fbpx
BerandaMakanan SehatSidomuncul Echinacea: Manfaat Baik Echinacea Purpurea

Istilah Echinacea Purpurea lebih dikenal dengan nama lainnya, purple coneflower. Echinacea merupakan tumbuhan asli Amerika yang telah dijadikan obat selama berabad-abad. Tumbuhan berbunga ungu cerah ini biasanya ditemui di tanah lapang dan hutan terbuka. Echinacea purpureaumumnya dibuat sebagai obat tablet, obat beralkohol, dan ekstrak. Tak jarang pula tumbuhan ini dijadikan teh. Semua bagiannya diambil. Tak terkecuali bagian atas dan akarnya. Echinacea mengandung banyak senyawa aktif. Beberapa di antaranya ialah asam kafeat, alkamida, asam fenolat, asam rosmarinat, dan lain-lain. Beragam senyawa di dalam Echinacea pun menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan.

echinacea purpurea

Manfaat Echinacea Purpurea

Berikut ini adalah manfaat echinacea purpurea bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Sistem Imun

Echinacea dikenal karena efek positifnya terhadap sistem imun. Hal ini dibuktikan dari beberapa riset. Mereka menyebutkan kalau tanaman ini dapat membantu sistem imun dalam memberantas infeksi dan virus. Karena itulah, penggunaan Echinacea dapat mempercepat proses penyembuhan dari penyakit.

2. Meredakan Flu dan Pilek

Karena sifat di atas, Echinacea sering digunakan untuk mengobati flu dan pilek. Konsumsi obat Echinacea dapat menurunkan risiko pilek yang berkembang sebesar 50 persen. Jangka waktu penderita pilek juga bisa berkurang satu setengah hari.

3. Sumber Antioksidan Tinggi

Echinacea mengandung salah satu senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan berguna melindungi sel dari stres oksidatif. Keadaan ini sering dihubungkan dengan penyakit kronis. Diabetes dan penyakit jantung menjadi beberapa di antaranya. Konsentrasi antioksidan yang tinggi berasal di buah dan bunganya.

Meski bisa ditemukan di daun dan akar, jumlah antioksidan di bagian lainnya tidak lebih banyak. Salah satu yang membuat Echinacea kaya antioksidan adalah senyawa alkamida. Senyawa ini mampu meningkatkan aktivitas antioksidan lebih jauh lagi. Bahkan, alkamida bisa memperbarui antioksidan yang telah melemah. Alkamida juga membantu antioksidan menggapai molekul yang rentan mengalami stres oksidatif.

4. Menurunkan Perasaan Cemas

Dalam beberapa tahun terakhir, Echinacea kian dilirik sebagai pengobatan untuk penderita kecemasan. Ini disebabkan kandungan senyawa di dalamnya dapat menurunkan perasaan cemas. Senyawa-senyawa tersebut adalah alkamida, asam rosmanirat, dan asam kafeat.

5. Anti-Inflamasi

Walau terjadi secara alami, inflamasi terkadang bisa terjadi lebih lama dari seharusnya. Kondisi tubuh yang muncul untuk mempertahankan diri malah bisa mendatangkan penyakit lainnya. Dari sebuah penelitian, ditemukan peningkatan pada pengidap osteoarthritis (keausan ujung tulang). Dimana, pengidap yang telah mengonsumsi Echinacea secara signifikan inflamasinya berkurang. Rasa sakit kronis dan bengkak yang dideritanya pun berkurang. Sampel tersebut juga sebelumnya telah menguji penggunaan obat anti-inflamasi non-steroid konvensional.

Namun, hasilnya tidak seefektif ekstrak Echinacea. Selain inflamasi, konsumsi Echinacea juga dipercaya menurunkan nyeri mulut, radang tenggorokan, bahkan infeksi saluran kemih. Studi lainnya menemukan kalau tumbuhan ini dapat mengeluarkan sel sekresi. Sel yang disebut sitokin ini memiliki peranan dalam mengurangi inflamasi. Ia juga membantu menurunkan nyeri pada otot.

6. Membantu Melawan Masalah Kulit

Dalam sebuah riset, ditemukan fakta kalau echinacea purpureabisa mengobati masalah kulit umum. Hal ini berangkat dari sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dikandungnya. Kedua sifat tersebut menekan pertumbuhan propionibacterium. Bakteri ini sering kali jadi penyebab munculnya jerawat di wajah.

Studi yang berbeda menyebutkan adanya kelebihan pada produk skin care dengan ekstrak echinacea purpurea. Produk tersebut dapat meningkatkan hidrasi kulit dan menyamarkan kerutan. Produk krim lain dengan bahan Echinacea Purpurea juga memperbaiki bagian luar pelindung kulit.

7. Bantu Melindungi Tubuh dari Kanker

Kanker terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Ekstrak Echinacea dipercaya dapat menekan pertumbuhan tersebut. Bahkan, beberapa penemuan menjelaskan Echinacea dapat membasmi sel kanker. Ekstrak dari tumbuhan Echinacea membunuh sel kanker dari pankreas ke usus besar dengan menstimulasi proses bernama apoptosis. Proses ini terjadi ketika ada sel yang harus disingkirkan karena telah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi.

8. Dapat Menurunkan Tingkat Gula Darah

Gula darah yang tinggi dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit. Termasuk di antaranya diabetes, kelainan jantung, dan beberapa penyakit kronis lainnya. Estrak Echinacea pernah diamati punya reaksi menekan enzim yang mencerna karbohidrat. Hal ini dapat menurunkan jumlah gula yang masuk ke darah.

Dosis

1 kapsul sehari, untuk dewasa.

Kontraindikasi

  1. Tidak untuk dikonsumsi ibu hamil atau menyusui.
  2. Untuk konsumsi anak-anak sebaiknya dikonsutasikan dulu ke dokter.
  3. Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita TBC, leukosis, kolagenosis, multiple sclerosis, AIDS, infeksi HIV, dan gangguan autoimun.

Cara Pemakaian

Pemakaian dilakukan setelah makan. Tidak disarankan untuk dikonsumsi dengan vitamin berdosis tinggi. Itu dia kebaikan yang terkandung dalam Echinacea Purpurea. Anda bisa merasakan berbagai khasiatnya lewat produk Sidomuncul Echinacea (Rp522.260) yang dapat diperoleh di Jovee.

Bergabunglah dan mulai hidup sehat sekarang. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dengan Jovee, Anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personal Anda. Dapatkan produk terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022
manfaat-daun-salam

Ketahui 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Makanan Sehat   12/06/2022
lidah-gatal-setelah-makan-nanas

Apa Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas?

Makanan Sehat   10/06/2022
apakah-pisang-bagus-untuk-diet

Apakah Benar Buah Pisang Bagus untuk Diet?

Makanan Sehat   17/05/2022
apakah-tomat-bisa-menghilangkan-jerawat

Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Makanan Sehat   17/05/2022