fbpx
BerandaGaya Hidup SehatKetahui Cara Menenangkan Pikiran secara Sederhana

Mudah galau dan overthinking merupakan gejala stres yang dialami oleh sebagian besar masyarakat modern sekarang ini. Tak jarang ketika sedang terdiam, pikiran memikirkan sesuatu yang terkadang membuat stres. Tentunya hal tersebut dapat berdampak pada kondisi kesehatan sehingga cara menenangkan pikiran banyak dilakukan oleh manusia sekarang ini.

Cara_Menenangkan_Pikiran

Perasaan tidak tenang serta cenderung merasa galau dapat membuat kesehatan orang tersebut menjadi terganggu. Kondisi psikologis yang demikian umumnya dialami oleh sebagian masyarakat yang hidup di zaman modern seperti sekarang ini. Nah, berikut beberapa penyebab yang membuat pikiran menjadi tidak tenang dan mudah cemas.

Faktor Penyebab Timbulnya Kecemasan

Mudah cemas dan tidak tenang adalah gangguan mental yang menjadi perhatian serius psikolog sekarang ini. Hal ini karena adanya permasalahan pada fungsi otak yang mana mengatur perasaan takut dan juga kestabilan emosi manusia. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kecemasan dan pikiran tidak tenang, di antaranya:

1.     Gangguan Kepribadian

Di mana gangguan ini diklasifikasikan menjadi tiga kelas, yakni gangguan kepribadian kelas a, kelas b dan kelas c yang mana hampir rata didominasi rasa cemas dan emosi yang tidak terkontrol dengan baik.

2.     Pengalaman Negatif

Hal ini menyangkut dengan permasalahan atau kejadian tertentu yang mana membuat bekas pada memori yang membuat stres serta trauma secara psikologis.

3.     Permasalahan Hidup

Pikiran yang tidak tenang juga merupakan salah satu dari permasalahan hidup yang besar, yang mana pada saat ini dikenal dengan istilah quarter life crisis yang banyak timbul pada sebagian besar generasi muda milenial zaman ini.

4.     Penyakit Tiroid

Kecemasan dan perasaan tidak tenang juga dapat dikarenakan adanya gangguan pada irama jantung atau penyakit tiroid yang muncul karena ketidakseimbangan hormon.

5.     Efek Samping Obat

Konsumsi obat atau suatu zat yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab dari timbulnya perasaan cemas yang berlebihan atau stres. Hal ini karena konsumsi zat dalam obat tersebut berlebihan, seperti kafein ataupun narkotika.

Kiat Menenangkan Pikiran

Timbulnya kecemasan dan pikiran yang tidak tenang sering berujung pada rasa stres dan dapat berdampak pada kesehatan jasmani dari penderitanya. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menghindari pikiran dengan cara menenangkan pikiran yang dapat dilakukan secara sederhana secara rutin. Berikut kiat menenangkan pikiran secara mudah.

1. Melakukan Meditasi

Ciptakanlah ketenangan dalam diri melalui kegiatan meditasi yang dilakukan secara rutin. Pada saat bermeditasi, otak akan dikosongkan serta pikiran-pikiran negatif yang mengganggu dapat menjauh. Suasana yang tenang juga membantu dalam menciptakan ketenangan dalam diri yang membuat terciptanya keseimbangan antara pikiran dan perasaan.

2. Bersyukur

Salah satu cara paling mudah untuk menenangkan pikiran ialah dengan bersyukur. Dengan bersyukur pada semua kondisi yang dijalani, maka pikiran akan terbiasa untuk menerima setiap keadaan, baik itu ketika sulit maupun lapang. Bersyukur dapat dimulai dari kesehatan yang dirasakan, makanan yang dimakan serta fasilitas hidup yang didapatkan.

3. Membaca Kalimat Motivasi

Lewat banyaknya media sosial yang beredar sekarang ini, tak sedikit yang menyelipkan kata-kata motivasi atau mutiara untuk meningkatkan dorongan dalam hidup. Hal tersebut dapat menghilangkan rasa cemas, menumbuhkan rasa semangat dan percaya pada diri.

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan “coba juga melakukan olahraga, olahraga dapat membantu menenangkan pikiran atau mengurangi stress dan ketegangan.”

Demikian yang berkenaan dengan cara menenangkan pikiran yang mana baik untuk dicoba guna menghilangkan rasa cemas, gelisah dan emosi yang tidak stabil di jiwa dan raga.

Apabila stres sedang melanda, Anda dapat mengonsumsi Blackmores Executive B 62 Kaplet (Rp290.000) untuk menurunkan tekanan saraf yang dapat memicu stres.

Simak artikel seputar tips dan trik kesehatan lainnya dari Jovee, pusat vitamin terlengkap. Unduh juga aplikasi Jovee melalui Play Store dan App Store serta dapatkan suplemen personalmu. Cari tahu pula tentang suplemen yang kamu butuhkan dengan berkonsultasi secara gratis dengan nutrisionis Jovee.

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Jerawat_Pasir

Kenali Cara Membasmi Jerawat Pasir yang Membandel

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021

Organ Pencernaan Manusia, Bagaimana Cara Memeliharanya?

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021
Varian Mu

Varian Mu, Varian COVID-19 Terbaru Yang Mengancam

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021
manfaat alkohol

Manfaat Dari Minuman Beralkohol

Gaya Hidup Sehat   07/09/2021
cara-menghilangkan-belang-wajah

Cara Menghilangkan Belang di Wajah secara Alami

Gaya Hidup Sehat   06/09/2021