fbpx

Manfaat Vitamin B2 Bagi Tubuh, apa saja?

by | Apr 29, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Apabila tubuh kekurangan vitamin B2, tentunya hal ini bisa memicu timbulnya beberapa penyakit tertentu. Sementara untuk B2 atau seringkali disebut sebagai riboflavin merupakan nutrisi penting untuk perkembangan jaringan tubuh untuk membantu pelepasan energi dari sumber protein dan juga memproduksi sel darah merah. Ada banyak sekali jenis dan manfaat vitamin B2 yang bisa didapatkan dari beberapa makanan.

Jenis makanan yang memiliki kandungan B2 yaitu seperti daging rendah lemak, roti, jeroan, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, nasi dan masih banyak lagi. Selain dari makanan, ternyata untuk B2 juga dapat diperoleh pada suplemen yang terkandung pada multivitamin. Saat ini ada suplemen terpercaya yang bisa dijadikan sebagai pemenuhan kebutuhan vitamin B2 untuk tubuh, yaitu seperti suplemen Jovee.

Apabila diri seseorang kekurangan vitamin B2, maka akan menimbulkan infeksi berkepanjangan berupa adanya gangguan pada usus, penyakit liver, penyakit kanker, bahkan hingga kecanduan alkohol. Pada biasanya untuk suplemen vitamin B2 ini akan diberikan bagi para penderita anemia, menurunkan kadar asam amino, meredakan migrain, bahkan hingga melakukan pencegahan pada mata katarak.

Vitamin B2

  • Golongan : Vitamin.
  • Kategori obat: Suplemen.
  • Bentuk obat: tablet, kapsul, infus dan suntik.
  • Dikonsumsi oleh: anak-anak dan dewasa.
  • Kategori untuk ibu hamil dan menyusui: untuk kategori penelitian dilakukan pada hewan untuk percobaan dari efek buruk pada janin. Untuk hasil studi yang ditemukan yaitu tidak memadai pada manusia. Bagi wanita hamil harus memperhatikan hal ini agar tidak menimbulkan resiko.
  • Dosis obat: Untuk dosis obat akan diberikan dokter berdasarkan pada kondisi medis pasien. Selama masa pengobatan, maka pihak dokter akan melihat adanya respon pengobatan serta melakukan penyesuaian dosis sesuai yang dibutuhkan.

Manfaat Vitamin B2 Bagi Tubuh

Berikut beberapa manfaat vitamin B2 bagi tubuh:

Menjaga kesehatan kandungan

Penelitian yang telah dilakukan di Jerman, University Women’s Hospital, Heidelberg menunjukan bahwa vitamin B2 ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan bagi ibu hamil. Fakta telah menunjukkan bahwa bagi ibu hamil yang kekurangan vitamin B2 maka beresiko terkena penyakit preeklampsia. 

Sementara preeklampsia merupakan kondisi pada kehamilan pada saat memasuki minggu ke 20 dan ditandai dengan adanya tekanan darah yang tinggi. Meskipun diri seseorang tersebut tidak mempunyai riwayat hipertensi.

Penyakit migrain

Penyakit migrain bisa diatasi dengan mengkonsumsi vitamin atau suplemen B2. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya studi yang dilakukan di Humboldt University of Berlin yang menunjukkan bahwa bagi orang yang mempunyai penyakit migrain apabila mengkonsumsi B2 pada dosis yang tinggi maka akan mengurangi gejala yang sering kali dialami. Misalnya seperti rasa sakit pada kepala atau bisa juga mempersingkat durasi migrain tersebut.

Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Kesehatan kulit dan rambut juga bisa disebabkan akibat dari seseorang yang mengkonsumsi suplemen B2 dengan cukup. Hal ini dikarenakan untuk suplemen B2 atau riboflavin ini berperan dalam mempertahankan kadar kolagen di dalam tubuh. Untuk collagen tersebutlah yang berperan aktif untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Sementara untuk collagen berguna untuk mempertahankan struktur kulit supaya tetap awet muda dan meminimalisir timbulnya garis-garis kerutan.

Dapat meningkatkan energi

Kebutuhan vitamin B2 yang terpenuhi dengan baik ternyata juga bisa meningkatkan energi pada tubuh, karena vitamin B2 inilah yang bisa mengubah makanan supaya menjadi energi dan siap digunakan. Melalui B2 inilah yang mampu memecah protein supaya menjadi lemak asam amino serta karbohidrat pada bentuk glukosa dan nantinya digunakan tubuh sebagai cadangan energi.

Mengatasi anemia

Ternyata seorang yang mengkonsumsi vitamin B2 secara rutin tidak hanya melakukan pencegahan pada penyakit anemia saja. Akan tetapi juga bisa mengatasi terjadinya penyakit anemia. Kandungan vitamin B2 ini siap membantu untuk melakukan sintesis hormon pada steroid. Cara memproduksi bagian sel darah merah supaya bisa membantu untuk mengangkut oksigen pada sel serta membantu menghantarkan zat besi.

Orang yang kekurangan vitamin B2 maka akan beresiko adanya penyakit anemia, karena tubuh yang kekurangan vitamin B2 akan mengalami gangguan, termasuk dalam segi produksi sel darah merah yang ada di dalam tubuh.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan Tubuh
7 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Ampuh
Zinc Oxide dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Apa itu Slippery Elm Bark Powder dan Manfaatnya?
Curcuma Xanthorrhiza Extract: Penjelasan dan Manfaat
Magnesium Oxide: Fungsi dan Cara Penggunaan

Memang sangat penting mengkonsumsi vitamin B2 supaya dapat terhindarkan dari berbagai jenis penyakit, sehingga diri seseorang tetap bisa melakukan berbagai aktivitas. Selain itu untuk vitamin B2 pun juga sangat aman apabila dikonsumsi setiap harinya dan dikonsumsi sebelum sarapan. Untuk bisa mendapatkan vitamin atau suplemen B2 ini maka Anda tidak perlu bingung karena suplemen Jovee bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Untuk bisa mengetahui suplemen B2 yang tepat bagi kebutuhan tubuh serta mampu memenuhi segala kekurangan suplemen nutrisi yang ada di dalam tubuh, maka Anda bisa mencari tahunnya melalui jovee.id ada banyak informasi yang bisa Anda akses ke sana.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional