fbpx
BerandaKesehatan KulitKenapa Wajah Gatal Saat Memakai Skincare?

Saat ini produk skincare yang ditawarkan di pasaran ada banyak sekali jumlahnya. Di Indonesia sendiri, industri kosmetik, termasuk skincare, merebak bagaikan jamur di musim hujan. Tentu saja semua perusahaan produsen skincare mengunggulkan produknya sebagai yang terbaik, dengan klaim penggunaan bahan-bahan terbaik dan menjanjikan hasil yang maksimal pada kulit. Tetapi, sebagian orang mungkin mengeluhkan, alih-alih kulitnya menjadi sehat, kenapa wajah gatal saat memakai skincare?

kenapa wajah gatal saat memakai skincare

Perlu diketahui bahwa dalam membuat suatu produk skincare, produsen mencampurkan puluhan bahkan ratusan bahan-bahan di dalamnya. Bahan yang digunakan pun beragam, bisa jadi menggunakan bahan kimia sintetis, bahan kimia alami, atau pun kombinasi antara keduanya. Di antara bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, ada beberapa bahan yang memang lebih berisiko menimbulkan alergi pada kulit. Itulah kenapa wajah gatal saat memakai skincare karena ada bahan-bahan yang mungkin tidak cocok di kulit kamu.

Lalu, apa penyebab wajah gatal saat menggunakan skincare? Berikut ini Jovee merangkum informasinya, beserta bagaimana cara mengatasi wajah gatal saat pakai skincare yang penting untuk diketahui:

Penyebab Wajah Gatal saat Menggunakan Skincare

Ada beberapa bahan-bahan yang terkandung dalam produk skincare yang harus diwaspadai, terutama bagi kamu pemilik kulit sensitif. Bahan-bahan tersebut antara lain:

Bahan pengawet (preservatives)

Bahan pengawet adalah bahan yang sebetulnya ditambahkan untuk tujuan yang baik, yaitu mempertahankan masa simpan dan kualitas produk agar tidak mudah rusak terkena perubahan udara.

Meskipun begitu, penambahan bahan pengawet di dalam skincare dapat menimbulkan. Bahan pengawet diketahui dapat menyebabkan dermatitis kontak pada beberapa orang. Beberapa bahan pengawet yang biasanya digunakan dalam skincare dan berpotensi menimbulkan dermatitis kontak adalah formaldehyde, isothiazolinone, methylisothiazolinone, dan quaternium-15.

Pewangi atau fragrance

Pewangi atau fragrance adalah penyebab umum yang menimbulkan alergi pada wajah bagi sebagian orang. Itulah kenapa wajah gatal saat memakai skincare, bisa jadi ditimbulkan oleh penggunaan produk skincare yang menambahkan pewangi di dalamnya.

Masalahnya, pewangi atau fragrance biasanya hanya dicantumkan sebagai bahan tunggal dalam pembuatan produk skincare. Padahal, di dalam zat pewangi itu sendiri mengandung banyak sekali komponen kimia yang berbeda-beda, yang memiliki risiko mengiritasi kulit.

Pewarna atau pigmen warna

Agar lebih menarik, tak jarang produsen skincare menambahkan bahan pewarna ke dalamnya. Faktanya, pewarna apapun dapat menyebabkan dermatitis kontak pada kulit sensitif. Terutama pada orang yang biasanya alergi terhadap pewarna makanan, yang kemungkinan juga akan alergi terhadap pewarna dalam produk skincare.

Pewarna yang berisiko lebih besar menimbulkan alergi dermatitis kontak adalah pewarna kuning dan pewarna merah.

Minyak atsiri

Bukan hanya bahan kimia sintetis, bahan-bahan alami pun juga dapat menimbulkan iritasi dan alergi pada kulit wajah. Minyak atsiri atau essensial oil, misalnya.

Biasanya produsen skincare menambahkan minyak atsiri untuk memberikan aroma pada skincare. Tetapi, pemberian minyak atsiri ke dalam produk skincare dalam konsentrasi tinggi berisiko menimbulkan alergi.

Minyak atsiri lainnya yang juga perlu berhati-hati dalam memakainya adalah tea tree oil. Tea tree oil bermanfaat untuk membantu mengatasi jerawat. Tetapi dalam pemakaiannya pastikan secukupnya saja sesuai petunjuk. Tea tree oil tergolong minyak atsiri yang cukup keras. Hanya beberapa tetes saja bisa memicu alergi pada sebagian orang.

Minyak atsiri lainnya yang perlu diwaspadai pemakaiannya dalam produk skincare karena dapat memicu alergi, antara lain minyak ylang-ylang, minyak cengkeh, minyak peppermint, dan minyak kayumanis.

Lanolin

Lanolin adalah bahan alami yang berasal dari wol domba dan digunakan dalam produk pelembap seperti body lotion dan krim wajah. Sebagian orang mungkin lebih sensitif terhadap bahan ini sehingga wajah terasa gatal atau memerah saat menggunakan skincare yang mengandung lanolin.

Cara Mengatasi Wajah Gatal Saat Pakai Skincare

Untuk membantu mengatasi wajah gatal saat pakai skincare, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghentikan pemakaian skincare yang dicurigai menimbulkan alergi. Wajah gatal adalah tanda yang paling jelas kulitmu tidak cocok dengan produk skincare tertentu.

Segera hapus skincare dari wajahmu jika wajah terasa gatal. Gunakan sabun pencuci wajah yang tidak mengandung pewangi atau pun pewarna agar kondisi kulit tidak semakin parah.

Setelah itu, aplikasikan moisturizer atau pelembap dengan formulasi yang lembut, bebas alkohol, dan bebas pewangi untuk membantu menenangkan kulit.

Jika wajah masih terasa gatal setelah beberapa hari, pertimbangkan untuk memeriksakan diri ke dokter kulit agar mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Demikianlah informasi seputar kenapa wajah gatal saat pakai skincare. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hydroquinone

Mengenal Apa Itu Hydroquinone dan Efeknya Bagi Kulit

Kesehatan Kulit   27/05/2023
skincare untuk menghilangkan urat di wajah

Skincare untuk Menghilangkan Urat di Wajah

Kesehatan Kulit   26/05/2023
manfaat masker beras untuk wajah

Manfaat Masker Beras untuk Wajah, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

Kesehatan Kulit   25/05/2023
kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare

Kenapa Wajah Jadi Kusam Setelah Pakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023
wajah memerah setelah pakai skincare

Wajah Memerah Setelah Pakai Skincare, Berbahayakah?

Kesehatan Kulit   22/05/2023