fbpx
BerandaSeks & AsmaraToxic Relationship: Definisi, Ciri-ciri, Cara Mengatasi

Pertengkaran maupun opini yang tidak sependapat adalah hal yang biasa terjadi dalam suatu hubungan. Baik itu hubungan kepada pasangan, teman, hingga keluarga. Bila penyelesain masalah dapat dilakukan dengan diskusi terbuka yang baik, tandanya hubungan yang kamu jalani sudah tergolong hubungan yang sehat nih, Jovians.

toxic-relationship-adalah

Namun, jika pertengkaran terjadi terus menerus dan kamu mulai merasa tertekan dan tidak bahagia, bisa jadi kamu sudah terjebak dalam hubungan tidak sehat atau toxic relationship.

Apa yang dimaksud dengan toxic relationship? Apa saja tanda hubungan sudah termasuk dalam toxic relationship dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Toxic Relationship

toxic-relationship-adalah

Hubungan tidak sehat atau toxic relationship adalah suatu hubungan yang membuat kamu terus merasa tidak didukung, disalah pahami, direndahkan, atau diserang. Hubungan tidak sehat ini kemudian lambat laun akan berdampak pada kesehatan mental dan fisik.

Tak hanya hubungan dengan pasangan, toxic relationship juga dapat terjadi dalam hubungan lainnya, seperti teman bahkan keluarga. Dalam toxic relationship, satu pihak akan berupaya untuk mengontrol pihak lainnya dengan memanipulasi (gaslighting), mempermainkan (breadcrumbing), hingga melakukan silent treatment untuk mendapatkan hal yang mereka inginkan.

Penderita penyakit mental seperti bipolar dan depresi merupakan kelompok yang rentan terjebak dalam hubungan toxic ini. Karena, mereka sudah sensitif terhadap emosi negatif sehingga tidak menyadari telah terjebak dalam hubungan yang tidak sehat.

Tak hanya penderita penyakit mental, kebanyakan orang yang menjalani toxic relationship juga tidak menyadari bahwa mereka telah terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. Bila terus dibiarkan, situasi ini akan mengganggu kesehatan mental hingga fisik. Penting untuk menyadari tanda-tanda hubungan toxic, agar kamu dapat terhindar dari hubungan tidak sehat ini.

Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

anhedonia-adalah

Tergantung pada jenis hubungan, tanda-tanda toxic relationship dapat tidak begitu terlihat atau terlihat sangat jelas. Dilansir dari Healthline, berikut ini tanda-tanda dari hubungan yang tidak sehat.

1. Tidak adanya dukungan

Dalam hubungan yang sehat, kedua pihak akan saling mendukung kebutuhan dan minat satu sama lain. Sebaliknya, dalam toxic relationship salah satu atau bahkan kedua belah pihak hanya peduli pada keinginan dan minat masing-masing, sehingga waktu yang dihabiskan bersama tidak lagi terasa positif.

Kamu mungkin akan merasa tidak didukung, serta merasa kebutuhan atau minat yang kamu punya tidak lagi penting karena terus menerus diremehkan.

2. Komunikasi yang buruk

Pada hubungan sehat, komunikasi asertif dua arah akan menghasilkan diskusi yang baik dan terbuka. Alih-alih saling menghormati dan berusaha memahami satu sama lain, komunikasi dalam toxic relationship dipenuhi dengan sarkasme, kritik, bahkan penghinaan.

3. Cemburu yang berlebihan

Meski cemburu merupakan hal yang lumrah, hal ini bisa menjadi tidak sehat jika kecemburuan yang timbul menimbulkan pikiran negatif tentang pasangan kamu. Kecurigaan dan kurangnya rasa percaya secara terus menerus dapat dengan cepat merusak suatu hubungan.

4. Selalu dikontrol oleh pasangan

Apakah pasanganmu marah jika kamu pergi tanpa izin darinya? Atau memberi silent treatment agar kamu menuruti keinginannya? Dalam hubungan yang tidak sehat, salah satu pihak akan selalu mengontrol kehidupan pihak lainnya. Mungkin perilaku ini muncul berdasarkan kecemburuan atau kurangnya rasa percaya pada pasangan, namun sudah jelas perilaku ini berkontribusi pada hubungan yang toksik.

5. Mengabaikan kebutuhan pasangan

Sikap acuh pada pasangan juga menjadi tanda hubungan yang tidak sehat. Misalnya, saat pasangan mengabaikan kebutuhanmu, sementara kamu diharuskan untuk mengikuti semua hal yang ingin pasangan kamu lakukan.

Sehingga, kamu kesulitan untuk menjadi diri sendiri dihadapan pasangan, serta merasa tertekan untuk menyampaikan pendapat.

6. Kekerasan fisik dan verbal

Tanda hubungan toxic yang paling terlihat jelas adalah menerima kekerasan fisik. Apa pun masalahnya, kekerasan baik verbal maupun fisik tidak dapat dibenarkan.

Keluar dari toxic relationship bukanlah hal yang mudah. Biasanya, orang yang terjebak dalam hubungan ini akan mengalami krisis kepercayaan diri dan stres yang tinggi. Bila terasa sulit, kamu bisa meminta bantuan pada orang terdekat yang dipercaya ataupun bantuan profesional.

Itulah tanda-tanda mengenai toxic relationship. Agar kamu tidak terjebak dalam hubungan yang tidak sehat, teruslah untuk mengenal dan menyayangi diri sendiri. Dengan begitu, kamu dapat membuat batasan (boundaries) jelas yang kemudian dapat menghindari kamu dari jenis hubungan ini.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara menggunakan tespek

Bagaimana Cara Menggunakan Tespek yang Benar?

Seks & Asmara   17/10/2023
jarak haid normal

Berapa Jarak Haid Normal Tiap Bulan?

Seks & Asmara   04/08/2023
fungsi korpus spongiosum

Mengenal Apa itu Fungsi Korpus Spongiosum pada Reproduksi Pria

Seks & Asmara   24/07/2023
penoscrotal webbing

Mengenal Tentang Penoscrotal Webbing: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Seks & Asmara   23/07/2023
berapa lama selingkuh bisa bertahan

Berapa Lama Selingkuh Bisa Bertahan?

Seks & Asmara   08/07/2023