fbpx

Manfaat Jintan Hitam atau Habbatussauda, Seberapa Ampuh?

by | Apr 29, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Seperti yang kita ketahui, alam menyediakan berbagai macam tanaman yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa lagi Indonesia terkenal dengan tanaman rempah-rempahnya yang sangat baik bagi tubuh seperti jahe, kunyit, dan ginseng. Tapi tahukah kamu bahwa habbatussauda atau jintan hitam juga kaya akan manfaat bagi kesehatan? Apa itu habbatussauda?

Yuk simak informasi mengenai manfaat jintan hitam berikut yang telah tim Jovee rangkum untuk kamu.

Apa Itu Habbatussauda?

Habbatussauda atau jintan hitam merupakan biji-bijian yang berasal dari tumbuhan bernama Nigella sativa. Nigella sativa merupakan tanaman berbunga yang berasal dari barat daya Asia. Tanaman ini banyak digunakan baik sebagai makanan maupun obat.

Kini, sudah banyak beredar berbagai suplemen kesehatan yang memiliki kandungan jintan hitam. Suplemen tersebut pun dipasarkan dengan bermacam-macam klaim kesehatan. Tapi, And harus hati-hati dalam mengonsumsi semua suplemen, termasuk produk dengan kandungan jintan hitam. Ada baiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya.

Lalu apa saja manfaat jintan hitam bagi kesehatan?

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat jintan hitam yang sudah lama dikenal adalah menjaga daya tahan tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa habbatussauda dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, menurut jurnal Pharmacopuncture juga menyebutkan bahwa jintan hitam dan kandungan thymoquinone yang terdapat di dalamnya memiliki efek yang baik dalam pengobatan gangguan autoimun.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Vitamin B2 Bagi Tubuh, apa saja?
Zinc Oxide dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Rahasia Whey Protein untuk Membentuk Massa Otot
Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan Tubuh
Magnesium Oxide: Fungsi dan Cara Penggunaan
5 Suplemen yang Tepat Untuk Musim Hujan

Menurunkan Risiko Beberapa Penyakit

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, khasiat jintan hitam yang lain juga dapat menurunkan risiko beberapa penyakit. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa Nigella sativa terutama thymoquinone (kandungan yang terdapat di dalam Nigella sativa) memiliki berbagai macam manfaat seperti aktivitas anti-inflamasi (anti peradangan), anti-mikroba, anti-kanker, antioksidan, antidiabetes, dan antihipertensi. Tanaman ini juga memiliki efek yang baik bagi pencernaan, dan sistem saraf pusat.

Menurut jurnal Pharmacopuncture, thymoquinone memiliki manfaat yang baik bagi pengobatan pasien dengan penyakit peradangan dan penyakit saluran cerna. Jurnal Evidence Based Complementary and Alternative Medicine juga menyebutkan bahwa tanaman herbal tersebut memiliki efek yang sangat baik pada pengobatan penyakit tidak menular (kronis) seperti gangguan neurologis, diabetes melitus, hipertensi, dislipidemia, peradangan, dan kanker, serta pada penyakit menular seperti beberapa infeksi yang disebabkan oleh bakteri, jamur, virus dan parasit. 

Jintan hitam juga memiliki manfaat lain seperti sifat antimikroba, anti nosiseptif (nyeri yang disebabkan kerusakan atau peradangan jaringan tubuh) dan anti-epilepsi. Itulah beberapa informasi mengenai manfaat jintan hitam atau habbatussauda.

Jika kamu membutuhkan rekomendasi vitamin dan suplemen yang sesuai dengan kebutuhanmu, kamu dapat mengunduh aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

 

Ditulis oleh: Nada Karisma

Sumber:

Chinese Journal of Natural Medicine
Journal of Pharmacopuncture
Journal of Evidence Based Complementary and Alternative Medicine

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional