fbpx
BerandaGaya Hidup SehatOrgan Pencernaan Manusia, Bagaimana Cara Memeliharanya?

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Sistem pencernaan manusia itu adalah salah satu sistem yang sangat penting yang memiliki pengaruh yang sangatlah besar bagi tubuh. Bila organ pencernaan manusia mengalami masalah, maka akan timbul berbagai macam penyakit yang mungkin akan menjadi sangat berbahaya sekali. Karena itulah kita harus bisa merawat sistem pencernaan kita dengan mengetahui masing-masing organ dalam sistem pencernaan tersebut. Berikut ini kami akan informasikan beberapa organ yang termasuk dalam pencernaan manusia.

Organ Pencernaan

Jadi memang ada beberapa organ yang termasuk dalam pencernaan manusia, dan kita harus memahaminya supaya bisa menjaga kesehatannya. Berikut ini beberapa organ di dalam pencernaan.

  1.     Mulut

Mulut menjadi salah satu organ yang termasuk di dalam sistem pencernaan, karena disinilah makanan akan masuk ke dalam tubuh. Di dalam mulut ada gigi yang dipakai untuk mencerna makanan supaya lebih halus dan bersamaan dengan air liur. Selain itu ada lidah juga yang dipakai untuk membantu proses pengunyahan dan proses pendorongan ke kerongkongan.

  1.     Lambung

Lambung merupakan inti dari proses pencernaan, di dalam lambung inilah semua makanan yang masuk itu akan dicerna oleh tubuh. Jadi semua makanan akan hancur dan nutrisinya pun akan terserap melalui lambung ini dengan adanya cairan asam lambung. Proses makanan di lambung ini akan mengubah makanan menjadi cairan pekat semacam pasta yang akan didorong ke usus halus. Jika bermasalah, kamu bisa konsumsi suplemen Sidomuncul Sari Kunyit (Tumeric) (Rp68.000) untuk mengatasinya.

  1.     Kerongkongan

Kerongkongan termasuk dalam organ pencernaan manusia, ini merupakan urutan kedua setelah makanan masuk dari mulut. Dari kerongkongan inilah nantinya makanan akan masuk ke dalam lambung dan makanan akan diproses dan juga dicerna. Di dalam kerongkongan inilah ada semacam selaput atau katup yang bertugas memastikan makanan tidak kembali.

  1.     Pankreas

Pankreas ini termasuk juga dalam organ pencernaan, namun tidak hanya sebagai penghasil insulin saja sebenarnya. Dari pankreas inilah yang akan mengeluarkan enzim yang akan mencerna makanan dan mengolah makanan untuk menjadi nutrisi yang diperlukan tubuh. Ini akan memecah karbohidrat menjadi glukosa dan juga memecah protein menjadi asam amino dan seterusnya.

  1.     Usus Halus

Setelah dari lambung maka hasil makanan yang sudah dicerna akan masuk ke usus halus, dan disinilah proses penyerapan nutrisi. Jadi di sini akan kembali makanan dicerna dan semua nutrisi yang dihasilkan dari makanan akan dibantu diserap di usus halus ini.

  1.     Kantong Empedu

Selain itu ada juga kantong empedu yang menghasilkan cairan empedu yang akan mengubah lemak menjadi asam lemak. Cairan empedu ini akan dikirimkan ke usus halus untuk membantu proses cerna dari makanan yang masuk ke dalam usus halus.

  1.     Usus Besar

Setelah semua nutrisi sudah diambil maka akan ada limbah cerna dalam hal ini adalah tinja. Nah usus besar akan mendorong tinja ini ke rektum yang menjadi tempat akhir pencernaan tersebut. Setelah sudah penuh dan siap dibuang melalui anus, maka kalian akan memiliki keinginan buang air besar.

Cara Memelihara Kesehatan Pencernaan

organ pencernaan manusia

Untuk memelihara kesehatan pencernaan kalian itu harus memiliki asupan nutrisi yang baik seperti serat yang harus terpenuhi. Kebutuhan serat akan membuat pencernaan menjadi sehat. Selain itu juga perlu memenuhi kebutuhan bakteri baik supaya organ pencernaan manusia sehat.

Informasi seperti ini mungkin dibutuhkan oleh banyak orang, karena info kesehatan itu sangat bisa membantu orang menjaga kesehatan mereka. Nah kalian bisa mendapatkan informasi yang lengkap di Jovee. 

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Jerawat_Pasir

Kenali Cara Membasmi Jerawat Pasir yang Membandel

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021
Cara_Menenangkan_Pikiran

Ketahui Cara Menenangkan Pikiran secara Sederhana

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021
Varian Mu

Varian Mu, Varian COVID-19 Terbaru Yang Mengancam

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021
manfaat alkohol

Manfaat Dari Minuman Beralkohol

Gaya Hidup Sehat   07/09/2021
cara-menghilangkan-belang-wajah

Cara Menghilangkan Belang di Wajah secara Alami

Gaya Hidup Sehat   06/09/2021