fbpx
BerandaKesehatan KulitKelebihan Vitamin E, Apa Dampaknya Bagi Tubuh?

Semua orang mungkin sudah memahami mengenai betapa pentingnya asupan vitamin untuk mendukung kesehatan tubuh. Karena pentingnya vitamin dalam menjalanan berbagai peran penting di tubuh kita, maka para ahli kesehatan tak henti-hentinya menyarankan kita untuk senantiasa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin. Salah satunya adalah vitamin E.

kelebihan vitamin E

Vitamin E adalah vitamin yang dapat larut dalam lemak yang fungsinya sebagai antioksidan. Konsumsi vitamin E dapat membantu menurunkan risiko penyakit kulit, beberapa penyakit kanker, permasalahan penglihatan, dan gangguan fungsi otak. Selain itu, vitamin E juga dapat membantu memperbaiki kerusakan pada kulit dan menjaga kesehatan kulit.

Kekurangan vitamin E bisa menyebabkan refleks tubuh yang lambat, gangguan penglihatan, bahkan bisa berujung kebutaan, aritmia, dan demensia jika kondisi defisiensi vitamin E ini dibiarkan berkepanjangan.

Selain dari makanan, vitamin E juga bisa didapatkan dari konsumsi suplemen. Suplemen vitamin E sebaiknya dikonsumsi hanya untuk mereka yang asupan vitamin hariannya kurang terpenuhi dengan baik, misalnya karena adanya gangguan makan. Sama halnya dengan dampak jika kekurangan, kelebihan vitamin E juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Berikut ini Jovee merangkum informasi mengenai dampak kelebihan vitamin E bagi tubuh yang penting untuk diketahui:

Mengenal Keracunan Akibat Kelebihan Vitamin E

Keracunan akibat kelebihan vitamin E terjadi ketika jumlah vitamin E yang masuk ke dalam tubuh berlebih dan menumpuk di tubuh. Kelebihan vitamin E ini bisa menyebabkan komplikasi kesehatan.

Perlu diketahui, nilai harian (DV) untuk vitamin E adalah 15 mg per hari yang bisa didapatkan dari makanan, seperti:

  • Minyak kedelai, minyak bunga matahari, minyak gandum, minyak jagung.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti almond, hazelnut, kacang tanah.
  • Buah-buahan, seperti buah kiwi, mangga, dan tomat.
  • Sayuran, seperti bayam dan brokoli.

Mengingat vitamin E larut dan disimpan dalam lemak, vitamin ini dapat menumpuk di lemak tubuh, terutama jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan melalui makanan dan suplemen.

bVatas atas toleransi dalam mengkonsumsi vitamin E berbeda-beda. Berdasarkan penggolongan usia, pada orang dewasa batas atas yang dapat ditoleransi adalah 1000mg/hari.

Efek Samping dan Gejala Kelebihan Vitamin E

Gejala kelebihan vitamin E, antara lain:

  • Diare
  • Otot lemah
  • Kelelahan
  • Pusing
  • Perdarahan

Asupan vitamin E yang berlebihan dapat menyebabkan pengenceran darah yang fatal. Kondisi ini dapat mengganggu pembekuan darah, yang merupakan pertahanan alami tubuh terhadap perdarahan berlebihan setelah mengalami cedera.

Banyak orang yang mengkhawatirkan kelebihan vitamin E untuk kulit muka, yang sebetulnya dampaknya lebih dari itu. Kelebihan vitamin E dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke hemoragik atau stroke yang disebabkan oleh perdarahan di otak.

Mengingat potensi risiko yang parah ini, sebaiknya kamu mempertimbangkan konsumsi suplemen vitamin E dalam dosis besar. Memang, konsumsi suplemen vitamin E dapat membantu memperbaiki kondisi kulit dan mencegah penuaan dini pada kulit. Tetapi sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan, vitamin, atau suplemen apapun.

Pengobatan dan Pencegahan

Perawatan untuk penderita keracunan akibat kelebihan vitamin E yang pertama kali bisa dilakukan adalah menghentikan penggunaan suplemen vitamin E yang sedang kamu konsumsi. Namun, untuk komplikasi akibat kelebihan vitamin E yang lebih serius mungkin memerlukan intervensi medis.

Cara terbaik untuk mencegah keracunan vitamin E adalah menjaga asupan vitamin E harian, baik itu dari suplemen atau pun makanan, di bawah UL 1.000 mg per hari. Secara umum, kita tidak mungkin mengalami keracunan vitamin E jika hanya mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E.

Pada berbagai kasus, suplemen vitamin E mungkin akan berdampak buruk bila dikonsumsi melebihi 300 mg per hari. Sebuah penelitian mencatat adanya peningkatan risiko stroke pada orang yang mengonsumsi suplemen vitamin E hingga 180 mg per hari.

Apabila kamu memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang konsumsi suplemen yang mengandung vitamin E sehari-hari, konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan saran dan dosis suplemen vitamin E yang tepat, yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

Semoga informasi mengenai dampak kelebihan vitamin E untuk tubuh ini bermanfaat ya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

perawatan kulit ibu hamil

Tips Perawatan Kulit Ibu Hamil, Ketahui Apa Saja Bahan yang Aman Digunakan

Kesehatan Kulit   20/09/2023
treatment mengecilkan pori-pori wajah

Mengenal Treatment Mengecilkan Pori-pori Wajah

Kesehatan Kulit   19/09/2023
kulit payudara gatal

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Payudara Gatal

Kesehatan Kulit   18/09/2023
perawatan kulit eksim

Tips Perawatan Kulit Eksim untuk Berbagai Kondisi dan Usia

Kesehatan Kulit   17/09/2023
jenis laser wajah

Mengenal Apa Saja Jenis Laser Wajah dan Fungsinya

Kesehatan Kulit   16/09/2023