fbpx
BerandaGaya Hidup SehatTips Diet Sehat untuk Golongan Darah O

Diet golongan darah merupakan cara mengatur pola makan yang disesuaikan dengan golongan darah. Bagi Anda yang memiliki golongan darah O, Anda dapat menerapkan pola makan diet golongan darah O. Diet ini tentunya sehat dan akan membantu menurunkan berat badan.

Tips Diet Sehat untuk Golongan Darah O

Penerapan diet menurut golongan darah O ini caranya tidak jauh berbeda dengan metode diet lainnya. Diet sehat tersebut menganjurkan para golongan darah O agar mengonsumsi dan menghindari makanan tertentu. Pola diet sehat sesuai golongan darah disinyalir mampu menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh serta mencegah berbagai penyakit.

Golongan darah O merupakan jenis golongan darah yang paling banyak ditemui di dunia dan terbilang cukup unik. Golongan darah O dapat menjadi pendonor universal karena tidak memiliki antigen A maupun B, sehingga tidak akan berbahaya bagi antibodi dari golongan darah yang lain.

Banyaknya populasi manusia yang memiliki golongan darah O membuat diet golongan darah ini menjadi tips yang paling banyak dicari. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pemilik golongan darah O lebih cenderung memiliki kadar asam lambung tinggi. Kondisi tersebut tentu berisiko namun juga bermanfaat dalam pencernaan protein dan lemak.

Menu paling utama untuk menjalankan diet sehat golongan darah O adalah produk makanan hewani seperti ikan dan daging. Nutrisi dalam ikan dan ayam sangat dibutuhkan dan baik untuk metabolisme tubuh pemilik golongan darah O.

Cara Tepat Diet Sehat Golongan Darah O

Diet sehat golongan darah o

Sebelum Anda menerapkannya, Anda tentunya harus mengetahui makanan apa saja yang baik dikonsumsi dan dihindari oleh pemilik golongan darah O.

1. Protein

Protein hewani dan olahan susu merupakan menu penting untuk menerapkan diet ini. Contoh protein hewani yang baik dikonsumsi yaitu daging sapi muda, daging domba, ikan kod, makarel dan hering.

Di saat yang bersamaan, Anda harus menghindari konsumsi daging babi, angsa, ikan lele, salmon asap, keong, gurita dan kaviar. Sedangkan produk olahan susu yang boleh dikonsumsi antara lain susu kedelai, mentega dan keju. Produk olahan susu yang perlu dihindari yaitu yogurt.

2. Karbohidrat

Karbohidrat dan kacang-kacangan juga termasuk ke dalam menu untuk diet golongan darah O. Menu karbo atau padi-padian yang baik dikonsumsi adalah beras dan gandung hitam. Sedangkan yang perlu dihindari seperti jagung, oat dan gandum utuh.

Menu kacang-kacangan juga penting sebagai sumber protein dan lemak sangat baik untuk tubuh. Kacang-kacangan yang baik dikonsumsi di antaranya hazelnut, walnut, biji labu, kenari, almond dan kacang polong hitam. Anda perlu menghindari kacang mete, kacang tanah, kacang brazil, kacang polong, kacang lentil, asam jawa dan kacang merah.

3. Serat, vitamin serta mineral

Setelah kebutuhan protein, karbohidrat dan lemak tercukupi, Anda wajib menambahkan menu sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin, serat, serta mineral. Sayur-sayuran adalah komponen yang sangat penting untuk menjalani program diet ini.

Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya harus dipenuhi agar tubuh bisa bekerja dengan baik. Sayur yang tepat untuk dikonsumsi untuk diet ini antara lain tomat, paprika merah, ubi jalar, kale, lobak, rumput laut, labu kuning serta bawang merah dan putih.

Hindari sayuran seperti jagung, kentang, terong, jamur shitake dan zaitun fermentasi. Menu buah-buahan juga cukup penting untuk menunjang program diet golongan darah ini. Kandungan yang baik pada buah-buahan misalnya antioksidan, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh.

