fbpx
BerandaKesehatan LainnyaKapankah Mulai Lagi Menstruasi Setelah Melahirkan?

Setelah sembilan bulan lamanya mengandung si Kecil, secara alamiah tubuh Anda terhenti untuk tidak mengalami menstruasi. Dalam masa nifas ini, banyak orang yang tidak sadar mereka melewatkan menstruasi hingga bayinya lahir, lalu tersadar: Kapan ya mulai lagi menstruasi setelah melahirkan?

menstruasi setelah melahirkan

Banyak pertanyaan yang menyertai seputar menstruasi setelah melahirkan. Apakah menstruasi setelah lahiran akan terasa berbeda dari sebelumnya? Selain itu, sebagian orang mungkin mengkhawatirkan menstruasi setelah melahirkan banyak sekali karena sistem reproduksinya yang sudah berubah.

Untungnya, biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika menstruasi setelah lahiran tidak lancar dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

Agar lebih jelas, berikut ini Jovee merangkum informasi yang perlu diketahui seputar kapan menstruasi setelah lahiran yang penting untuk para ibu ketahui:

Kapankah Mulai Lagi Menstruasi Setelah Melahirkan?

Kapan Anda mulai lagi menstruasi setelah lahiran seringkali bergantung pada apakah Anda menyusui dan seberapa sering Anda menyusui. Ibu yang menyusui anaknya secara eksklusif (hanya memberi bayinya ASI saja, baik melalui menyusui langsung atau memompa), cenderung memulai menstruasinya lebih lambat dibandingkan mereka yang menggunakan susu formula atau kombinasi ASI dan susu formula. Umumnya, para ibu yang memberi susu formula penuh pada anaknya akan mengalami menstruasi setelah melahirkan 2 bulan atau sekitar 6-12 minggu setelah melahirkan.

Mengapa ibu yang memberi anaknya ASI eksklusif lebih lambat mendapatkan menstruasi setelah lahiran? Ini sebabkan karena hormon yang disebut prolaktin yang mendorong produksi ASI. Pada dasarnya hormon ini akan menghambat ovulasi.

Jadi, ketika Anda tidak mengalami ovulasi, maka Anda tidak mengalami menstruasi. Karena itulah, bila Anda menyusui secara eksklusif dan tidak kunjung mendapatkan menstruasi setelah melahirkan selama enam bulan atau lebih, maka itu adalah hal yang normal.

Namun, setiap orang berbeda-beda. Beberapa orang yang menyusui secara eksklusif mendapatkan siklus menstruasi lebih cepat, sementara yang lain lebih lambat. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor jika seorang ibu mengalami gangguan dalam rutinitasnya menyusui atau memompa ASI.

Pada ibu yang tidak menyusui sama sekali, biasanya lebih cepat mengalami menstruasi setelah enam hingga delapan minggu setelah melahirkan.

Apakah Keluarnya Darah Menstruasi Setelah Melahirkan Banyak Sekali?

Sebetulnya, tidak ada pola yang khas pada menstruasi pertama setelah melahirkan. Beberapa orang mungkin mengalami menstruasi yang berat dengan darah yang keluar banyak sekali. Yang lain mungkin akan mengalami menstruasi yang normal dan mudah.

Banyak para ibu yang terkejut saat mengetahui bahwa menstruasi pertama mereka setelah melahirkan disertai dengan banyak gumpalan darah di dalamnya. Ini adalah hal yang termasuk normal kok.

Menstruasi setelah lahiran yang dialami tiap orang bisa berbeda-beda, tergantung juga pada pilihan alat kontrasepsi yang digunakan. Jika Anda menyusui dan tidak mengonsumsi pil KB setelah melahirkan, menstruasi Anda mungkin akan lebih ringan.

Perbedaan Menstruasi vs Lokia, Penting Diketahui!

Saat masa nifas, tubuh Anda masih mengeluarkan darah, jaringan, dan lendir yang melapisi rahim saat Anda hamil. Ini disebut dengan lokia, dan ini tidak sama dengan menstruasi.

Lokia berwarna merah cerah dan seringkali mengandung banyak gumpalan darah. Alirannya akan deras selama tiga hingga 10 hari setelah melahirkan. Seiring waktu, warna darahnya akan berubah dari merah cerah ke merah muda, kemudian beralih menjadi cokelat, dan menjadi rona putih kekuningan.

Lokia, atau perdarahan ringan ini dapat berlanjut hingga satu bulan atau lebih. Jadi, sebaiknya siapkan pembalut ekstra ya. Ibu yang melahirkan dengan operasi caesar mungkin akan memiliki lebih sedikit lokia dibandingkan dengan yang melahirkan secara normal.

Segera hubungi dokter atau larikan ke IGD jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda perdarahan pascapersalinan berikut, yaitu jenis perdarahan berbahaya yang dapat terjadi hingga 12 minggu setelah melahirkan:

Pendarahan hebat yang tidak kunjung reda atau berhenti, seperti merendam lebih dari satu pembalut dalam satu jam selama beberapa jam berturut-turut

  • Penglihatan kabur
  • Demam
  • Keringat dingin
  • Detak jantung cepat
  • Pusing, pingsan atau kebingungan
  • Mual

Demikianlah informasi mengenai kapan mulai lagi menstruasi setelah melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

perawatan kulit ibu hamil

Tips Perawatan Kulit Ibu Hamil, Ketahui Apa Saja Bahan yang Aman Digunakan

Kesehatan Kulit   20/09/2023
tas persiapan melahirkan

Ini Daftar Barang untuk Mengisi Tas Persiapan Melahirkan

Kesehatan Lainnya   15/09/2023
persiapan melahirkan

Apa Saja Hal yang Perlu Dilakukan Selama Persiapan Melahirkan?

Kesehatan Lainnya   09/09/2023
laser hair removal

Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Treatment Laser Hair Removal

Kesehatan Lainnya   06/09/2023
kaki bengkak setelah melahirkan

Kaki Bengkak Setelah Melahirkan, Apakah Bahaya?

Kesehatan Lainnya   03/09/2023