fbpx
BerandaKesehatan LainnyaSinusitis: Penyebab, Ciri-ciri, dan Pengobatan

Sinusitis adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran penapasan. Penyakit ini merupakan kondisi di mana sinus mengalami peradangan, sehingga sinus tersumbat dan berisi cairan. Sinusitis juga kerap disebut dengan rhinosinusitis.

ciri-ciri-sinusitis

Semua orang dari kelompok usia dapat mengalami penyakit ini. Namun, orang dengan alergi hidung, polip hidung, asma, dan struktur hidung yang tidak normal lebih mungkin terkena sinusitis. Lalu, apa penyebab, ciri-ciri, dan pengobatan dari sinusitis? Mari simak penjelasan Jovee berikut ini.

Penyebab Sinusitis

Sinus adalah kantong udara kecil yang terletak di belakang dahi, tulang pipi, dan di antara mata. Fungsi dari sinus adalah memproduksi lendir yang melindungi tubuh dari kuman dan bakteri. Namun, bakteri atau alergen tertentu dapat menyebabkan sinus memproduksi lendir lebih banyak dari biasanya. Penumpukan lendir kental yang menumpuk di sinus inilah yang menyebabkan infeksi pada sinus.

Kelebihan lendir ini biasanya terjadi saat kamu pilek atau alergi. Sebagian besar infeksi sinus dapat sembuh dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu tanpa pengobatan. Ada juga beberapa kondisi yang memicu sinusitis, yaitu:

  • Flu
  • Rhinitis alergi, yaitu pembengkakan pada lapisan hidung yang disebabkan oleh alergen
  • Polip hidung
  • Adanya pergeseran pada rongga hidung

Ciri-ciri Sinusitis

Sinusitis terbagi menjadi dua tipe, yaitu sinusitis akut dan kronis. Ciri-ciri sinusitis pada kedua tipe sinusitis ini cukup mirip, namun tentunya ada perbedaan untuk membedakan keduanya.

Sinusitis Akut

Sinusitis akut sebagian besar disebabkan oleh flu biasa. Kecuali jika infeksi bakteri berkembang, sinusitis akut dapat sembuh dalam waktu tujuh hingga sepuluh hari. Melansir dari Mayo Clinic, sinusitis akut disebabkan oleh sinus yang meradang dan membengkak. Ciri-ciri sinusitis akut adalah:

  • Keluarnya lendir hidung yang berwarna kuning atau kehijauan yang kental
  • Hidung tersumbat yang menyebabkan kesulitan bernapas
  • Nyeri dan bengkak di sekitar mata, pipi, hidung, atau dahi yang terasa semakin buruk saat membungkuk
  • Sakit kepala, batuk, dan berkurangnya indera penciuman
  • Demam

Segera periksakan diri ke dokter jika kamu mengalami gejala di atas selama lebih dari seminggu, atau jika gejala yang dialami semakin memburuk.

Sinusitis Kronis

Pada sinusitis kronis, peradangan yang terjadi pada sinus terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada sinusitis akut. Penyebab dari sinusitis akut dapat bervariasi, mulai dari alergi, asma, hingga HIV. Ciri-ciri dari sinusitis akut umumnya mirip dengan ciri-ciri sinusitis akut, hanya saja diikuti dengan:

  • Sakit kepala dan telinga
  • Sakit di rahang atas dan gigi
  • Batuk dan sakit tenggorokan
  • Bau mulut
  • Kelelahan yang tidak biasa

Tanda dan gejala sinusitis kronis dapat berlangsung setidaknya dua hingga tiga bulan. Perbedaan paling jelas di antara kedua jenis sinusitis ini terletak pada gejala yang muncul dan seberapa lama gejala ini berlangsung. Demam bukanlah ciri-ciri dari sinusitis kronis, tetapi perlu diingat bahwa sinusitis akut dapat berkembang menjadi sinusitis kronis.

Pengobatan Sinusitis

Berikut ini beberapa pengobatan yang dapat diberikan pada penderita sinusitis, yang dilansir dari Healthline:

Irigasi Hidung

Irigasi hidung adalah prosedur yang dilakukan untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Sebuah studi tahun 2009 telah menunjukkan kegunaan prosedur ini dalam membantu menangani rhinosinusitis akut, rinitis alergi, dan post nasal drip.

Larutan hidung untuk melakukan prosedur ini dapat dibuat di rumah, dengan mencampurkan 1 cangkir air hangat steril yang dicampur dengan ½ sendok teh garam meja dan ½ sendok teh soda kue. Kamu dapat menyemprotkan larutan ini ke hidung menggunakan penyemprot hidung atau dengan neti pot.

Namun, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum membuat larutan ini di rumah. Jika pencampuran dilakukan dengan cara dan takaran yang tidak benar, ada kemungkinan larutan akan mengiritasi hidung kamu. Campuran ini diketahui dapat membantu membersihkan sinus, meredakan kekeringan pada hidung, dan menghilangkan alergen.

Antibiotik

Antibiotik seperti amoksisilin dapat mengobati sinusitis akut yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang belum teratasi dengan perawatan lain seperti obat pereda nyeri dan pembilasan atau irigasi sinus.

Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik untuk infeksi sinus bakteri yang telah berlangsung selama lebih dari 10 hari tanpa gejala yang membaik, atau jika gejala tampak membaik tetapi kemudian memburuk dalam 10 hari.

Obat Nyeri

Infeksi sinus dapat memicu sakit kepala dan tekanan di dahi dan pipi. Jika sakit tak tertahankan, obat bebas (OTC) seperti acetaminophen dan ibuprofen dapat membantu mengatasi sakit yang ditimbulkan.

Operasi

Dalam beberapa kasus, operasi sinus diperlukan untuk membersihkan sinus, memperbaiki septum yang menyimpang, atau menghilangkan polip untuk membantu sinusitis kronis yang tidak membaik dengan pengobatan.

Pencegahan

Sinusitis dapat dicegah dengan menghindari hal-hal yang dapat mengiritasi hidung dan sinus. Hal ini dapat berupa menghindari alergen, ataupun menjauhi asap rokok. Sering mencuci tangan terutama selama musim pancaroba juga dapat menjadi tindakan pencegahan, agar sinus tidak teriritasi dari bakteri dan virus yang berasal dari tangan kamu.

Menggunakan humidifier juga diketahui dapat membantu mencegah infeksi sinus. Konsultasikan penyebab dari sinusitis kamu dengan dokter agar tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan lebih maksimal.

Itulah penyebab, ciri-ciri, dan pengobatan dari sinusitis yang perlu kamu ketahui. Agar tidak mudah terinfeksi virus dan bakteri, sebaiknya kamu tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi vitamin daya tahan tubuh harian. Salah satu vitamin yang dikenal sangat baik untuk membantu dan mengoptimalkan sistem imun adalah vitamin C.

Kamu dapat merasakan khasiat dari vitamin C dalam berbagai suplemen Jovee seperti Blackmores Vitamin C, Sidomuncul Vitamin C, atau Enervon C. Dapatkan juga suplemen daya tahan tubuh lainnya di Jovee, pusat vitamin personal terlengkap. Unduh juga aplikasi Jovee di Play Store atau App Store dan ikuti kuisnya untuk dapatkan rekomendasi vitamin yang sesuai dengan kondisi kamu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-paracetamol-bisa-untuk-sakit-kepala

Apakah Paracetamol Bisa Mengatasi Sakit Kepala?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-wasir-bisa-sembuh-sendiri

Benarkah Wasir Bisa Sembuh Sendiri?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-ketombe-makhluk-hidup

Ketombe: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kesehatan Lainnya   13/05/2022
tipes-bisa-menular

Apakah Penyakit Tipes Bisa Menular?

Kesehatan Lainnya   13/05/2022
pengobatan-hepatitis

Hepatitis: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Kesehatan Lainnya   12/05/2022