Salah satu contohnya adalah Blackmores Multivitamin + Mineral (Rp118.568). Blackmores multivitamin dan mineral adalah multivitamin dan mineral untuk membantu memelihara daya tahan tubuh

Buah yang cocok dikonsumsi untuk diet yaitu buah beri, buah tin, buah plum dan jeruk bali. Untuk buah yang sebaiknya dihindari seperti kelapa, jeruk, blewah, melon, strawberry dan blackberry.

4. Rempah dan bumbu

Menu makanan tidak lengkap rasanya jika tidak ditambah dengan rempah-rempah sebagai cita rasa bumbu saat memasak. Dalam menjalani diet sehat golongan darah ini, terdapat beberapa jenis rempah yang baik dikonsumsi dan perlu dihindari.

Rempah yang boleh dikonsumsi seperti peterseli, garam beryodium, kari, cabe rawit, cokelat dan madu. Sementara rempah yang sebaiknya dihindari diantaranya kayu manis, cuka, vanilla, pala, saus tomat, acar, mayones dan sirup jagung.

Contoh Makanan Diet Golongan Darah O

Sudah tahu jenis-jenis makanan yang perlu dikonsumsi dan dihindari, lalu bagaimana dengan contoh menunya? Di bawah ini adalah contoh menu diet golongan darah O yang bisa Anda terapkan dalam seminggu, yaitu:

  1. Untuk sarapannya, Anda bisa makan sayur kukus, smoothies dari buah-buahan segar, salad buah misalnya apel, pisang, kiwi dan madu, susu kedelai ataupun teh herbal.
  2. Saat makan siang, Anda bisa mengonsumsi steak sapi dengan brokoli dan ubi kukus, dilengkapi dengan buah jeruk.
  3. Menu makan malam Anda dapat berupa ikan salmon panggang dengan salad sayur, misalnya kale, tomat, brokoli kukus.
  4. Sebagai camilan, Anda bisa makan kacang-kacangan, buah, ataupun sayuran yang tentunya telah dicuci bersih lebih dulu.

Cara Menurunkan Berat Badan untuk Golongan Darah O

Saat Anda menerapkan pola makan sehat di atas bukan berarti berat badan Anda dapat menurun. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa cara lain sebagai upaya penurunan berat badan.

Cobalah menu diet golongan darah O di atas selama seminggu dan kombinasikan dengan olahraga secara rutin. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda. Jika Anda melakukan cara-cara tersebut dengan konsisten dan teratur, Anda pun akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari pola makan diet golongan darah O di atas.

Menurut Kelvin Halim, nutrisionis Jovee, “Sebenarnya tidak ada tips diet sehat berdasarkan golongan darah. Setiap orang punya metabolisme dan kebutuhan energi yang disesuaikan berdasarkan aktivitas fisik, berat dan tinggi badan, jenis kelamin, hingga kondisi kesehatannya. Tidak ada juga pantangan yang berarti bagi golongan darah apapun, namun tetap konsumsi makanan yang bergizi seimbang.”

Diet golongan darah memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait keefektivitasannya. Kalau memang Anda ingin menerapkan diet menurut golongan darah O, Anda dapat melakukan tips-tips di atas agar diet berjalan dengan optimal.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

chinese-restaurant-syndrome

Chinese Restaurant Syndrome, Apa Itu?

Gaya Hidup Sehat   14/06/2022
cara-mengontrol-berat-badan-saat-hamil

6 Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Gaya Hidup Sehat   07/06/2022
damapk-kurang-tidur-pada-perkembangan-otak-anak

Dampak Kurang Tidur pada Perkembangan Otak Anak

Gaya Hidup Sehat   06/06/2022
tips-anak-rajin-membaca

8 Tips Agar Anak Lebih Rajin Membaca

Gaya Hidup Sehat   02/06/2022
apakah-begadang-menyebabkan-jerawat

Begadang Bikin Jerawat? Ini Dia 7 Efek Begadang

Gaya Hidup Sehat   23/05/2022