan ideal menggunakan rumus ini dibedakan untuk pria dan wanita. Hal itu disebabkan karena pria umumnya memiliki massa otot yang lebih banyak dibandingkan dengan perempuan yang cenderung memiliki lebih banyak lemak. Berikut rumus Broca untuk berat badan ideal pria.

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Contoh perhitungan dengan rumus ini yaitu, jika Anda memiliki tinggi badan sebesar 170 cm, maka berat badan pria ideal tersebut adalah sebesar 70 – 7 = 63 cm.

Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal untuk Pria

Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal untuk Pria

Bagi para pria yang menginginkan berat badan ideal, pilihan terbaik adalah dengan menyeimbangkan kalori yang dikonsumsi dengan kalori yang dibakar. Melakukan diet ketat seperti yang banyak dilakukan oleh orang-orang sebetulnya kurang tepat apalagi jika dilakukan tanpa rekomendasi dokter atau ahli gizi.

Agar Anda bisa menurunkan berat badan, jumlah kalori yang dikeluarkan harus lebih besar dibandingkan dengan kalori yang dikonsumsi dan begitu pula sebaliknya. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa Anda praktekan untuk mendapatkan berat badan ideal.

1. Perhatikan pola makan

Mengatur pola makan adalah hal yang paling penting. Pilihlah makanan yang sehat dan segar sehingga kebutuhan nutrisi Anda tercukupi. Perbanyak konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, ikan, tahu, tempe dan produk rendah lemak lainnya.

Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti keju, daging olahan hingga susu tinggi lemak. Hindari juga konsumsi makanan cepat saji secara berlebihan karena selain tidak sehat dan minim kandungan gizinya, makanan tersebut juga mengandung banyak kalori.

Salah satu cara untuk membentuk otot saat menjaga berat badan ideal adalah konsumsi Universal Amino 1900 (Rp 490.000). Universal amino 1900 adalah suplemen untuk membantu pembentukan otot. Berasal dari sumber amino yang lengkap dan mudah diserap tubuh.

2. Perhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi

Walaupun Anda sudah mengonsumsi makanan yang sehat, tapi porsinya juga harus tetap diperhatikan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan apapun bisa menyebabkan obesitas. Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu mengonsumsi makanan dalam jumlah yang wajar agar tidak mengganggu kesehatan. Disamping itu, mengambil makanan dalam jumlah yang besar terkesan tidak sopan karena seringkali akan bersisa sehingga Anda justru malah membuang-buang makanan.

3. Perbanyak minum air putih

Tubuh manusia sebagian besarnya terdiri dari air. Mengonsumsi air putih selain lebih menyehatkan tubuh juga bisa membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga bisa menunda rasa lapar atau keinginan untuk jajan. Bukan cuma itu, konsumsi air putih juga bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari. Idealnya, Anda membutuhkan 8 gelas air putih tiap hari atau lebih jika Anda melakukan aktivitas fisik yang berat.

4. Rutin olahraga

Untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, Anda sebaiknya rutin melakukan olahraga. Olahraga ringan seperti berjalan-jalan atau bersepeda pun tidak masalah selama dilakukan secara rutin. Idealnya, Anda harus berolahraga minimal 3 kali per minggu selama 15 – 30 menit.

Bagi pria yang memiliki massa otot lebih banyak dibandingkan perempuan, olahraga yang dilakukan bisa lebih banyak dan lebih lama. Biasanya, para pria cenderung memilih olahraga untuk melatih otot perut dan lengan karena lebih mudah dilihat perubahannya.

Kunci untuk mencapai berat badan ideal sebenarnya hanya satu yaitu disiplin. Hal ini tentu saja juga berlaku bagi perempuan, hanya saja bagi pria porsi olahraga dan porsi makanannya cenderung lebih besar dibandingkan perempuan karena kebutuhan energinya yang lebih besar sehingga besar kemungkinan merasa lelah dan bosan.

Selain menjaga pola makan dan berolahraga, dukungan orang sekitar juga sangat penting. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda berolahraga bersama teman atau pelatih pribadi yang terus mendukung usaha yang Anda lakukan.

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

covid di Indonesia

Perkembangan Kasus COVID di Indonesia Saat Ini

Kesehatan Lainnya   30/05/2023
gejala covid di mata

Gejala Covid di Mata: Gejala dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   29/05/2023
cara mengatasi rambut patah akibat smoothing

Cara Mengatasi Rambut Patah Akibat Smoothing

Kesehatan Lainnya   28/05/2023
hair tonic untuk rambut rontok

Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok

Kesehatan Lainnya   14/05/2023
the balm meet matte review

The Balm Meet Matte Review

Kesehatan Lainnya   28/04/2023