fbpx
BerandaKesehatan LainnyaJangan Panik, Begini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Si kecil rewel karena hidung tersumbat? Hidung tersumbat pada bayi merupakan hal yang umum terjadi. Meski tidak berbahaya, kondisi ini bisa membuat bayi merasa tidak nyaman karena hidung yang tersumbat dan pernapasan yang cepat.

cara-mengatasi-hidung-tersumbat-pada-bayi

Hidung tersumbat terjadi karena adanya penumpukan lendir yang menutupi saluran pernapasan hidung. Si kecil yang rewel memang membuat cemas, tapi tetap tenang, kondisi ini bisa ditangani dengan cepat kok, Bunda. Berikut ini sejumlah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang telah Jovee rangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak sampai akhir!

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Dalam menangani hidung bayi yang tersumbat, sebaiknya kamu juga berfokus pada kenyamanan bayi. Berikut ini sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

1. Bersihkan ingus dari hidung bayi

Terkadang, ingus dan lendir pada hidung bayi yang tidak dibersihkan dapat mengeras jika tidak dibersihkan. Sementara itu, anak bayi belum bisa mengeluarkan dan membersihkan ingusnya sendiri. Maka dari itu, membersihkan hidung bayi secara rutin bisa mencegah dan mengatasi penyumbatan pada hidung bayi. Bunda bisa menggunakan cotton bud atau korek kuping yang telah dibasahi air hangat, kemudian usap pelan pada hidung bayi hingga ingus dan lendir terangkat.

2. Gunakan pelembab ruangan (humidifier)

Pelembab ruangan berfungsi untuk menambah kelembapan udara, yang juga membantu membersihkan hidung tersumbat pada bayi. Kelembapan yang dihasilkan dari humidifier membantu ingus dan lendir untuk mencair dan keluar lebih mudah, sehingga Bunda bisa membersihkan hidung bayi dengan lebih optimal.

3. Mandi air hangat

Selain memberi efek menenangkan pada si kecil, mandi air hangat juga bisa membantu meredakan gejala hidung tersumbat berkat uap panas yang dihasilkan. Usap punggung dan dada bayi dengan perlahan untuk berikan kenyamanan pada si kecil juga dapat membantu bayi merasa lebih nyaman.

4. Atur posisi tidur yang tepat

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi selanjutnya adalah dengan mengatur posisi tidur yang tepat. Posisi kepala yang lebih tinggi saat tidur bisa membuat si kecil lebih mudah untuk bernapas, dan juga mencegah ingus menggumpal yang semakin menyumbat hidung. Memberikan asupan cairan yang cukup juga perlu dilakukan agar hidung bayi tetap terjaga kelembapannya.

5. Gunakan obat saline atau nasal spray

Salah satu cara teraman dan paling efektif untuk membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan semprotan hidung atau nasal spray. Produk-produk ini merupakan golongan obat OTC yang dapat dibeli bebas di apotek.

Saline spray ini akan mengencerkan lendir, sehingga ingus dapat keluar dengan sendirinya. Bunda bisa semprotkan saline spray pada hidung bayi sebanyak 2 hingga 3 kali, biarkan lendir keluar dengan sendirinya, lalu bersihkan.

Jika Bunda gunakan saline water dalam bentuk obat tetes, Bunda bisa masukkan beberapa tetes obat ke dalam setiap lubang hidung dan gunakan kapas atau cotton bud untuk membersihkan lendir yang keluar.

7. Gunakan bulb syringe atau alat sedot ingus

Setelah cara-cara di atas dilakukan, terkadang masih ada sedikit lendir yang sulit untuk dikeluarkan. Bunda bisa gunakan alat sedot ingus atau bulb syringe untuk membantu mengeluarkan ingus bayi yang tersisa. Hanya saja, mungkin bayi yang lebih besar bisa jadi lebih rewel karena rasa tak nyaman dari pipet yang dimasukkan ke dalam hidung. Sehingga, cara ini mungkin lebih tepat jika dilakukan pada bayi usia di bawah 6 bulan ya, Bunda.

Pada malam hari, bayi dengan hidung yang tersumbat mungkin lebih sering terbangun, batuk, dan menjadi lebih rewel. Lakukan cara yang sama seperti saat di siang hari, dan pastikan Bunda tetap tenang agar bayi merasa nyaman.

8. Konsultasi dengan dokter

Hidung tersumbat pada bayi biasanya akan sembuh sendiri dalam beberapa hari. Namun, jika berbagai cara di atas telah dilakukan namun hidung tersumbat pada bayi tak kunjung sembuh, periksakan si kecil pada dokter anak untuk dapatkan pengobatan yang lebih tepat dan efektif. Segera bawa si kecil ke ruang gawat darurat jika alami sejumlah gejala berikut:

  • Frekuensi pernapasan yang meningkat dan mengganggu makan atau tidur bayi
  • Lubang hidung yang melebar, merupakan tanda bahwa bayi sedang berjuang menghirup udara
  • Retraksi, yang terjadi ketika tulang rusuk bayi mengisap setiap tarikan napas
  • Mengerang atau mendengus setelah menarik napas
  • Pucat dan warna kulit yang membiru, terutama di sekitar bibir atau lubang hidung
  • Muntah atau demam

Demikianlah delapan cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Tingkatkan daya tahan tubuh bayi agar si kecil tidak mudah sakit, salah satunya dengan memberi asupan vitamin tambahan. Bunda bisa berikan Imboost Kids Syrup (Rp68.400) yang bisa diberikan pada anak usia mulai dari satu tahun untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Dapatkan informasi seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat suplemen & vitamin harian personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-cacar-air-menular

Cacar Air: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Kesehatan Lainnya   19/05/2022
apakah-paracetamol-bisa-untuk-sakit-kepala

Apakah Paracetamol Bisa Mengatasi Sakit Kepala?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-wasir-bisa-sembuh-sendiri

Benarkah Wasir Bisa Sembuh Sendiri?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-ketombe-makhluk-hidup

Ketombe: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kesehatan Lainnya   13/05/2022
tipes-bisa-menular

Apakah Penyakit Tipes Bisa Menular?

Kesehatan Lainnya   13/05/2022