fbpx
BerandaKesehatan LainnyaCara Menggunakan dan Membaca Hasil Test Pack dengan Benar

Cara paling mudah dan cepat untuk mendeteksi kehamilan adalah dengan menggunakan alat test pack. Namun, saat hasil test pack samar banget, kamu jadi bingung apakah kamu positif hamil atau tidak.

hasil-test-pack-positif

Test pack adalah alat yang digunakan untuk mengetahui apakah seorang wanita hamil atau tidak. Pasalnya, hasil test pack tidak akan akurat jika tidak digunakan dengan benar. Test pack bekerja dengan cara mendeteksi keberadaan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin. Hormon ini hanya muncul jika sel telur yang dibuahi telah menempel di dinding rahim.

Jarang sekali ditemukan kesalahan pada alat test pack, karena keakuratannya yang mencapai lebih dari 99%. Sehingga, jika hasilnya adalah negatif, itu berarti kamu tidak hamil. Jika kamu tidak menggunakan test pack dengan benar, ada kemungkinan hasil yang muncul menjadi tidak akurat. Nah, agar hal ini tidak terjadi, yuk simak cara menggunakan test pack dengan benar berikut ini.

Cara Menggunakan Test Pack yang Benar

Jenis test pack ada bermacam-macam, namun yang paling umum dijual di pasaran adalah test pack dalam bentuk strip dan digital.

1. Test Pack Strip

Test pack ini berbentuk strip dan berukuran sangat kecil. Cara menggunakan test pack strip ini adalah sebagai berikut.

  • Tampung urin dalam wadah urin yang disediakan
  • Celupkan strip ke dalam urin. Jangan melebihi batas maksimal (garis di bawah tanda panah)
  • Angkat strip setelah 10 detik. Letakkan pada bidang datar, bersih, dan kering
  • Baca hasil tes setelah 40 detik, atau kira-kira 2-5 menit untuk mendapatkan hasil yang akurat

Jika hasil menunjukkan dua garis merah, itu menandakan bahwa kamu positif hamil.

2. Test Pack Digital

Seperti namanya, test pack ini hadir dalam bentuk digital. Pada test pack jenis ini, urin dideteksi melalui ujung stik test pack. Kelebihan dari test pack jenis ini adalah pengecekan urin yang dapat dilakukan berulang kali hanya dengan satu alat. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan plastik yang terdapat pada ujung alat
  • Pegang alat dengan posisi tip penyerap mengarah ke bawah
  • Rendam tip penyerap dalam urin selama 10 detik, atau tip penyerap langsung di bawah aliran urin selama 5 detik
  • Tunggu hasil selama kurang lebih 3-4 menit untuk mendapatkan hasil yang akurat

Macam-macam Hasil Test Pack

Setelah tahu cara menggunakan test pack dengan benar, sekarang saatnya mengetahui penjelasan mengenai hasil yang muncul. Perlu diketahui, kesalahan saat menggunakan test pack, kondisi tubuh, dan waktu penggunaan test pack dapat mempengaruhi hasil test pack. Berikut ini macam-macam hasil test pack yang perlu kamu ketahui.

1. Hasil Test Pack Satu Garis Merah

Jika kamu mendapatkan hasil test pack satu garis merah samar, itu artinya hasil test pack kamu negatif (tidak hamil). Namun, bisa jadi hasil negatif dikarenakan hormon hCG dalam urin belum meningkat. Kamu dapat melakukan tes ulang setelah 2 minggu untuk melihat hasil yang lebih akurat.

2. Hasil Test Pack yang Samar

Banyak dari wanita yang merasa bingung ketika mendapatkan hasil test pack yang samar-samar. Menurut Healthline, jika hasil yang muncul adalah dua garis samar, besar kemungkinan kamu positif hamil. Dalam kasus ini, hasil test pack yang samar-samar dapat disebabkan oleh rendahnya kadar hormon kehamilan hCG.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua dua garis merah yang samar menandakan kamu positif hamil. Terkadang, garis positif yang muncul adalah garis penguapan. Garis penguapan ini muncul karena urin yang menguap dari alat tes. Sulit untuk menentukan apakah garis samar adalah garis positif atau garis penguapan.

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu melakukan tes ulang menggunakan test pack yang berbeda untuk memastikan kehamilan. Salah satu test pack yang dapat kamu gunakan untuk mendeteksi kehamilan dengan akurat adalah Woman Choice Test Pack (Rp39.600).

3. Hasil Test Pack 2 Garis Merah

Jika hasil test pack kamu menunjukkan dua garis merah, selamat! Kamu positif hamil. Lalu, bagaimana jika hasil menunjukkan dua garis merah yang berjauhan? Jika hasil tes memperlihatkan dua garis merah berjauhan, ada baiknya kamu melakukan tes ulang. Terkadang, pengguna test pack keliru mengira bahwa garis rembesan urin merupakan garis penunjuk hasil. Jadi, pastikan kamu tidak salah lihat ya.

Nah, bagi kamu yang menginginkan anak kembar, hasil test pack positif juga bisa menjadi penanda, lho! Pada hasil test pack positif anak kembar, hasil tes akan muncul dengan cepat dan berwarna gelap. Hal ini dikarenakan hormon hCG pada ibu yang mengandung anak kembar lebih banyak sehingga menghasilkan garis dengan warna yang lebih gelap.

Tips Mendapatkan Hasil Test Pack yang Akurat

Berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan hasil test pack yang akurat:

  • Pastikan test pack belum kedaluwarsa.
  • Lakukan tes di pagi hari. Hormon hCG diproduksi paling banyak di pagi hari. Melakukan tes pada pagi hari dapat meningkatkan keakuratan hasil.
  • Jangan menunggu hasil terlalu lama. Segera lihat hasil test pack sesuai anjuran waktu pada kemasan masing-masing merk.
  • Hanya melakukan satu kali tes. Lakukan test pack pada merk yang berbeda untuk memastikan kehamilan.
  • Jangan melakukan tes terlalu cepat. Lakukan tes 7 hari setelah berhubungan badan atau setelah kamu melewatkan satu siklus menstruasi.

dr. Amanda dari tim Jovee juga menambahkan, “Alat Test Pack bisa saja menunjukkan hasil negatif (Kondisi Negatif Palsu), padahal anda dalam kondisi hamil. Ini disebabkan karena hormon hCG yang belum sepenuhnya muncul pada urin. Uji konfirmasi hasil test pack bisa dilakukan di fasilitas kesehatan dengan pemerksaan USG.”

Itulah cara menggunakan dan membaca hasil test pack dengan benar. Jika kamu ingin segera mendapatkan momongan, kamu bisa memaksimalkan promil dengan mengonsumsi makanan sehat. Kondisi tubuh dan kesuburan yang baik juga dapat meningkatkan potensi kehamilan.

Untuk meningkatkan kesuburan, kamu dapat mengonsumsi suplemen yang kaya akan coenzym Q10 (CoQ10) seperti Blackmores CoQ10 (Rp182.486) yang dapat dibeli di Jovee . CoQ10 dalam suplemen ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas sel telur dan sel sperma, yang dapat memperbesar peluang hamil.

Temukan informasi mengenai kehamilan lainnya hanya di Jovee. Unduh juga aplikasi Jovee melalui Play Store dan App Store serta dapatkan suplemen personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-paracetamol-bisa-untuk-sakit-kepala

Apakah Paracetamol Bisa Mengatasi Sakit Kepala?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-wasir-bisa-sembuh-sendiri

Benarkah Wasir Bisa Sembuh Sendiri?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-ketombe-makhluk-hidup

Ketombe: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kesehatan Lainnya   13/05/2022
tipes-bisa-menular

Apakah Penyakit Tipes Bisa Menular?

Kesehatan Lainnya   13/05/2022
pengobatan-hepatitis

Hepatitis: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Kesehatan Lainnya   12/05/2022