5 Vitamin dan Mineral untuk Daya Tahan Tubuh Anak

oleh | Jul 17, 2020 | Vitamin | 0 Komentar

Daya tahan tubuh anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk asupan makanan, aktivitas, serta perilaku hidup bersih dan sehat. Cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya adalah menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang. Selain karbohidrat, lemak, dan protein, asupan mineral serta vitamin juga penting untuk daya tahan tubuh anak. Di bawah ini adalah sederet nutrisi yang mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit, termasuk mineral dan vitamin, untuk anak.

Vitamin A

Salah satu vitamin penting untuk daya tahan tubuh anak ialah vitamin A. Tubuh membutuhkan vitamin A untuk meningkatkan kemampuan sel imun untuk melawan mikroorganisme penyebab penyakit di usus. Makanan yang mengandung vitamin ini antara lain: hati, kuning telur, margarin yang telah difortifikasi, wortel, ubi, tomat, daging sapi, sayur-sayuran hijau, pepaya, dan mangga. 

Vitamin D

Vitamin D dikenal dengan perannya dalam melindungi kesehatan gigi dan tulang. Berdasarkan penelitian Cynthia Aranow, vitamin D juga dapat membantu meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh. Sumber utama vitamin ini adalah sinar matahari pagi. Tetapi makanan seperti ikan salmon, makarel, kuning telur, dan susu juga memiliki kandungan vitamin D.

Vitamin E

Tubuh membutuhkan vitamin E untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memastikan peredaran darah berjalan lancar. Vitamin satu ini juga berperan dalam proses penyembuhan luka. Makanan yang mengandung vitamin E termasuk minyak sayur, seperti minyak bunga matahari, kacang almond, hazelnut, dan biji bunga matahari.

Zat besi

Zat besi berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak, diantaranya meningkatkan kemampuan konsentrasi dan belajar. Disamping itu, mineral ini juga mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Mineral ini banyak terdapat di produk daging merah, hati, ikan, tahu, telur, sayuran berwarna hijau, dan kacang-kacangan.

Zinc

Mineral lain yang tidak kalah penting bagi sistem kekebalan tubuh anak adalah zinc. Selain mempercepat proses penyembuhan luka, Zinc juga memiliki zat antioksidan yang mampu melawan dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Bahan makanan yang kaya akan Zinc termasuk daging merah, ayam, burung puyuh, bebek, kalkun, kerang, kepiting, lobster, yoghurt rendah lemak, susu, kacang almond, dan keju cheddar, bayam, bawang putih, udang, serta biji-bijian. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Vitamin C untuk Bayi : Keamanan, Khasiat, dan Dosis
Pentingnya Gizi 4 Sehat 5 Sempurna Bagi Anak
Manfaat Omega 3 Untuk Tumbuh Kembang Anak
Apa Saja Isi Vitamin C Untuk Anak

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum memberikan suplemen vitamin pada anak

Pada dasarnya, suplemen vitamin tidak dibutuhkan oleh anak-anak sehat dengan tumbuh kembang yang normal. Justru, suplemen ini diperlukan untuk anak-anak dengan kondisi khusus, termasuk mereka yang susah makan atau memiliki gangguan penyerapan nutrisi.  Ditambah lagi, banyak suplemen vitamin tanpa resep yang belum diteliti manfaatnya pada anak-anak. Karena tubuh mereka masih dalam tahap perkembangan, efek samping yang ditimbulkan akibat produk suplemen bisa lebih parah dibandingkan pada orang dewasa. Dilansir dari National Institutes of Health, berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan suplemen vitamin pada anak, yaitu:

  1. Suplemen vitamin yang belum terdaftar BPOM dan bersertifikasi halal bisa saja mengandung pencemar seperti zat kimia atau logam;
  2. Suplemen ini mungkin memiliki efek samping, apalagi jika dikonsumsi berlebihan. Sebaiknya orang tua mencari tahu terlebih dahulu kandungan dan jumlah suplemen tersebut serta mengikuti anjuran penggunaannya;
  3. Beberapa suplemen akan sulit dan terhambat penyerapannya oleh tubuh jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan atau suplemen lain, sehingga diskusikan dahulu dengan nutrisionis atau dokter bila mengkonsumsi 2 suplemen secara berbarengan;
  4. Pastikan Anda memberikan suplemen vitamin yang dibutuhkan oleh anak seusianya; 
  5. Berikan suplemen sesuai dengan kebutuhan anak serta dosis yang dianjurkan; dan
  6. Selalu konsultasikan ke dokter anak Anda terkait vitamin dan kemungkinan efek samping yang akan timbul.

Vitamin dan mineral yang paling diperlukan oleh anak, yaitu vitamin A, D, E, zinc, serta zat besi. Konsumsi suplemen vitamin bisa menyebabkan keracunan jika pemakaian berlebihan dan tidak sesuai anjuran. Kebanyakan suplemen vitamin tambahan mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi untuk menambahkan rasa manis. Hal ini malah tidak baik untuk kesehatan anak. 

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Gunakan kode promo BOBOCWJV di aplikasi Jovee dan dapatkan diskon 10% untuk setiap pembelian produk Jovee. Berlaku dari 25 Juli 2020 – 31 Agustus 2020.

Ditulis oleh: Alifia Daariy

Referensi:

  1. Nature’s Way. Vitamins to Strengthen Your Child’s Immunity.
  2. Genevieve H. 2019. The Best Natural Immune Boosters for Kids.
  3. Cynthia A. 2011. Vitamin D and the Immune System.
  4. NIH. 10 Things To Know About Dietary Supplements for Children and Teens.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional