fbpx
BerandaKesehatan Lainnya9 Penyebab Dada Kiri Sakit pada Wanita

Penyebab sakit pada dada kiri pada wanita tidak selalu menandakan serangan jantung. Dalam beberapa kasus, dada kiri yang sakit bisa disebabkan oleh heartburn, asam lambung, atau masalah pada paru-paru. Lalu, apa penyebab dada kiri sakit pada wanita?

penyebab-dada-kiri-sakit-pada-wanita

Penyebab Dada Kiri Sakit pada Wanita

Ada berbagai macam hal yang dapat menjadi penyebab dari dada kiri yang terasa sakit pada wanita. Beberapa di antaranya adalah:

1. Angina

Angina bukanlah penyakit, melainkan gejala dari gangguan jantung seperti jantung koroner. Ciri-ciri dari angina adalah dada kiri yang terasa sakit, tidak nyaman, dan merasakan tekanan yang disebabkan oleh jantung yang kekurangan pasokan oksigen. Selain dada kiri yang terasa sakit, kamu mungkin juga akan merasakan nyeri pada lengan, bahu, leher, punggung, atau dagu.

2. Masalah pada Tulang atau Otot

Penyebab dada kiri sakit pada wanita lainnya adalah adanya gangguan pada tulang atau otot. Tulang rusuk yang patah atau memar dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak, sedangkan nyeri kronis dan aktivitas otot yang berlebihan juga dapat menyebabkan nyeri di dada.

3. Miokarditis

Miokarditis adalah peradangan yang terjadi pada otot jantung akibat infeksi bakteri atau virus. Gejala yang muncul selain sakit pada dada adalah sesak napas, irama jantung yang tidak normal (aritmia), dan kelelahan.

Melansir dari Healthline, miokarditis dapat melemahkan jantung atau menyebabkan kerusakan permanen pada otot jantung. Pada kasus ringan, miokarditis dapat membaik tanpa pengobatan. Namun, miokarditis yang parah tentunya membutuhkan pengobatan.

4. Serangan Panik

Serangan panik adalah kondisi munculnya ketakutan secara tiba-tiba, yang terjadi ketika tidak ada ancaman atau bahaya yang jelas. Kebanyakan orang sering kali salah mengira serangan panik sebagai serangan jantung, karena beberapa kemiripan pada gejala yang ditimbulkan.

Serangan panik memicu saraf simpatik di otak, yang mengarah pada respons pertahanan yang kamu alami saat menghadapi bahaya. Biasanya serangan panik berlangsung selama 10 menit yang diikuti dengan gejala sebagai berikut:

  • Sesak napas
  • Detak jantung yang cepat
  • Gemetar atau pusing
  • Berkeringat, hot flashes, atau kedinginan
  • Mual
  • Merasa seperti tersedak
  • Ketakutan yang intens

5. Asam Lambung atau GERD

Asam lambung atau gerd dapat menjadi salah satu penyebab dada kiri sakit pada wanita. Heartburn yang dipicu oleh asam lambung naik dapat menimbulkan rasa nyeri pada dada, yang biasanya terjadi segera setelah makan. Hal ini juga dapat terjadi ketika kamu langsung berbaring setelah makan.

Asam lambung yang parah terkadang dapat berkembang menjadi gastroesophageal reflux disease atau GERD. Frekuensi heartburn yang sering merupakan gejala utama dari GERD. Selain sakit pada dada, GERD juga dapat menyebabkan batuk dan kesulitan menelan.

6. Pneumonia

Rasa sakit di dada yang menusuk dan tajam saat kamu menarik napas dalam-dalam atau batuk dapat menjadi indikasi kamu terkena pneumonia, terutama jika kamu baru saja menderita penyakit pernapasan seperti bronkitis atau influenza. Gejala lain dari pneumonia adalah:

  • Batuk, yang terkadang disertai oleh lendir
  • Demam, menggigil, atau gemetar
  • Sesak napas
  • Sakit kepala
  • Kehilangan selera makan
  • Kelelahan

Segera temui dokter jika kamu mengalami sejumlah gejala di atas.

7. Paru-paru Kolaps

Paru-paru kolaps atau pneumotoraks adalah kondisi ketika udara memasuki ruang di sekitar paru-paru (ruang pleura). Ini bisa terjadi ketika adanya cedera terbuka di jaringan paru-paru yang menyebabkan udara bocor ke ruang pleura. Peningkatan tekanan yang dihasilkan di bagian luar paru-paru yang menjadi menyebab paru-paru kolaps.

Rasa sakit yang tajam di kedua sisi dada bisa menjadi akibat dari kondisi ini. Gejala lain yang dapat muncul adalah:

  • Sesak napas
  • Kulit menjadi biru
  • Batuk
  • Kelelahan

8. Kanker Paru-paru

Penyebab dada sakit sebelah kiri pada wanita lainnya adalah kanker paru-paru. Sayangnya, gejala ini mungkin tidak muncul pada stadium awal. Tanda dan gejala lain yang biasanya timbul adalah:

  • Batuk intens yang disertai lendir atau darah
  • Rasa sakit di bahu atau punggung
  • Sesak napas
  • Serangan bronkitis atau pneumonia yang berulang
  • Kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

9. Serangan Jantung

Menurut Centers for Disease Control And Prevention (CDC), 1 dari 5 kematian pada wanita disebabkan oleh serangan jantung. Tanda dan gejala serangan jantung pada pria dan wanita cukup berbeda. Pada wanita, kemungkinan sakit yang luar biasa di dada lebih kecil terjadi. Sebaliknya, wanita cenderung mengalami pusing, kelelahan, atau mual. Gejala khas serangan jantung pada wanita antara lain:

  • Nyeri dada
  • Sesak napas
  • Keringat dingin, pusing, atau mual
  • Mati rasa atau nyeri pada satu atau dua lengan
  • Sensasi meremas, nyeri, atau rasa penuh di tengah dada

Jika kamu mengalami sejumlah gejala di atas, segera cari pertolongan medis. Semakin lama otot jantung kekurangan oksigen, semakin besar pula kerusakan permanin yang mungkin terjadi.

Beberapa penyebab dada kiri sakit pada wanita di atas dapat dicegah dengan menjaga kesehatan tubuh dan jantung sejak dini. Menjaga kesehatan tubuh dan jantung dapat dimulai dari menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Selain itu, kamu juga dapat menjaga kesehatan jantung sejak dini dengan minum suplemen yang baik bagi jantung seperti Blackmores Odourless Fish Oil (Rp65.835) yang dapat diperoleh di Jovee.

Kamu juga bisa dapatkan suplemen jantung lainnya di Jovee, pusat vitamin personal terlengkap. Unduh juga aplikasi Jovee di Play Store atau App Store dan ikuti kuisnya untuk dapatkan rekomendasi vitamin yang sesuai dengan kondisi kamu. Dapatkan beragam vitamin, dari A hingga Z(inc) hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

apakah-paracetamol-bisa-untuk-sakit-kepala

Apakah Paracetamol Bisa Mengatasi Sakit Kepala?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-wasir-bisa-sembuh-sendiri

Benarkah Wasir Bisa Sembuh Sendiri?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-ketombe-makhluk-hidup

Ketombe: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kesehatan Lainnya   13/05/2022
tipes-bisa-menular

Apakah Penyakit Tipes Bisa Menular?

Kesehatan Lainnya   13/05/2022
pengobatan-hepatitis

Hepatitis: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Kesehatan Lainnya   12/05/2022