fbpx
BerandaVitamin & SuplemenManfaat Jintan Hitam atau Habbatussauda, Seberapa Ampuh?

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

manfaat-jintan-hitam-habbatussauda

Seperti yang kita ketahui, alam menyediakan berbagai macam tanaman yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa lagi Indonesia terkenal dengan tanaman rempah-rempahnya yang sangat baik bagi tubuh seperti jahe, kunyit, dan ginseng. Tapi tahukah kamu bahwa habbatussauda atau jintan hitam juga kaya akan manfaat bagi kesehatan? Apa itu habbatussauda?

 Yuk simak informasi mengenai manfaat jintan hitam berikut yang telah tim Jovee rangkum untuk kamu.

 

Apa Itu Habbatussauda?

 Habbatussauda atau jintan hitam merupakan biji-bijian yang berasal dari tumbuhan bernama Nigella sativa. Nigella sativa merupakan tanaman berbunga yang berasal dari barat daya Asia. Tanaman ini banyak digunakan baik sebagai makanan maupun obat.

Kini, sudah banyak beredar berbagai suplemen kesehatan yang memiliki kandungan jintan hitam. Suplemen tersebut pun dipasarkan dengan bermacam-macam klaim kesehatan. Tapi, Anda harus hati-hati dalam mengonsumsi semua suplemen, termasuk produk dengan kandungan jintan hitam. Ada baiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya.

 Lalu apa saja manfaat jintan hitam bagi kesehatan?

Kelvin Halim, S. Gz mengatakan, “Habbatusauda merupakan salah satu rempah yang acapkali digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Habbatusauda memiliki timokuinon yang memiliki fugnsi menjaga struktur sel. Pastikan terlebih dahulu kualitas habbatusauda ataupun ekstrak habbatusauda sebelum membeli dan mengonsumsi untuk mendapatkan khasiat yang baik pula.” 

Berikut merupakan beberapa manfaat Habbatusauda bagi kesehatan:

Tinggi Antioksidan

Kandungan senyawa yang berada pada habbatussauda dapat membantu melindungi sel dari kerusakan. Habbatussauda atau jintan hitam ini kaya akan timokuinon. Timokuinon memiliki efek antioksidan serta anti-inflamasi yang tinggi. Penelitian menunjukkan senyawa ini dapat melindungi kesehatan otak serta dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Mengurangi Sakit Perut

Menurut riset, mengonsumsi habbatussauda dapat meredakan sakit perut. Selain sakit perut, rasa sakit akibat kram juga dapat berkurang dengan mengonsumsi minyak jintan hitam ini. Minyak jintan hitam dapat membantu mengurangi gas yang menyebabkan perut kembung. Produk lainnya yang memiliki manfaat yang sama dengan jintan hitam yaitu untuk meredakan sakit perut adalah CAP LANG MINYAK TELON 60Ml – Minyak Kayu Putih Pereda Sakit Perut, Perut Kembung (Rp 39.500).

Menyembuhkan Luka

Pengaplikasian minyak jintan hitam terbukti dapat mengurangi peradangan dan membunuh bakteri. Dengan begitu, penyembuhan luka pada kulit tubuh akan semakin cepat terjadi. Meskipun kandungan yang berada di dalam jintan hitam tidak membantu menumbuhkan serat kolagen baru, tetapi minyak ini dapat merangsang faktor pertumbuhan lain untuk membantu tubuh menciptakan kulit baru yang sahat.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat jintan hitam yang sudah lama dikenal adalah menjaga daya tahan tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa habbatussauda dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, menurut jurnal Pharmacopuncture juga menyebutkan bahwa jintan hitam dan kandungan thymoquinone yang terdapat di dalamnya memiliki efek yang baik dalam pengobatan gangguan autoimun.

Menurunkan Risiko Beberapa Penyakit

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, khasiat jintan hitam yang lain juga dapat menurunkan risiko beberapa penyakit. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa Nigella sativa terutama thymoquinone (kandungan yang terdapat di dalam Nigella sativa) memiliki berbagai macam manfaat seperti aktivitas anti-inflamasi (anti peradangan), anti-mikroba, anti-kanker, antioksidan, antidiabetes, dan antihipertensi. Tanaman ini juga memiliki efek yang baik bagi pencernaan, dan sistem saraf pusat.

Menurut jurnal Pharmacopuncture, thymoquinone memiliki manfaat yang baik bagi pengobatan pasien dengan penyakit peradangan dan penyakit saluran cerna. Jurnal Evidence Based Complementary and Alternative Medicine juga menyebutkan bahwa tanaman herbal tersebut memiliki efek yang sangat baik pada pengobatan penyakit tidak menular (kronis) seperti gangguan neurologis, diabetes melitus, hipertensi, dislipidemia, peradangan, dan kanker, serta pada penyakit menular seperti beberapa infeksi yang disebabkan oleh bakteri, jamur, virus dan parasit. 

Jintan hitam juga memiliki manfaat lain seperti sifat antimikroba, anti nosiseptif (nyeri yang disebabkan kerusakan atau peradangan jaringan tubuh) dan anti-epilepsi. Itulah beberapa informasi mengenai manfaat jintan hitam atau habbatussauda.

Jika kamu membutuhkan rekomendasi vitamin dan suplemen yang sesuai dengan kebutuhanmu, kamu dapat mengunduh aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

 

Ditulis oleh: Nada Karisma

 

Sumber:

Chinese Journal of Natural Medicine

Journal of Pharmacopuncture

Journal of Evidence Based Complementary and Alternative Medicine

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021
suplemen kuku

Suplemen Kuku

Vitamin & Suplemen   15/10/2021

Suplemen Rambut

Vitamin & Suplemen   15/10/2021
Waktu_Terbaik_Minum_Vitamin_C

Cerdas Memilih Waktu Terbaik Minum Vitamin C

Vitamin & Suplemen   07/10/2021
Kekurangan_Vitamin_B

Waspadai Kekurangan Vitamin B Bagi Tubuh

Vitamin & Suplemen   30/09/2021