fbpx
BerandaKesehatan LainnyaPria Wajib Tahu! Cek 8 Tips Menjaga Kesehatan Prostat Ini

Kelenjar prostat merupakan organ reproduksi pria yang berperan penting dalam pembentukan cairan yang akan digunakan sebagai sumber nutrisi dan mengeluarkan sel sperma. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan prostat sejak dini penting untuk mengurangi risiko penyakit prostat, salah satunya adalah kanker prostat. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan prostat? Yuk, cek sejumlah tips dan cara menjaga kesehatan prostat berikut ini!

cara-menjaga-kesehatan-prostat

1. Konsumsi sayur dan buah merah

Seluruh makanan yang kita konsumsi berpengaruh pada kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk konsumsi makanan bergizi seimbang untuk memelihara kesehatan tubuh, termasuk prostat.

Sayur dan buah mengandung antioksidan tinggi, sehingga sangat dianjurkan untuk mengurangi risiko penyakit prostat. Tomat, semangka, begitupun sayur dan buah merah lainnya diketahui mengandung antioksidan tinggi lycopene yang ditemukan dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat secara efektif.

Semakin merah buah atau sayur yang dimakan, semakin tinggi pula kadar antioksidan di dalamnya. Jika inginkan manfaat yang maksimal, konsumsi buah dan sayur alami (bukan olahan kalengan) ya Jovians!

2. Tambahkan jeruk dalam pola makan

Konsumsi buah segar merupakan bagian penting dalam pola makan seimbang. Studi tahun 2017 menemukan konsumsi buah-buahan, terutama buah yang mengandung asam citrus, dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Selain jeruk, buah-buahan lainnya yang dapat dikonsumsi meliputi:

  • Anggur
  • Lemon
  • Jeruk nipis
  • Tangerine

Perlu diperhatikan, sejumlah obat dapat bereaksi pada buah anggur. Jika sedang konsumsi obat resep, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ya!

3. Minum kopi

Bagi sebagian pria, minum kopi di pagi hari sudah menjadi rutinitas. Tapi tahukah kamu bahwa kopi dapat menurunkan risiko kanker prostat? Studi klinis tahun 2014 menunjukkan bahwa minum empat hingga lima cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko kanker prostat secara keseluruhan.

Namun, konsumsi kafein dalam jumlah tinggi juga dapat menimbulkan efek samping. Sulit tidur, sakit perut, hingga detak jantung meningkat jadi salah satu efek samping yang dapat muncul. FDA merekomendasikan untuk mengonsumsi kopi 400 gram saja per hari, yang setara dengan empat hingga lima cup kopi (hindari pemanis tambahan pada kopi).

4. Batasi konsumsi lemak

Gulai, gorengan, dan daging merah merupakan makanan favoritmu? Kalau begitu, konsumsinya coba mulai dikurangi ya, Jovians.

Studi tahun 2014 mencatat adanya kaitan antara lemak jenuh dan lemak hewani dengan meningkatnya risiko kanker prostat. Jika memungkinkan, kamu bisa mulai mencoba pola makan vegetarian atau memilih makanan yang tinggi lemak tidak jenuh seperti alpukat, ikan salmon, kacang-kacangan untuk hidup yang lebih sehat.

5. Berhenti merokok

Tidak hanya kanker prostat, sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok sangat buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hindari asap rokok, dan jauhi rokok sebagai bagian dari pola hidup sehat tidak hanya menurunkan risiko kanker prostat dan risiko semua jenis kanker, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

6. Aktif bergerak dan olahraga

Obesitas dapat meningkatkan risiko sejumlah jenis kanker. Rutin berolahraga dapat menjaga berat badan, yang juga termasuk pembentukan otot yang kuat, metabolisme yang lebih lancar, juga meningkatkan kesehatan jantung. Sebagai pemula, kamu bisa coba olahraga ringan seperti:

  • Jalan kaki
  • Lari
  • Bersepeda
  • Berenang

Biar tidak bosan, kamu juga bisa ajak teman dan keluarga untuk berolahraga.

7. Lengkapi nutrisi dengan suplemen

BIla diperlukan, menambahkan suplemen harian dapat membantu kamu menurunkan risiko penyakit sekaligus menjaga kesehatan sehari-hari. Suplementasi vitamin D seperti Blackmores Vitamin D3 1000IU salah satunya, yang membantu menurunkan risiko kanker.

8. Periksakan diri ke dokter

Cek kesehatan secara berkala (terutama usia >40 tahun) dapat memberi kesadaran akan seberapa besar risiko yang dimiliki terhadap kanker prostat. Sejumlah faktor seperti umur, genetik, ras, dan geografi dapat mempengaruhi tingkat risiko. Dokter akan menjelaskan mengenai hal ini secara detail setelah pemeriksaan kesehatan.

Mungkin tidak ada cara mencegah penyakit prostat sepenuhnya, namun 8 cara menjaga kesehatan prostat di atas dapat membantu menurunkan risiko. Mulai terapkan pola hidup sehat sejak dini, untuk kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik di masa depan.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

perawatan kulit ibu hamil

Tips Perawatan Kulit Ibu Hamil, Ketahui Apa Saja Bahan yang Aman Digunakan

Kesehatan Kulit   20/09/2023
tas persiapan melahirkan

Ini Daftar Barang untuk Mengisi Tas Persiapan Melahirkan

Kesehatan Lainnya   15/09/2023
menstruasi setelah melahirkan

Kapankah Mulai Lagi Menstruasi Setelah Melahirkan?

Kesehatan Lainnya   13/09/2023
persiapan melahirkan

Apa Saja Hal yang Perlu Dilakukan Selama Persiapan Melahirkan?

Kesehatan Lainnya   09/09/2023
laser hair removal

Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Treatment Laser Hair Removal

Kesehatan Lainnya   06/09/2023