Sulit Orgasme Saat Bercinta? Ikuti 6 Tips Ini!

oleh | Jul 7, 2020 | Lainnya | 0 Komentar

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Banyak sebagian orang meyakini bahwa orgasme merupakan inti dari hubungan seksual untuk mencapai puncak kenikmatan. Hal yang menjadi permasalahan yaitu adanya kesenjangan orgasme antara pria dan wanita. Umumnya, pria akan lebih mudah mendapatkan orgasme dibandingkan wanita. Namun, tak jarang di luar sana tidak sedikit wanita yang sulit orgasme.

Menurut sebuah survei dari Cosmopolitan di tahun 2015 menemukan fakta bahwa hanya 57% wanita yang mengalami orgasme setiap kali mereka berhubungan seks dengan pasangan, sedangkan 35% wanita lainnya pun tidak selalu mengalami orgasme saat berhubungan seks. Survei ini telah melibatkan orang sebanyak 2300 wanita yang berusia 18 tahun sampai 40 tahun. 

Di dalam buku berjudul The Case of The Female Orgasm dari Elisabeth A. Lloyd, mengemukakan bahwa ada sekitar 5 hingga 10 persen wanita yang bahkan tidak pernah sama sekali mengalami orgasme saat berhubungan intim. 

Apa pendapat pakar seks tentang sulit orgasme pada wanita?

Menurut Ian Kerner pakar terapis seks, inti masalah orgasme pada wanita dapat disebabkan oleh banyak hal seperti kurangnya pemanasan, terfokus pada intercourse dan kurangnya eksplorasi pada stimulus klitoris. Selain itu, kurangnya gairah psikogenik atau fisiologis dan masalah hubungan dari pribadi masing-masing pasangan juga menjadi faktor pemicu wanita tidak mencapai orgasme. Biasanya masalah hubungan terjadi karena kurangnya ketertarikan, komunikasi di antara keduanya buruk atau sedang terjadi konflik atau kemarahan yang dapat menjadi penyebab sulit orgasme.

Beberapa 6 kiat ini dapat dilakukan untuk mengatasi sulit orgasme 

  • Stimulus klitoris

Survei dari Cosmo di atas juga menemukan fakta bahwa 38% wanita yang tidak orgasme saat berhubungan seks disebabkan karena kurangnya stimulus pada klitoris. Para suami dan istri perlu memahami bahwa klitoris merupakan pusat kekuatan terjadinya puncak di dalam tubuh wanita. Pasalnya, tidak semua posisi seks dapat memberikan stimulus yang persisten dan konsisten yang diperlukan agar orgasme.

Menurut dr. Irma Lidia, istri perlu terbuka pada suami untuk posisi-posisi apa yang dirasa lebih menstimulasi klitoris untuk mencapai orgasme. Sementara melakukan intercourse istri juga dapat melakukan stimulasi pada klitoris dengan posisi seks tertentu.

Oleh karena itu, Ian Kerner menyarankan agar mengubah cara fokus dari intercourse (penetrasi) menjadi outercourse (non-penetrasi). Anda dapat mempertimbangkan menggunakan alat atau mainan seks seperti vibrator atau tangan untuk merangsang klitoris selama foreplay. 

  • Lakukan fantasi seks

Hambatan psikologi pada seseorang akan menyebabkan sulit untuk mencapainya. Penghambat psikologi yang menghalangi biasanya merasa cemas, putus asa atau terlalu banyak pikiran tentang hal itu akan terjadi atau tidak. Masih banyak orang mengandalkan rangsangan fisiologis tapi mengabaikan rangsangan psikologis. Menurut Ian Kerner, stimulus psikologis dapat berupa fantasi seks untuk meningkatkan gairah seks serta mengalihkan perhatian dari penghambat psikologis tersebut.

  • Lupakan ekspektasi yang menjadi beban

Anda sebaiknya tidak terjebak dengan tontonan film porno dan propaganda fiksi tentang seks. Karena tidak semua yang Anda lihat sesuai dengan kenyataan dan permasalahan yang Anda alami. 

Jika Anda terjebak dalam pikiran tersebut, maka pikiran dan tubuh Anda tidak dapat menyatu sehingga saat berhubungan seks pun tidak akan rileks. Hal ini merupakan unsur utama dari “harga seks”, dimana ketenangan dan kepercayaan diri perlu dipelajari lebih lanjut tentang diri sensual Anda.

  • Orgasme itu untuk kesenangan Anda bukan memuaskan ego pasangan

Banyak wanita yang belum sadar bahwa orgasme yaitu untuk kesenangan diri sendiri, bukan untuk memenuhi kepuasan ego pasangan. Pria mengalami sebuah orgasme untuk kesenangannya sendiri, begitu pun demikian berlaku untuk wanita yang semestinya menyadari hal tersebut. 

Sari Cooper mengemukakan bahwa kesulitan pada orgasme disebabkan oleh rasa minder atau tidak mampu, frustasi, dan timbulnya kemarahan. Jika pemicu itu terjadi maka terapinya akan berfokus pada hubungan pasangan.

  • Tenangkan pikiran sebelum berhubungan seks

Rasa khawatir, tidak percaya diri, rasa minder atau malu, semua hal itu tentu akan mengganggu gairah seksual Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba berlatih untuk menenangkan pikiran sebelum memulai hubungan seksual. Dengan memiliki pikiran yang tenang dan stimulus tubuh yang baik, maka hal ini akan membantu meningkatkan gairah sehingga akan lebih mudah tercapai.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Kapan Waktu yang Tepat Untuk Minum Air Putih?
Bisakah Melakukan Diet Vegan yang Fleksibel dan Tetap Bermanfaat?
8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu
Mengenal Kafein dan Manfaat Besar Ketika Mengonsumsinya
Bisakah Melakukan Diet Vegan yang Fleksibel dan Tetap Bermanfaat?
Manfaat Jamu Untuk Daya Tahan Tubuh
7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh
7 Khasiat Teh Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

  • Perlu lebih banyak latihan

Untuk mencapainya, Anda membutuhkan latihan berkali-kali sebelum menemukan cara yang tepat untuk orgasme. Layaknya memainkan alat musik atau melakukan posisi yoga, orgasme juga dapat dipelajari dan diperlukan banyak latihan. 

Menurut Sari Cooper, orgasme membutuhkan kesabaran, latihan, pernapasan terfokus serta mengontrol pola pikir. Cara-cara tersebut bukan menjadi suatu tujuan melainkan perjalanan yang akan memunculkan orgasme muncul dengan sendirinya atau terjadi secara alami dan mudah.

Demikianlah 6 kiat dari para pakar seks yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi kesulitan orgasme. Diskusikan pula hal ini dengan pasangan Anda agar dapat saling melengkapi kebutuhan masing-masing. Saling berkomunikasi yang baik dan memahami pasangan akan memudahkan Anda dan pasangan mencapai kenikmatan bersama. 

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional