fbpx
BerandaKesehatan LainnyaPenyebab Sakit Punggung Sebelah Kanan, Kiri, dan Bagian Bawah – Jovee.id

Sakit punggung merupakan keluhan yang cukup umum terjadi. Biasanya, keluhan ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, kamu perlu mewaspadai sakit punggung yang tak kunjung sembuh dan hanya sakit di satu sisi. Berikut ini Jovee telah merangkum penyebab sakit punggung sebelah kanan, kiri, dan bagian bawah.

sakit-punggung-sebelah-kanan

Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kanan, Kiri, dan Bagian Bawah

Penyebab dari sakit punggung sangat bervariasi, tergantung dari lokasi timbulnya nyeri, seberapa parah nyeri yang dirasakan, dan kapan nyeri itu muncul. Beberapa hal yang mungkin jadi penyebab sakit punggung adalah:

1. Cedera Otot

Rasa sakit yang timbul pada satu sisi di punggung dapat terjadi karena adanya cedera pada otot, sendi, atau cakram sendi yang menopang tulang belakang. Cedera ini bisa didapatkan dari aktivitas olahraga, bersepeda, atau kecelakaan.

Sakit punggung juga dapat terjadi saat melakukan gerakan berulang secara terus-menerus, seperti melukis atau mendayung, yang menyebabkan otot bahu menjadi tegang karena terlalu sering digunakan. Mengangkat barang yang terlalu berat dengan postur yang salah juga dapat menjadi penyebab sakit punggung.

2. Postur Tubuh yang Salah

Kebanyakan orang duduk lama dengan postur tubuh yang salah (membungkuk) selama berjam-jam setiap harinya. Jika hal ini dilakukan dalam waktu yang lama, tentunya akan memicu sakit pinggang dan perubahan postur tulang belakang.

Biasakan duduk tegak dapat membantu mengatasi sakit pinggang yang disebabkan oleh postur tubuh. Kamu juga dapat menggunakan kursi yang memiliki sandaran tegap, untuk mencegah sakit pinggang.

Sakit punggung yang disebabkan oleh kedua hal di atas dapat diatasi secara alami dengan memberi kompres hangat pada area yang sakit, menggunakan koyo/balsam/obat anti nyeri, dan menghindari mengangkat beban yang berat untuk sementara waktu. Namun, ada kondisi kronis lain yang dapat menyebabkan sakit punggung dan memerlukan perawatan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah kondisi sendi kronis yang paling umum terjadi pada orang-orang usia lanjut. Osteoartritis atau disebut juga penyakit sendi degeneratif ini adalah kondisi di mana tulang rawan yang melindungi ujung tulang mengalami kerusakan, yang menyebabkan tulang bergesekan. Hal ini dapat menyebabkan nyeri pada punggung bagian atas, rasa sakit, kaku, dan gejala lainnya seperti nyeri sendi, peradangan, atau bunyi ‘klik’ saat kamu menggerakkan sendi.

Untuk mencegah penyakit ini, kamu bisa konsumsi vitamin tulang seperti Blackmores Calcimag Multi (Rp141.239) yang bisa didapatkan dengan gratis ongkir di Jovee.

2. Skoliosis

Skoliosis adalah kondisi di mana lengkungan tulang belakang melengkung tidak normal. Jika lengkungan tulang belakang kamu terlihat seperti bentuk S atau C, maka besar kemungkinan kamu menderita skoliosis.

Menurut American Association of Neurological Surgeons (AANS), sekitar 80 persen kasus skoliosis tidak memiliki penyebab yang dapat diidentifikasi. Kondisi skoliosis yang cukup parah dapat menyebabkan sakit punggung yang kronis. Umumnya gejala skoliosis cukup ringan, tetapi dalam beberapa kasus bisa sangat menyakitkan dan memerlukan pantauan medis.

3. Obesitas

Obesitas dapat menyebabkan sakit punggung karena terdapat tambahan berat pada susunan muskuloskeletal punggung. Hal ini dapat menyebabkan sakit punggung sebelah kanan ataupun bagian bawah.

Sebuah penelitian tahun 2010 menyimpulkan bahwa risiko nyeri punggung bagian bawah secara langsung berkaitan dengan peningkatan indeks massa tubuh (BMI). Jika kamu mengalami obesitas, kamu dapat melakukan diet sehat dengan berkonsultasi dengan ahli gizi. Kamu juga dapat menurunkan berat badan dengan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Cara-cara ini dapat dimaksimalkan dengan minum suplemen yang membantu menurunkan berat badan seperti Flimty Blackcurrant (Rp350.000).

4. Hernia Nukleus Pulposus

Tekanan pada saraf di punggung karena hernia dapat menyebabkan sakit punggung bagian bawah. Kerusakan pada bantalan tulang belakang ini menyebabkan jaringan dalam terdorong ke luar tulang belakang dan menekan saraf yang mengelilingi tulang belakang, sehingga menimbulkan sakit punggung bagian bawah.

Namun, tidak semua sakit punggung bagian bawah disebabkan oleh hernia. Jika kamu hanya mengalami sakit punggung bagian bawah tanpa gejala lain, bisa jadi ada kondisi lain yang menjadi penyebab sakit punggung. Rasa sakit yang disebabkan oleh hernia digambarkan dengan rasa yang tajam atau seperti tersengat listrik. Rasa sakit juga dapat terasa semakin buruk sesaat setelah kamu berdiri, duduk, atau bergerak.

5. Masalah pada Organ Dalam

Sakit punggung sebelah kiri bagian bawah bisa menjadi indikasi adanya masalah pada organ perut seperti:

  • Infeksi ginjal, batu ginjal
  • Pankreatitis
  • Gangguan ginekologi seperti endometriosis dan fibroid

Seringnya, sakit punggung bagian bawah sebelah kiri disebabkan oleh kondisi serius. Segera periksakan diri ke dokter jika kamu mengalami sakit punggung bagian bawah sebelah kiri yang tidak tertahankan.

Itulah beberapa penyebab dari sakit punggung sebelah kanan, kiri, dan bagian bawah. Jika kamu mengalami beberapa gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya di Jovee. Simak selengkapnya di Jovee. Unduh juga aplikasinya untuk mengetahui rekomendasi vitamin harian sesuai kebutuhan personal kamu. Aplikasi Jovee tersedia di Google Play Store dan App Store. Temukan berbagai vitamin asli dan terbaik, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

anhedonia-adalah

Anhedonia: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   19/08/2022
tenggorokan-seperti-ada-yang-mengganjal

Tenggorokan Seperti Ada yang Mengganjal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   18/08/2022
penyebab-infeksi-saluran-kencing-pada-wanita

Infeksi Saluran Kencing: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Kesehatan Lainnya   16/08/2022
penyebab-darah-haid-hitam-di-hari-pertama

Darah Haid Berwarna Hitam, Apa Penyebabnya?

Kesehatan Lainnya   15/08/2022
warna-lidah-normal

Mengenal Kondisi Kesehatan dari 9 Warna Lidah

Kesehatan Lainnya   12/08/2022