fbpx
BerandaSeks & AsmaraMengapa Pengetahuan Kesehatan Seksual Sangat Penting?

Menjaga kesehatan seksual dan reproduksi merupakan hal yang sangat penting, baik pada remaja maupun orang dewasa, baik pria maupun wanita. Kurangnya pengetahuan kesehatan seksual yang baik akan meningkatkan risiko kamu terkena penyakit menular seksual hingga kehamilan yang tak diinginkan.

pentingnya-kesehatan-seksual

Untuk mencegah hal-hal negatif ini, diperlukan peran dari keluarga, sekolah, hingga lingkungan sosial. Sayangnya, pengetahuan kesehatan seksual di Indonesia masih sering dianggap tabu. Padahal, topik ini sangat penting dibahas sejak usia dini loh!

Dalam rangka Hari Kesehatan Seksual dunia, kita akan bahas apa itu kesehatan seksual dan cara menjaganya dalam artikel berikut. Yuk, simak sampai habis!

Mengenal Pentingnya Kesehatan Seksual

pentingnya-kesehatan-seksual

Untuk membahas mengenai pentingnya kesehatan seksual, diperlukan pendekatan yang positif dan akses ke informasi yang komprehensif dan berkualitas.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan seksual sebagai keadaan fisik, emosional, mental, dan kesejahteraan sosial yang berkaitan dengan seksualitas; bukan hanya bebas dari penyakit, disfungsi, atau kekurangan lainnya.

Memang terdengar kompleks dan sulit, namun kesehatan seksual sesungguhnya memang mencakup semua aspek kehidupan sehari-hari loh! Itulah sebabnya mengapa berbicara tentang kesehatan seksual sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dalam berbicara mengenai kesehatan seksual, berikut sejumlah aspek yang perlu diketahui dan dipahami.

  • Risiko penularan penyakit menular seksual (PMS)
  • Citra tubuh dan kaitannya dengan aktivitas seksual
  • Identitas seksual dan hubungan yang sehat
  • Praktik seks yang aman dan positif
  • Menentukan batasan (boundaries)

Dengan memahami hal-hal di atas, kamu akan merasakan banyak sekali manfaat, tak hanya bagi tubuh, tapi juga mental. Kurangnya edukasi mengenai hal-hal ini akan tingkatkan risiko kejadian yang tak diinginkan. Misalnya, kehamilan, aborsi, hingga penyakit menular seksual seperti HIV dan gonore.

Cara Menjaga Kesehatan Seksual

Setelah memahami pentingnya kesehatan seksual, kamu dapat melakukan hal-hal berikut untuk menjaga organ reproduksi.

1. Bersihkan organ intim dengan baik dan benar

Baik pria maupun wanita, mengetahui cara yang baik dan benar dalam merawat dan membersihkan organ intim itu penting loh! Jika tidak dilakukan dengan benar, justru akan tingkatkan infeksi jamur.

Nah, kamu bisa bersihkan organ intim dengan air hangat ataupun air biasa. Hindari menggunakan sabun pembersih organ intim karena dapat mengubah pH dan membasmi bakteri baik di organ intim. Terutama pada wanita, tak perlu cemas karena vagina dapat membersihkan dirinya sendiri.

Keputihan pada wanita dinilai normal selama masih putih atau kekuningan, dan punya aroma yang tidak menyengat. Keputihan ini dapat terjadi selama 1 atau 2 tahun sebelum pubertas sampai setelah menopause. Justru, ini adalah pertanda baik karena vagina sedang membersihkan dirinya sendiri.

Jangan lupa, bersihkan organ intim dengan cara diusap satu arah, dari depan ke belakang agar bakteri anus tidak berpindah ke organ intim, ya!

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

2. Lakukan seks yang aman

Tak hanya semata-mata untuk kontrol kehamilan, kondom merupakan cara terbaik kedua untuk mencegah penyakit menular seksual loh! Perlu diingat bahwa cara terbaik pertama adalah dengan tidak gonta-ganti pasangan seksual. Selain itu, kondom juga dapat mencegah ejakulasi dini sehingga durasi seks dapat lebih lama.

3. Terapkan gaya hidup sehat

Makanan sehat, olahraga rutin, tidur yang cukup, dan memenuhi asupan cairan tubuh tak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tapi juga organ reproduksi. Makanya, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok, begadang, dan konsumsi alkohol ya! Bila perlu, konsumsi suplemen kesehatan seperti Vegeblend JR (Rp132.404) untuk memelihara kesehatan tubuh.

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya kesehatan seksual. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

infeksi-jamur-pada-kelamin-wanita

Hati-hati, Kenali Gejala Infeksi Jamur pada Kelamin Wanita

Seks & Asmara   15/12/2022
membersarkan-mr-p

Apakah Membesarkan Mr P Bisa Secara Medis?

Seks & Asmara   02/12/2022
pasangan-manipulatif-adalah

6 Ciri-ciri Pasangan Manipulatif & Cara Menghadapinya

Seks & Asmara   24/11/2022
berhubungan-intim

Berhubungan Intim Berapa Kali yang Ideal dalam Seminggu?

Seks & Asmara   15/09/2022
toxic-relationship-adalah

Toxic Relationship: Definisi, Ciri-ciri, Cara Mengatasi

Seks & Asmara   25/08/2022